NOW READING

Deretan Aplikasi yang ‘Indonesia Banget’

 178
+
 178

Deretan Aplikasi yang ‘Indonesia Banget’

by The Daily Oktagon

Pada 17 Agustus 2017, Indonesia sudah genap berusia ke 72 tahun. Seiring bertambahnya usia, perkembangan teknologi di Indonesia pun semakin pesat. Banyak para ahli IT yang tumbuh dan mengembangkan media digital berupa aplikasi dengan beragam fitur menarik. Beberapa aplikasi yang ‘Indonesia Banget’ berikut bisa diunduh lewat ponsel. Beragam permainan seru sampai aplikasi lainnya hadir untuk semakin mengenal Indonesia.

Foto: Shutterstock.com

  1. Wonderful Indonesia
    Kementerian Pariwisata membuat sebuah aplikasi untuk masyarakat Indonesia maupun internasional ini. Tersedia informasi lengkap mengenai berbagai lokasi wisata di Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke, semua informasi mengenai acara hingga hotel di pegunungan maupun pantai lengkap tercatat di aplikasi ini. Informasi yang diberikan tersedia dalam bahasa Inggris sehingga wisatawan domestik maupun internasional dapat memahaminya. Desain dari tampilan aplikasi sangat berwarna dengan tampilan gambar dari beragam daerah di seluruh Indonesia.
  2. Tebak Gambar
    Tebak gambar awalnya adalah sebuah program stasiun televisi yang hadir di tahun 2000an. Dikembangkan oleh tebakgambar.com, aplikasi ini menjadi sangat populer. Setiap level, pengguna akan disuguhkan dengan gambar dan harus menebak kata apa yang dimaksud dari kumpulan gambar tersebut. Semakin tinggi level, kata yang harus ditebak akan bertambah sulit. Selain bermain, pengguna juga bisa menambah perbendaharaan kata.
  3. Kaskus
    Salah satu forum obrolan yang populer untuk masyarakat di Indonesia. Andrew Darwis bersama rekannya selama setahun berjuang untuk memperkenalkan situs ini kepada khalayak luas. Pemilik akun pada forum memiliki panggilan ‘agan’, singkatan dari juragan yang sangat familiar saat ini. Majunya teknologi membuat Andrew mengembangkan situs Kaskus menjadi sebuah aplikasi yang dapat digunakan pada smartphone. Selain Kaskus Forum, terdapat juga Kaskus Jual Beli dan Kaskus Chat yang bisa diunduh pengguna untuk keperluan lainnya.
  4. Tahu Bulat
    Permainan lain yang ‘Indonesia Banget’ adalah Tahu Bulat, sebuah camilan asal kota Bandung. Pengguna berperan sebagai tukang jual tahu bulat di atas mobil pikap. Untuk menghasilkan uang hanya perlu menekan layar perangkat berkali-kali dengan cepat untuk mendapatkan uang. Jika uang sudah terkumpul, pengguna dapat menaikkan level dari pembeli hingga bahan membuat tahu bulat. Mobil pikap pun bisa dimodifikasi sehingga harga jual dari tahu bulat akan semakin meningkat. Latar lagu yang biasa digunakan berciri khas Indonesia dengan selipan bahasa Sunda yang memberi keunikan tersendiri bagi pemainnya.

    Foto: Shutterstock.com

  5. Go-jek
    Gojek menjadi satu aplikasi pemesanan kendaraan daring yang popular saat ini. Memiliki hingga 750ribu lebih pengguna, aplikasi ini sangat membantu dalam berkendara ke destinasi mana pun. Sistem pembayarannya pun dapat menggunakan uang elektronik yang bernama Go-Pay sehingga pengguna tidak perlu membayar secara tunai. Selain berkendara dengan ‘ojek’, pengguna juga bisa memesan layanan untuk mobil. PT Go-jek Indonesia semakin berkembang dengan menghadirkan layanan bersih-bersih, layanan antar makanan, hingga pengiriman barang kilat.
  6. tumbas.in
    Salah satu aplikasi karya anak bangsa yang sangat membantu masyarakat dalam berbelanja. Namun, aplikasi ini masih bersifat lokal atau hanya di wilayah Semarang saja. Pengguna dapat memesan bahan dapur dengan harga yang sudah dicantumkan pada aplikasi. Harga yang tercantum bisa dibandingkan antar pasar sehingga pengguna dapat memilih pasar mana yang pilih untuk membeli pesanan. Bahkan, harganya dapat ditawar oleh pengendara yang membeli bahan. Aplikasi yang sangat membantu para ibu rumah tangga saat sedang tidak bisa berbelanja ke pasarInformasi mengenai aplikasi tumbas.in selengkapnya di artikel berikut.

     

    Foto: Shutterstock.com

  7. Milky Shop
    Bagi pecinta budaya Korea, unduh aplikasi Milky Shop untuk memenuhi koleksi serba negeri gingseng ini. Tersedia banyak hal dari pakaian, album musisi Korea, hingga kosmetik yang diimpor langsung dari Korea. Milky Shop awalnya hanyalah akun Instagram yang menjual bermacam hal mengenai Kpop yang sekarang mengembangkan diri memiliki aplikasi. Proses pembelian produk jadi lebih mudah dengan harga yang bisa bersaing dengan toko daring lainnya

Baca juga: Aplikasi serba guna untuk pelajar dan mahasiswa.

Aplikasi di atas menjadi bukti bahwa Indonesia semakin maju di dunia digital. Para pengembang selalu berinovasi menghadirkan suatu karya yang bisa berguna dalam keseharian. Indonesia pun bisa semakin dikenal masyarakat lebih luas lagi. Semoga ke depan, semakin banyak orang kreatif seperti Anda yang mampu menghasilkan aplikasi popular yang bermanfaat secara luas. Bukan hanya terkenal di negeri sendiri tetapi juga di negeri seberang. Selamat berkarya.

0 comments