NOW READING

Daftar Layanan Streaming Musik di Indonesia yang Bisa Dinikmati

 3058
+
 3058

Daftar Layanan Streaming Musik di Indonesia yang Bisa Dinikmati

by The Daily Oktagon

Saat Anda berjumpa dengan warga Amerika Serikat dan bertanya layanan streaming musik apa yang ia pakai, saya cukup yakin jawabannya adalah Spotify. Spotify memang mempunyai banyak keunggulan, akan tetapi terkesan percuma untuk dibahas, mengingat layanan asli Swedia tersebut belum tersedia untuk pasar Indonesia.

Untuk para penggemar musik tanah air, sejauh ini baru ada 5 layanan streaming musik yang bisa digunakan. Berikut adalah penjelasan singkatnya masing-masing. Selamat datang di era baru mendengarkan musik.

1. Guvera

Guvera merupakan layanan streaming musik asal Negeri Kangguru yang berdiri di tahun 2008. Tahun 2014 kemarin, ia resmi hadir untuk pasar Indonesia. Berdasarkan data yang ditampung Wikipedia, katalog musiknya mencakup sekitar 12 juta lagu.

guvera1

Soal aplikasi, Guvera tersedia di Android, iOS, BlackBerry, serta dapat diakses melalui web browser. Tarif berlangganannya bervariasi, mulai dari mingguan seharga Rp 20 ribu, bulanan seharga Rp 55 ribu, sampai tahunan seharga sekitar Rp 550 ribu.

2. Deezer

Deezer termasuk salah satu yang memiliki koleksi lagu terbesar, tepatnya sekitar 35 juta lagu. Layanan ini bisa diakses melalui web browser, Android, iOS, BlackBerry maupun Windows Phone.

deezer1

Paket berlangganan yang ditawarkan oleh Deezer hanya satu, yakni Premium+ seharga Rp 73 ribu per bulan. Untuk menarik minat, mereka memberikan trial gratis selama 30 hari pertama.

3. MixRadio

MixRadio adalah layanan streaming musik yang lahir dari buah pemikiran Nokia, sebelum akhirnya diakuisisi oleh LINE. Koleksi musiknya mencapai sekitar 36 juta lagu.

mixradio1

Yang menarik, MixRadio ini benar-benar merupakan layanan gratis yang disokong pendapatannya oleh iklan. Aplikasi mobile-nya tersedia untuk Android, iOS maupun Windows Phone. Sebanyak empat lagu bisa disimpan secara bersamaan untuk didengarkan secara offline. Sayang kita tak bisa mengaksesnya melalui web browser.

4. Rdio

Rdio merupakan salah satu rival besar Spotify di AS. Katalog musiknya cukup lengkap di angka 32 juta lagu, begitu juga dengan ketersediaan aplikasinya; Android, iOS, BlackBerry, Windows Phone, web browser, bahkan PC dan Mac.

rdio1

Rdio bisa Anda coba secara cuma-cuma selama 30 hari. Selanjutnya, Anda bisa berlangganan dengan biaya Rp 20 ribu per bulannya. Di saat yang sama, Rdio juga menawarkan harga khusus untuk paket berlangganan untuk keluarga dan konsumen yang mengakses Rdio hanya melalui web browser.

5. SoundCloud

Agak berbeda dari layanan yang lain, SoundCloud dikenal akan koleksi musik indie-nya – bahkan Anda sendiri bisa mulai mengunggah lagu ciptaan Anda dengan mudah. Berdasarkan data Wikipedia, jumlah lagu yang beredar di SoundCloud mencapai angka 16 juta.

soundcloud1

Soal aplikasi, selain bisa diakses melalui web browser, SoundCloud juga tersedia untuk semua platform mobile kecuali BlackBerry. Idealnya, SoundCloud ini bisa diandalkan ketika Anda sudah mulai bosan mendengarkan lagu-lagu mainstreamdi layanan streaming lain pilihan Anda.

Bonus: Apple Music

Awal bulan Juni kemarin, sang penggagas iPod dan iTunes ini kembali meramaikan industri musik. Mereka meluncurkan layanan streaming bernama Apple Music. Apple Music mengemas lebih dari 43 juta lagu yang terdapat dalam katalog musik iTunes, plus siaran radio live 24 jam yang dilabeli Beats 1.

apple-music1

Soal aplikasi, tentu saja Apple Music ini bisa diakses menggunakan perangkat iOS dan Mac, namun juga Windows dan Android pada musim gugur mendatang. Tarif berlangganannya adalah $10 per bulan, atau paket keluarga senilai $15. Dalam tiga bulan pertama mulai 30 Juni nanti, Apple Music bisa digunakan tanpa dipungut biaya.

0 comments