NOW READING

Delapan Langkah Tepat Sebelum Berburu Gadget Bekas

 692
+
 692

Delapan Langkah Tepat Sebelum Berburu Gadget Bekas

by The Daily Oktagon
  • Berburu barang secondhand perlu ketelitian yang ekstra sebelum benar-benar membelinya
  • Melakukan riset dan membandingkan harga jadi langkah awal membeli barang secondhand
  • Melakukan pengetesan langsung terhadap barang yang ingin dibeli untuk mengetahui kondisi dari barang

Memiliki gadget keluaran terbaru mungkin akan terasa keren dan mutakhir, tapi kalau melihat tren harga yang dipatok oleh produsen-produsen teknologi, rasanya semakin tahun semakin mahal. Di sisi lain, barang-barang second hand selalu menawarkan harga yang lebih menarik. Apalagi, sekarang pun sudah banyak e-commerce yang menawarkan barang-barang bekas pakai dan semakin memudahkan para konsumen untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan.

Berikut ini adalah tips dari The Daily Oktagon untuk memburu gadget bekas agar bisa berhemat tapi tetap bisa diandalkan.

Awali Perburuan dengan Riset

Usaha keras Anda dimulai di sini. Internet menjadi pasar yang sangat besar untuk mencari sebuah laptop, kamera, dan smartphone bekas pakai yang semua elemennya masih berfungsi dengan normal. Anda harus mengerucutkan pencarian tersebut dengan tahu di awal gadget yang sebenarnya sedang Anda cari. Gadget terkini banyak menawarkan fitur baru yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Jadi, Anda harus mencari gadget terbaik yang sebenarnya sudah memiliki semua yang dibutuhkan.

Intip teknologi smartphone yang akan menjadi tren pada tahun 2018 di artikel ini.

Buat Perbandingan Harga

Pergi dari satu toko yang menawarkan gadget secondhand ke toko lainnya untuk melihat perbandingan harga wajar hukumnya, malah Anda harus melakukannya. Ini pun jadi bagian dari riset dengan membandingkan gadget setipe dari produsen yang berbeda. Melakukan perbandingan harga bukan hanya dengan barang bekas pakai yang berbeda merek, tapi juga dengan barang baru yang masih dijual di pasaran. Kalau harganya hanya selisih sedikit, Anda tahu mana yang harus dipilih, bukan?

Tahu Pengguna Sebelumnya

Anda pastinya tidak mau membeli barang secondhand dari orang yang ceroboh. Berbincang dan bertemu dengan pengguna sebelumnya cukup disarankan dalam membeli barang-barang secondhand. Melakukan sebuah wawancara kecil dengan penggunanya pun bisa membuat Anda tahu kelebihan dan kekurangan dari gadget yang akan Anda miliki. Hitung-hitung Anda dapat review dari orang yang sudah pernah menggunakan gadget tersebut.

gadget

Selalu Mengecek Daya Tahan Baterai

Yakinlah, Anda tidak lagi fokus kepada spesifikasi dan fitur waktu hendak mencari barang secondhand. Daya tahan baterai menjadi kunci yang paling menentukan saat Anda berburu perangkat teknologi bekas pakai. Mungkin Anda bisa langsung membeli baterai baru untuk kamera. Namun, untuk smartphone dan laptop yang memakai unibody, Anda butuh membawanya ke pusat servis dan itu akan memakan waktu lagi sebelum Anda bisa nyaman memakainya.

Simak juga cara membuat password media sosial yang aman dari serangan pembajak!

Sadar Umur Gadget

Inilah sisi buruk dari teknologi yang berkembang, gadget lama akan mati dengan perlahan. Oleh karena itu, ketahuilah tanggal perilisan gadget yang akan dibeli. Semakin tua dari tahun 2017, semakin sebentar pula usia pakainya. Pilihlah yang masih akan aktif di-update sekitar dua atau tiga tahun lagi.

gadget

Garansi Sangat Mempengaruhi Harga

Layanan purnajual menjadi bagian yang juga penting saat membeli gadget. Sayangnya, tidak banyak orang yang memberikan garansi kepada gadget yang dijualnya. Mencari penjual yang rela memberikan uang kembali bisa jadi misi sulit dalam berburu gadget secondhand. Namun, kalau Anda bisa menemukannya, benda itu seperti harta karun. Memang harganya mungkin akan menjadi sedikit mahal. Anggap saja itu harga untuk menenangkan hati Anda dari kecemasan.

Jangan Malu untuk Minta Mencobanya

gadget

Biarpun zaman sudah sangat maju dan Anda bisa mendapatkan barang hanya dengan beberapa kali menekan smartphone, cara kuno memang menjadi pilihan di tengah perburuan barang-barang secondhand. Melakukan pertemuan dengan pemilik barang masih menjadi langkah bijaksana sebelum membeli sebuah gadget secondhand. Kalau Anda sudah memegang dengan gadget yang mau dibeli, jangan ragu untuk mencoba semua elemen dan fiturnya sebelum benar-benar bersalaman dan mengucap kata “deal.

Ini dia lima fakta teknologi virtual reality yang perlu Anda ketahui.

Mengerti Caveat Emptor

Ada dua prinsip dalam jual beli yang harus dipatuhi. Untuk penjual, caveat venditor atau prinsip untuk penjual supaya bersikap baik dalam menjual barangnya. Untuk pembeli, caveat emptor atau yang sering disebut “teliti sebelum membeli” harus benar-benar Anda pahami dalam berburu gadget secondhand. Dengan memanfaatkan prinsip ini pun, Anda akan tenang berburu barang bekas pakai.

Untuk barang secondhand, Anda tidak boleh hanya sekadar cerdas, tapi juga harus lebih teliti dan giat dalam memilih dan memilah barang yang masih bagus dan layak pakai. Barang secondhand bisa menjadi harta karun yang berharga kalau Anda membeli dari penjual yang tepat.

0 comments