NOW READING

Vivo V9 vs OPPO F7, Pilih Yang Mana ?

 1641
+
 1641

Vivo V9 vs OPPO F7, Pilih Yang Mana ?

by The Daily Oktagon

Di awal kuartal kedua tahun ini banyak vendor yang meluncurkan smartphone andalannya di Indonesia. Dan yang paling mencuri perhatian yaitu peluncuran smartphone Vivo V9 vs OPPO F7. Apalagi kedua smartphone itu dijual dengan harga yang tidak berbeda jauh.

Vivo V9 dijual seharga Rp3.999.000, sedangkan OPPO F7 dibandrol dengan harga Rp4.199.000. Yang juga menarik, kedua smartphone ini mengusung desain yang tengah menjadi tren. Yaitu desain smartphone yang sisi depannya mirip iPhone X. Apalagi kedua smartphone ini dibekali dengan fitur yang terbilang mumpuni.

Jadi mau pilih yang mana ? Simak saja perbandingan antara Vivo V9 vs OPPO F7 berikut ini :

Desain Mirip iPhone X

Persaingan dua smartphone ini sudah tampak sisi bagian depannya. Karena keduanya sama-sama memiliki tampilan yang mirip iPhone X. Yaitu desain dengan layar luas yang mendominasi sisi depan, serta adanya bagian notch atau poni di atas layar. Di bagian notch itu terdapat kamera depan dan speakerphone.

Layar berukuran luas juga membuat bodi depan kedua smartphone ini hanya menyiasakan sedikit bezel, atau bagian bodi di sekeliling layar. Desain ini biasa disebut dengan bezel-less.

Tidak hanya sisi depan, bodi belakang kedua smartphone ini juga sama-sama menggunakan bahan glossy. Hal ini membuat tampilan smartphone terlihat elegan. Namun kekurangannya, bodi belakang mudah meninggalkan sidik jari, sehingga harus sering dilap. Selain itu bodi belakang kedua smartphone ini juga sudah tersemat sensor fingerprint.

Ukuran bodi kedua smartphone ini juga bisa dibilang mirip. Baik itu ukuran panjang, lebar  maupun ketebalnnya. Di mana keduanya memiliki bodi terasa cukup tipis saat dipegang. Hanya saja untuk bobotnya, Vivo V9 lebih ringan dengan berat 150 gram, dibandingkan OPPO F7 yang memiliki bobot 158 gram.

Untuk warna bodinya, Vivo V9 hadir dalam pilihan warna Black dan Ocean Blue. Sedangkan OPPO F7 tersedia dalam pilihan warna Solar Red , Moonlight Silver dan Diamond Black.

Baca juga : Review Vivo V9 – Desain Elegan, Fitur Kamera Mengagumkan

Layar Sama Luas

Selain sama-sama mengusung desain layar luas, ternyata ukuran layar kedua smartphone ini juga sebanding. Vivo V9 mengusung layar berukuran sedikit lebih luas, yaitu 6,3 inchi. Sedangkan OPPO F7 memiliki layar berkuran 6,23 Inci. Persamaan lainnya yaitu kedua layar ini memiliki ketajaman yang sama yaitu berjenis layar IPS dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2280 pixels), serta aspect ratio yang sama, yaitu 19 : 9. Layar di kedua smartphone ini juga sudah dilapisi Gorilla Glass agar tahan goresan.

Menjagokan Kamera Selfie

Baik Vivo V9 vs OPPO F7 sama-sama menjagokan kamera depan sebagai salah satu fitur andalannya. Kamera depan di Vivo V9 memiliki resolusi yang besar, yaitu 24 Mpix. Kamera selfie ini didukung fitur berteknologi Artificial Intelligence (AI) Face Beauty. Dengan fitur ini  kamera selfie Vivo V9 mampu menghasilkan foto yang jernih, tajam sekaligus natural.

Ini karena teknologi AI Face Beauty bisa mendeteksi usia, jenis kelamin, warna kulit, tekstur wajah pengguna, serta pencahayaan di sekitarnya. Sehingga bisa memberikan efek Beautify yang sesuai dengan karakter wajah pengguna.

Ini karena teknologi AI Face Beauty di kamera depan Vivo V9 juga memiliki database foto selfie dari seluruh dunia dan telah digunakan untuk melatih algoritma AI. Ini yang memungkinkan AI Face Beauty untuk menyesuaikan dan menerapkan algoritma yang ideal untuk foto yang lebih sempurna. Seiring dengan penggunaan kamera, teknologi AI ini juga akan mempelajari preferensi pengaturan secara otomatis, sehingga bisa menghasilkan foto yang natural.

