NOW READING

Dijual Mahal, Samsung Galaxy Note 8 Layak Dibeli?

 1176
+
 1176

Dijual Mahal, Samsung Galaxy Note 8 Layak Dibeli?

by The Daily Oktagon
  • Samsung Galaxy Note 8 resmi dijual di Indonesia sejak September lalu.
  • Berbagai fitur canggih ditawarkan oleh smartphone yang dijual dengan harga tinggi ini.
  • Terdapat perbedaan signifikan antara produk yang dijual di Indonesia dengan negara lain.

Samsung kembali meluncurkan smartphone flagship terbarunya di Indonesia, yaitu Galaxy Note 8. Ini adalah penerus smartphone Galaxy Note 7 yang gagal di pasaran karena kasus ledakan.

Samsung Galaxy Note 8 pertama kali dirilis di New York, Amerika Serikat pada akhir Agustus 2017 lalu. Produk Samsung Galaxy Note 8 yang hadir di Indonesia terdapat beberapa hal yang dibedakan. Mulai dari prosesor hingga memori penyimpanan yang cukup membuat pertanyaan para pengguna di sini. Flagship ini sendiri dibandrol seharga Rp13 juta. Lalu, apa saja yang membuat Galaxy Note 8 layak dibeli dengan harga tersebut ?

Spesifikasi Luar dan Dalam

Smartphone Galaxy Note 8 memiliki layar berukuran 6,3 inci dengan material Quad HD+ Super AMOLED. Layar ini mengusung desain Infinity Display, maksudnya layar memenuhi sebagian besar sisi depan hingga hampir tanpa bezel. Ini memungkinkan pengguna menikmati berbagai konten di dalamnya secara lebih leluasa. Yang juga menjadi poin utama dari smartphone ini yaitu dual kamera kembar dengan resolusi sebesar 12 megapiksel pada bagian punggung. Dual kamera ini masing-masing berfungsi sebagai lensa standar dan juga lensa tele. Sedangkan untuk kamera depannya, memiliki resolusi 8 megapiksel yang bisa diandalkan untuk mengambil swafoto dengan hasil yang tajam.

Baca juga: Lima Hal yang Perlu Diketahui dari Samsung Galaxy Note 8.

Kata ‘Note’ di nama smartphone ini sebagai tanda adanya stylus atau pena digital yang dibawa Samsung Galaxy Note 8. Sama seperti seri Note lainnya, pena digital di Galaxy Note 8 juga dinamakan S Pen, namun dengan perubahan yang lebih baik. Ujung pena dibuat lebih kecil dan tajam sehingga bisa digunakan lebih efektif dan nyaman. Penggunaan fitur Air Command atau perintah udara kini bisa dilakukan S Pen hingga 10 aplikasi. Hal penting lainnya yang patut diperhitungkan dari Samsung Galaxy Note 8 yaitu penggunaan system operasi Android Oreo, yang merupakan sistem operasi Android terbaru.

Samsung Galaxy Note 8 juga dibekali dengan kemampuan anti air dan debu, meski ada port pengisian baterai dan lubang headset yang tidak tertutup. Baterai yang disematkan Samsung di smartphone ini memiliki kapasitas sebesar 3.300 mAh. Terdapat juga fitur lain yang ditambahkan pada Galaxy Note 8 seperti Screen Off Memo, untuk menampilan catatan di layar, dan Screen Write, untuk menuliskan sesuatu di layar. Fitur Live Message juga termasuk yang terbaru, bisa dipakai pengguna untuk membuat pesan dalam bentuk doodle.

Perbedaan Mencolok

Ternyata ada beberapa hal yang dipertanyakan dari Samsung Galaxy Note 8 untuk pasar Indonesia. Seperti prosesor yang digunakan bukan Snapdragon garapan Qualcomm, melainkan Exynos 8895 Octacore. Prosesor Exynos sendiri merupakan prosesor buatan Samsung. Padahal Samsung Galaxy Note 8 untuk pasar Amerika dan Cina mengusung prosesor Snapdragon 835.

Samsung dinobatkan menjadi smartphone terkuat, benarkah? Selengkapnya di sini.

Perbedaan lain yang cukup mencolok adalah kapasitas memori internal internal yang hanya 64 MB. Padahal Galaxy Note 8 di negara lain hadir dalam beberapa pilihan kapasitas memori internal, mulai dari 64 MB, 128 MB, dan 256 MB. Meski begitu smartphone ini juga dilengkapi dengan slot memori eksternal dengan kapasitas hingga 256 MB.

Meski begitu, Samsung tetap optimis bahwa smartphone flagship-nya kali ini bisa sukses di pasar Indonesia. Samsung meyakinkan bahwa masih banyak pengguna yang setia menunggu kehadiran seri Note terbarunya ini. Ini terbukti dari pengakuan Samsung bahwa yang melakukan pemesanan Samsung Galaxy Note 8 terbilang banyak. Meski pihak Samsung tidak bersedia membuka secara detil berapa jumlah pengguna yang melakukan pemesanan.

0 comments