NOW READING

Xiaomi Redmi 5a vs Nokia 2, Compare Smartphone Android Murah Terbaru

 989
+
 989

Xiaomi Redmi 5a vs Nokia 2, Compare Smartphone Android Murah Terbaru

by The Daily Oktagon

Smartphone Android murah masih jadi pangsa pasar yang menggiurkan. Banyak pengguna yang mencari smartphone dengan harga yang gak terlalu memberatkan isi kantong. Nah, di awal tahun ini setidaknya ada dua smartphone Android terbaru yang resmi dijual dengan harga miring. Keduanya yaitu Xiaomi Redmi 5A dan Nokia 2.

Apalagi dua merek smartphone ini sedang mencoba untuk kembali melejit di pasar smartphone Indonesia. Xiaomi yang beberapa tahun terakhir agak lesu, mencoba kembali bergairah. Juga begitu dengan Nokia, vendor yang sempat menjadi nomor satu di Indonesia ini, mencoba untuk meraih kembali masa kejayaannya.

Balik lagi ke kedua smartphone yang akan diadu ini, keduanya dijual dengan harga yang terbilang murah. Xiaomi Redmi 5A dijual dengan harga resmi Rp999.000, meski harganya di pasar melonjak jadi Rp1,5 juta. Sedangkan Nokia 2 dibanderol seharga Rp1.4999.000.

Mana yang paling layak dipilih, simak compare-nya berikut ini :

Desain Mungil

Desain kedua smartphone ini sama-sama gak terlalu bongsor. Tapi ukuran bodi Xiaomi Redmi 5A agak lebih mungil, yaitu berdimensi 140.4 x 70.1 x 8.4 mm. Sedangkan Nokia 2 berdimensi 143.5 x 71.3 x 9.3 mm. Bodi Xiaomi Redmi 5A juga lebih tipis.

Untuk bobotnya smartphone Xiaomi ini juga punya berat yang lebih ringan, yaitu 137 gram. Beda dengan Nokia 2 yang beratnya mencapai 161 gram.

Tapi kalau diperhatiin, tampilan depan Nokia 2 terlihat agak lebih elagan. Di sekeliling bodi depan dibalut bahan metal. Sayangnya, bodi belakangnya menggunakan bahan plastik yang mudah kotor oleh bekas sidik jari atau lainnya. Beda dengan Xiaomi Redmi 5A yang bodi belakangnya pakai bahan plastik yang agak licin, jadi gak mudah kotor.

Layar Cukup Tajam

Kedua smatrphone ini sama-sama dibekali layar sentuh dengan ukuran yang cukup luas. Yaitu sama-sama memiliki layar 5 inci. Gak Cuma itu, resolusi layarnya juga sama, yaitu 720 x 1280 pixels. Meski Cuma berresolusi layar HD, tapi tampilan di layarnya cukup tajam.

Yang membedakan kedua smartphone ini yaitu jenis layarnya. Xiaomi Redmi 5A menggunakan layar jenis IPS. Sedangkan Nokia 2 pakai layar jenis LTPS IPS. Di mana layar jenis LTPS IPS memiliki keunggulan dibandingkan IPS. Antara lain lebih hemat konsumsi daya baterai, temparatur layar lebih rendah dan lainnya.

Selain itu layar Nokia 2 juga lebih unggul, karena sudah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 3, sehingga tahan terhadap goresan benda tajam.

Kamera Mumpuni

Untuk fitur kameranya, ada perbedaan di antara kedua smartphone ini. Xiaomi Redmi 5A dilengkapi kamera belakang berresolusi 13 megapixel dengan aperture f/2.2. Kamera ini juga dilengkapi LED Flash. Kamera juga bisa merekam video 1080p@30fps. Dan untuk kamera depannya dilengkapi kamera berresolusi 5 Megapiksel.

Sedangkan Nokia 2 dilengkapi kamera belakang berresolusi 8 Mpix. Kamera ini juga sudah ditemani plus LED Flash, jadi bisa tetap hasil foto tetap terlihat terang meski di kondisi minim pencahayaan. Kamera belakang bisa merekam video hingga resolusi 720p@30fps.Untuk kamera belakangnya, Nokia 2 dipersenjatai kamera berresolusi 5 Mpix.

Prosesor Lumayan Kencang

Untuk kinerjanya, Xiaomi Redmi 5A yang disokong prosesor Qualcomm Snapdragon 425 Quad-core 1.4 GHz, ditambah dengan prosesor grafis GPU Adreno 308. Selain itu kinerjanya juga dipengaruhi RAM berkapasitas 2 GB. Untuk sistem operasinya, smartphone ini berjalan di OS Android 7.1.2 (Nougat).

Beda dengan Nokia 2 yang mengandalkan prosesor Snapdragon 212 Quad-core 1.3 GHz  dan GPU Adreno 304. Untuk RAM nya memiliki kapasitas 1 GB. Nokia 2 menggunakan OS Android 7.1.1 (Nougat)

Kapasitas Memori

Untuk menyimpan berbagai jenis file, smartphone terbaru Xiaomi ini menyediakan memori internal dengan kapasitas 16 GB. Jika masih kurang, bisa menggunakan kartu memori yang dimasukan ke slot microSD (dedicated slot). Slot memori ini mendukung hingga kapasitas 256 GB.

Dan untuk Nokia 2 menyediakan memori internal berkapasitas 8 GB. Juga sudah dilengkapi slot MicroSD (dedicated slot)yang mendukung hingga kapasitas 128 GB.

Baterai Tahan Lama

Soal daya tahan hidupnya, kedua smartphone Android murah ini sama-sama dibekali baterai berkapasitas cukup besar. Xiaomi Redmi 5A dibekali baterai 3.000 mAh. Sedangkan Nokia 2 mengandalkan baterai berkapasitas 4.100 mAh. Ini berarti Nokia 2 bisa bertahan lebih lama dibandingkan Xiaomi Redmi 5A.

0 comments