NOW READING

DELL XPS 13 2-in-1, Laptop Keren untuk Bisnis dan Eksis

 157
+
 157

DELL XPS 13 2-in-1, Laptop Keren untuk Bisnis dan Eksis

by The Daily Oktagon
  • Seri XPS dari DELL adalah laptop yang kental dengan unsur premium, mewah, kokoh, tapi kaku
  • Namun kali ini DELL merilis laptop seri XPS dengan bentuk yang tidak terlalu kaku
  • DELL XPS 13 2-in-1 tidak sekaku laptop DELL XPS lainnya karena membawa form factor convertible dengan layar yang bisa dilipat.

DELL adalah salah satu pemain utama di industri PC, termasuk laptop. Di tengah serbuan laptop asal China maupun Taiwan, DELL tetap percaya diri membanderol produk-produknya dengan harga yang tidak murah. Sebut saja misalnya Dell Vostro yang di atas 5 jutaan hingga Latitude di kisaran 15-20 jutaan.

Lini lain laptop mewah dari Dell adalah seri XPS yang sudah hadir sejak bertahun-tahun lalu dan dikenal memiliki banderol di atas rata-rata. Seri XPS yang terbaru tahun ini adalah DELL XPS 13. Seri ini punya dua varian: versi standar dan convertible. Simak review-nya berikut ini.

Seri XPS yang Tidak Kaku

Kami pernah menggunakan beberapa seri DELL XPS. Seluruhnya memiliki bentuk yang kaku dengan desain kotak-kotak tegas. Dan jati diri tersebut pun masih menyantol pada DELL XPS 13 2-in-1 yang belum lama dirilis.

Tapi kesan kaku yang dipancarkannya ternyata tidak sepenuhnya benar. Pasalnya embel-embel 2-in-1 mengartikan kalau laptop ini bisa difungsikan dengan dua mode, bisa sebagai laptop konvensional biasa, bisa juga sebagai tablet.

laptop dell

Nah, keluwesan layarnya yang bisa dilipat 360 derajat untuk difungsikan sebagai tablet inilah yang sukses mengeliminasi kesan kaku yang dibawanya. Dengan layar yang bisa dilipat-lipat, kita tidak perlu khawatir engselnya bakal cepat rusak. Pasalnya saat kami putar-putar, engsel ini terasa sangat kuat.

Simak ulasan laptop baru dari Microsoft di sini.

Layar Keren

Selain desain yang solid, hal menonjol lain yang patut diapresiasi dari DELL XPS 13 2-in-1 adalah layarnya yang super keren. Definisi keren yang kami alamatkan untuk layarnya ini tak lain berkat bezel super tipis yang dimilikinya.

laptop dell

Ya, bezel atas, kiri, dan kanan layarnya jauh lebih tipis dari layar notebook umumnya dengan lebar kurang dari 2 cm. Bahkan saking tipisnya, sampai-sampai DELL tidak bisa menempatkan webcam HD di sisi atas.

Sebagai gantinya, DELL menempatkannya di bagian bawah layar tepat di bawah logonya. Lebih asyiknya lagi, layar ini punya kualitas sangat baik dengan panel IPS touchscreen beresolusi Quad HD+ 3.200 x 1.800 piksel.

Area Keyboard Mewah

Bukan keyboard-nya yang mewah, tapi area di sekitar keyboard. Untuk keyboard-nya sendiri tergolong standar dan nyaman ditekan, serta didukung backlit putih dengan tiga tingkat brightness. Sementara area di sekitarnya terbuat dari karbon dengan unsur warna hitam, menimbulkan kesan mewah, lembut, tapi juga kuat.

Sementara area trackpad-nya tidak terlalu luas, tapi cukup lebar untuk menempatkan dua telunjuk sekaligus jika kita mau. Plus ada sensor fingerprint yang ditempatkan cukup jauh dari trackpad, alias menyendiri di bawah tombol arrow.

Cari laptop untuk kebutuhan grafis? Lihat rekomendasinya di artikel ini.

Performa dan Baterai Oke

Tidak banyak pilihan, kebanyakan laptop convertible mengandalkan chipset Intel Core i7-7Y75. Begitu pun dengan DELL XPS 13 2-in-1. Chipset ini tidak terlalu powerful untuk kebutuhan gaming atau desain profesional. Tapi sangat powerful untuk multimedia.

Ya, alasan utama mengapa DELL memilih chipset ini adalah konsumsi dayanya yang rendah. Core i7-7Y75 memiliki TDP hanya 4,5 watt. Diduetkan dengan baterai 46 Whr, DELL mengklaim ketahanan baterainya bisa di atas enam jam.

Dibanderol Rp 20 jutaan, DELL XPS 13 2-in-1 bisa dipastikan adalah laptop convertible yang ditujukan untuk para pebisnis yang kerap mobile dengan aktivitasnya yang tinggi.

Tapi jika pun hanya untuk bersantai di kafe, laptop ini pun bakal terlihat keren untuk sekadar mejeng. Fungsi “2-in-1” dari laptop ini memang bukan embel-embel semata!

Baca juga: 5 Rekomendasi Laptop untuk Eksekutif Muda

0 comments