NOW READING

Compare Smartphone Lipat Terbaru Samsung vs Huawei

 541
+
 541

Compare Smartphone Lipat Terbaru Samsung vs Huawei

by The Daily Oktagon

Dua vendor raksasa, yaitu Samsung dan Huawei sudah resmi meluncurkan smartphone terbaru yang membawa teknologi terbaru, yaitu smartphone lipat. Samsung resmi merilis smartphone terbaru layar lipatnya yang diberi nama Samsung Galaxy Fold. Dan tidak berselang lama, Huawei juga resmi memerkenalkan smartphone lipat terbaru dengan nama Huawei Mate X. Mana yang lebih canggih dari kedua smartphone terbaru layar lipat ini?

Samsung Galaxy Fold

Samsung Galaxy Fold memiliki desain dengan dua layar, yaitu layar bagian luar dan dalam. Saat dalam posisi dilipat, yang terlihat hanya layar bagian depan dengan ukuran 4,6 inch dengan ketajaman resolusi HD+ dengan aspect ratio 12:9. Ketika smartphone terbaru Samsung Galaxy Fold ini dibuka, akan ditampilkan layar lipat Infinity Flex berukuran lebih luas yaitu 7,3 inci. Layar luas ini memiliki ketajaman resolusi QXGA+ dan aspect ratio 4.2:3.

Samsung Galaxy Fold menggunakan engsel khusus yang membuat mekanisme lipat berjalan mulus. Tidak hanya itu Samsung juga mengklaim engsel pada smartphone terbaru ini tidak mudah rusak.

Baca juga : Jangan Salah Pilih! Ini Beda Fitur dan Harga 3 Seri Samsung Galaxy S10

Smartphone layar lipat Samsung Galaxy Fold ini dilengkapi dengan fitur App Continuity. Fitur ini membuat semua aplikasi yang sedang dibuka pada layar eksternal, bisa langsung berpindah ke layar bagian dalam ketika lipatan smartphone ini dibuka.

Saat menggunakan layar bagian dalam, pengguna bisa menampilkan dan mengoperasikan tiga aplikasi sekaligus dalam satu layar yang berukuran luas ini. Misalnya bisa nonton video YouTube sambil mengecek email sekaligus melihat foto di Galery.

smartphone lipat

Samsung membenamkan 6 buah kamera pada smartphone lipat ini. Saat dalam posisi dilipat, di bagian bodi belakang terdapat triple-camera yang terdiri dari 16 megapixel ultra-wide, 12 megapixel wide dengan dual-aperture f/1.5 dan f/2.4, serta satu kamera 12 megapixel dengan lensa tele.

Ada satu kamera selfie 10 megapixel f/2.2 yang disematkan di atas layar eksternal. Ketika dalam posisi layar dibuka, akan terlihat kamera ganda yang menempel pada sisi pojok kanan atas layar layar lipat 7,3 inci. Kamera ganda ini terdiri dari 10 megapixel f/2.2 dan 8 mengapixel f/1.9.

Performa Samsung Galaxy Fold didukung prosesor 7nm octa-core dengan RAM 12 GB dan memori internal 512 GB UFS 3.0. Samsung Galaxy Fold juga dibekali dua buah baterai yang kapasitasnya sebesar  4.380 mAh.

Untuk harganya, Smartphone lipat Samsung Galaxy Fold dijual dengan harga sebesar US$1980 atau sekitar 27,8 juta rupiah. Rencana smartphone lipat ini mulai dijual pada 26 April 2019 mendatang.

Huawei Mate X

Tidak berselang lama setelah Samsung mengumumkan smartphone lipat Galaxy Fold, Huawei juga ikutan meluncurkan smartphone terbaru layar lipat yang diberi nama Huawei Mate X.

Huawei Mate X ini dibuat dengan desain Falcon Wing Mechanical Hinge. Engsel mekanik Falcon Wing yang revolusioner mendukung gerakan, menyeimbangkan antara keseluruhan estetika dan teknologi. Saat dibuka, layar dapat terbentang benar-benar rata; dan ketika dilipat, kedua bagian layar terpadu pas dengan bingkai. Dua desain bentuk ini bisa bertransisi mulus dari satu ke yang lain.

Baca juga : Huawei P30 Terbaru Siap Diluncurkan Sebulan Lagi

Ketika dalam posisi dilipat Huawei Mate X terlihat memiliki layar 6,6 inci untuk mengoperasikan berbagai aplikasi. Panel layar ganda 6,6 inci yang dilengkapi pada HUAWEI Mate X adalah layar FullView sejati.

Ketika lipatan Smartphone lipat  ini dibuka, bentuknya akan berubah menjadi tablet ramping dengan layar 8 inci. Pada posisi ini ketebalannya hanya 5,4mm. Gambar yang tampil pada layar ini diklaim tetap akan terlihat jelas dan detail dan panel.

smartphone lipat

Untuk performanya, smartphone lipat Huawei ini didukung chipset modem multi-mode 7nm Balong 5000 yang berpartner dengan Kirin 980. Sedangkan untuk daya tahan hidupnya mengandalkan baterai berkapasitas 4500mAh yang juga mendukung HUAWEI SuperCharge 55W tercepat di dunia. Hanya dalam 30 menit, HUAWEI SuperCharge dapat mengisi ulang baterai hingga 85 persen.

Smartphone lipat HUAWEI Mate X menjadi salah satu smartphone terbaru yang sudah mendukung konektivitas 5G. Didukung dengan chipset modem multi-mode 7nm 5G pertama di dunia, membuat smartphone lipat ini memiliki kecepatan unduh 5G yang belum pernah terjadi sebelumnya, yaitu 4,6Gps pada band Sub-6GHz (teoritis).

Balong 5000 juga merupakan chipset pertama di dunia yang mendukung arsitektur SA dan NSA, pengguna tidak akan memerlukan peningkatan hp untuk terus menikmati konektivitas 5G. Fitur dual SIM HUAWEI Mate X mendukung 4G dan 5G.

Huawei Mate X dilengkapi kamera Leica terbaru, yang mendukung fitur imaging paling canggih hingga saat ini. Desain yang dapat dilipat memungkinkan kamera memainkan peran kamera depan dan belakang. Selain itu, HUAWEI Mate X hadir dengan tombol power yang juga berfungsi sebagai sidik jari terintegrasi.

0 comments