Kamera depan di Vivo V9 juga didukung fitur AI Selfie Lighting. Fitur ini bisa menghasilkan foto yang tajam meski berada di kondisi apapun. Selain itu, juga ada fitur AR Sticker yang menyediakan berbagai pilihan stiker, yang membuat foto selfie akan terlihat leih menarik. Yang tidak ketinggalan, kamera depan Vivo V9 juga sudah bisa menghasilkan foto bokeh.

OPPO F7 juga masih menjagokan fitur kamera selfie, dengan membawa kamera depan berresolusi 25 Mpix. Tidak hanya itu, kamera selfie ini juga dilengkapi fungsi HDR yang sudah terintegrasi secara  hardware. Ini membuat hasil foto selfie memiliki dynamic range yang tinggi tapi juga tidak berlebihan.

Kamera depan di OPPO F7 juga sudah didukung teknologi Artificial Intelligence (A.I) Beauty Recognition. Kamera depan OPPO F7 mampu mengenali objek foto mulai dari warna kuilt, jenis kelamin, kontur wajah, dan lainnya. Selanjutnya A.I Beauty Recognition akan mensikronkan dengan database foto untuk melakukan touch-up pada foto selfie yang disesuaikan dengan wajah pengguna. Sehingga hasil foto selfie terlihat lebih natural.

Fitur A.I Beauty Recognition juga bisa digunakan pada foto group selfie, sehingga tiap wajah objek foto akan memiliki personalisasi selfienya masing–masing. Kamera depan OPPO F7 juga menyediakan fitur AR Sticker, dengan berbagai pilihan stiker yang bisa menghiasi tampilan foto selfie. Kamera depan di OPPO F7 juga sudah bisa menghasilkan foto bokeh.

Kamera depan di Vivo V9 dan OPPO F7 juga sama-sama bisa digunakan untuk fitur Face Recognition. Ini adalah fitur keamanan yang bisa membuka kunci layar dengan cara mengidentifikasi wajah pengguna yang sudah diseting sebelumnya.

Kamera Belakang Berbeda

Untuk fitur kamera belakang Vivo V9 lebih unggul dari OPPO F7. Ini karena Vivo V9 sudah dilengkapi dengan dual camera belakang. Menariknya dual camera plus LED Flash di Vivo V9 ini memiliki desain vertikal, mirip seperti dual camera di iPhone X.

Dual camera belakang di Vivo V9 memiliki resolusi 13 MPix + 2 Mpix. Kedua kamera ini bisa menghasikan foto bokeh yang semakin tajam yang tak kalah dengan foto bokeh hasil jepretena kamera DSLR. Dual camera ini juga sudah didukung fitur AI Bokeh sehingga dual kamera ini dapat mengidentifikasi objek foto, dan memastikan fokus dengan tingkat presisi yang tinggi. Kamu bahkan bisa memotret lebih dahulu, lalu mengatur titik fokus setelahnya.

OPPO F7 hanya membawa satu kamera di bodi belakangnya. Kamera ini memiliki resolusi 16 Mpix dengan diafragma F/1.8 plus LED Flash. Meski hanya memiliki satu lensa kamera, ternyata kamera ini juga bisa menghasilkan foto bokeh, namun ini lebih karena hasil reproduksi software kamera.

Kinerja Tetap Mumpuni

Untuk kinerjanya, Vivo V9 yang diluncurkan di Indonesia menggunakan prosesor prosesor Qualcomm Snapdragon 450 Octa-core. Serta didukung RAM 4 GB dan prosesor grafis GPU Adreno 506.

Berbeda dengan OPPO F7 yang mengandalkan prosesor Mediatek Helio P60 OctaCore. Selain itu juga didukung RAM 4 GB dan GPU Mali-G72. OPPO F7 juga hadir dalam varian lain yang memiliki RAM 6 GB.

Baca juga : OPPO F7 Sudah Resmi Dijual, Ini Keunggulan dan Kekurangan Yang Perlu Diketahui

Memori Internal Besar

Untuk kebutuhan menyimpan berbagai konten, Vivo V9 menyediakan memori internal berkapasitas 64 GB. Sedangkan OPPO F7 tersedia dalam dua varian, yaitu yang memiliki memori internal 64 GB (untuk RAM 4 GB) dan varian memori internal 128 GB (untuk RAM 6 GB).

Kedua smartphone ini juga sama-sama dilengkapi dengan slot memori tambahan MicroSD yang mendukung hingga kapasitas 256 GB. Slot MicroSd ini pun sudah dedicated, alias slot tersendiri, sehingga tidak harus bergantian dengan SIM card 2.

Baterai Tahan Lama

Kedua smartphone ini juga sudah sama-sama dibekali dengan baterai berkapasitas besar. Vivo V9 memiliki baterai berkapasitas 3.260 mAh, sedangkan OPPO F7 membawa baterai berkapasitas agak lebih besar, yaitu 3.400 mAh. Dengan kapasitas tersebut, keduanya bisa bertahan lebih lama.

0 comments