NOW READING

Cari Tahu Cara Membuat dan Menjadi Kontributor Google Maps

 980
+
 980

Cari Tahu Cara Membuat dan Menjadi Kontributor Google Maps

by The Daily Oktagon
  • Untuk mencapai sebuah lokasi tetapi tidak pernah ke lokasi tersebut sebelumnya tentu akan kesulitan.
  • Google mempermudah mencari lokasi hanya melalui smartphone dengan aplikasi Google Maps yang cepat dan praktis.
  • Lalu, bagaimanakah cara membuat peta tersebut? Berikut selengkapnya.

Dulu, kalau ingin mencari sebuah alamat atau jalan, kita menggunakan peta dari kertas. Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, hadirlah peta digital yang dilengkapi dengan segala kemudahannya. Kita bisa langsung mencari alamat dengan cepat tanpa harus kebingungan bagaimana membaca peta.

Salah satu pengembang teknologi ini adalah Google dengan Google Maps yang diluncurkan pada 2005. Pada awalnya, Google Maps hanya berupa gambar peta 2D yang datar. Google Maps memberikan gambar dari satelit, peta jalan, panorama 360°, dan kondisi lalu lintas terkini. Selain itu, pengguna akan dapat menentukan rute untuk bepergian dengan berjalan kaki, mobil, juga angkutan umum. Lalu, bagaimana cara membuat peta tersebut? Berikut ulasannya.

 

Foto: Shutterstock.com

Lihat Jalan Asli dari Hasil Foto Satelit.

Sebelum 2005, Google telah menghadirkan aplikasi Street View untuk menunjukkan jalan. Aplikasi ini awalnya memanfaatkan satelit untuk menangkap gambar dari atas yang kemudian akan muncul gambar jalan dalam bentuk peta 2D. Pada tahun berikutnya, Google menggunakan Topologically Integrated Geographic Encoding and Referencing (TIGER). Teknologi ini menghasilkan gambar jalan, sungai, dan semua hal di Bumi secara nyata. Namun keakuratan dari teknologi tersebut masih sangat rendah.

Kemudian pada 2006, Google mengembangkan teknologi satellite imagery yang lebih canggih dan mampu memperbaiki sisi akurat peta. Street View pun diubah menjadi Google Maps, dengan kualitas gambar yang juga lebih jelas. Proses memasukkan jalan pada Bumi ke peta digital juga tidak hanya melalui satelit saja. Pengambilannya bisa menggunakan mobil, sepeda, dan manusia itu sendiri. Mereka dilengkapi dengan kamera Dodeca 2360, yang berbentuk bola dengan ukuran hampir sama bola softball.

Yang menarik, kamera ini dapat mengambil gambar dalam beberapa sudut sekaligus. Terdiri dari 11 lensa dengan resolusi 2400 x 1200 pixel, dan kecepatan hingga 30 frame per detik (fps). Setelah itu, gambar yang didapat ‘dijahit’ hingga menghasilkan foto panorama 360 derajat. Untuk menjaga privasi, Google membuat buram semua wajah dari plat mobil yang terekam pada kamera.

Foto: Shutterstock.com

Memperbarui Isi Peta dan Fitur-fiturnya

Google Maps dengan fitur Street View ini telah merekam 57 negara di dunia. Di Asia sendiri, negara Jepang, Taiwan, Hong Kong, Makau, Singapura,Thailand, dan Indonesia sudah termasuk di dalamnya. Peta untuk street view akan diperbarui secepat mungkin oleh pihak Google. Namun, untuk gambar tampilan lokasi bisa dalam jangka 2 minggu atau lebih.

Google selalu memperbarui fitur peta ini. Dengan majunya teknologi, Google pun menambahkan kemampuan Google Maps menjadi Google Earth. Hasil yang didapat adalah gambar 3D, yang sekarang bisa dilihat seperti menggunakan kamera 360o. Pengguna dapat melihat lokasi keseluruhan dengan memutar peta dan tampilan secara bird angle. Teknologi ini disebut virtual reality, memungkinkan pengguna merasa berada langsung di situasi atau lokasi pada gambar. Selain itu, gambar dapat dipindah dan dijalankan, sehingga pengguna akan merasa sangat nyata berada di suatu lokasi tersebut.

Teknologi virtual reality dan perkembangannya dapat dibaca di artikel berikut.

Jadilah Kontributor Pembuat Peta

Bagi yang ingin memberi andil, Google Maps menyediakan fasilitas bagi Anda yang ingin menjadi kontributor juga, loh! Pengguna bisa bergabung dengan komunitas global penjelajah yang berbagi tip, foto, dan tempat baru. Tersedia berbagai program seperti pemandu lokal, membuat street view, juga membuat peta lantai untuk sebuah gedung. Selain itu, pengguna juga bisa menjadi trekker, orang yang membawa kamera Dodeca. Tugasnya adalah merekam semua jalan, terutama yang sempit dan sulit dilewati kendaraan seperti mobil.

Buat peta dengan foto layaknya profesional dari smartphone? Selengkapnya di artikel berikut.

 

Foto: Shutterstock.com

Pengguna juga bisa membuat petanya sendiri. Berbagai panduan untuk membuat peta sendiri tersedia di mesin pencarian yang bisa diakses siapa pun. Dengan mudah dan cepat, lokasi yang ingin ditunjuk sebagai lokasi baru, rumah, atau tempat usaha bisa dibuat. Pengguna peta lainnya pun bisa langsung mengetahui lokasi yang dimaksud dengan tepat. Bahkan mereka bisa melihat bentuk bangunan dari lokasi yang ditunjuk.

Dari ulasan tersebut, tergambar bahwa pembuatan peta pada Google Maps memang rumit, namun unik. Penggunaan satelit juga kamera yang tidak biasa menghasilkan gambar peta yang nyata. Sebagai pengguna, kita pun dapat menggunakan kecanggihan teknologi untuk mencari jalan atau tempat baru dengan mudah. Nilai tambah lainya, kamu bisa menjadi pembuat peta untuk diri sendiri juga khalayak umum. Saling memberi manfaat satu sama lain, kan? Ada yang sudah jadi kontributor bagi Google Maps?

Hasilkan foto jalanan hanya bermodal smartphone dengan melakukan tip di sini.

0 comments