NOW READING

Cetak Ala Polaroid dari Smartphone dengan Impossible Instant Lab Universal

 2971
+
 2971

Cetak Ala Polaroid dari Smartphone dengan Impossible Instant Lab Universal

by The Daily Oktagon

Kalau kita bertanya kepada orang tua kita, besar kemungkinan mereka mengenal apa itu kamera Polaroid. Di zaman kamera masih menggunakan film, tren kamera instan ini begitu populer.

Seiring berjalannya waktu, kamera digital pun hadir. Dan kini kamera smartphone kita masing-masing semakin hari semakin bagus kualitasnya. Kendati demikian, masih ada cukup banyak orang yang tidak bisa menutupi kecintaannya terhadap foto analog.

instant-lab-universal-01

Dari situ lahirlah sebuah produk bernama Impossible Instant Lab Universal. Perangkat ini dibuat dengan tujuan ‘menyulap’ smartphone apapun yang kita punya menjadi sebuah kamera instan atau Polaroid.

Melihat wujudnya, perangkat ini tampak seperti sebuah printer berukuran mini, dengan bobot 635 gram. Dimensinya yang ringkas ini membuatnya mudah untuk dibawa bepergian. Di dalamnya telah tertanam sensor gambar, lensa, dan tentunya, sebuah printer untuk mencetak foto. Saat hendak digunakan, ia bisa ditarik ke atas hingga menjulang tinggi layaknya piramid bangsa Aztec.

Dari sini bisa kita lihat bahwa perangkat ini sebenarnya adalah gabungan kamera dan printer, sama seperti kamera Polaroid. Bedanya, ketimbang memotret secara langsung, ia dirancang untuk memotret kembali foto-foto yang ada di galeri smartphone, kemudian mencetaknya menjadi foto analog dengan nuansa retro khas kamera Polaroid.

instant-lab-universal-04

Cara menggunakannya cukup sederhana: pertama-tama, unduh aplikasi gratis Impossible Project App yang tersedia untuk perangkat Android maupun iOS. Menggunakan aplikasi tersebut, Anda bisa meng-import foto yang diinginkan, sekaligus mengatur parameter exposure-nya untuk disesuaikan dengan karakter kertas film milik Impossible atau yang dijual oleh Polaroid sendiri.

Selesai dengan prosedur di atas, Anda hanya perlu menempatkan smartphone di atas dudukan khusus pada puncaknya, dengan layar menghadap ke bawah. Tekan tombolnya, maka foto yang telah Anda pilih tersebut akan dipotret dan dicetak di atas kertas film.

Lalu perangkat apa saja yang kompatibel dengan Impossible Instant Lab Universal? Banyak. Berkat dudukannya yang fleksibel, hampir seluruh perangkat iOS pun bisa diakomodasi, termasuk halnya iPad, tidak ketinggalan juga berbagai smartphone Android papan atas.

instant-lab-universal-05

Satu-satunya syarat lain yang tercantum adalah layar perangkat harus memiliki kerapatan pixel sebesar 300 ppi (pixel per inch) atau lebih. Kalau resolusi layar perangkat tidak setinggi yang diminta, kemungkinan besar foto yang dicetak tampak pecah atau tidak tajam, alias pixelated.

Kalau Anda tertarik untuk mengubah koleksi momen berharga yang Anda tangkap dengan smartphone menjadi foto-foto analog bernuansa retro, Anda bisa menebus Impossible Instant Lab Universal seharga $249. Kertas filmnya sendiri dijual secara terpisah seharga sekitar $25 per 8 lembar.

 

0 comments