NOW READING

Cari Tahu Cara Melacak Lokasi Lawan Chatting Melalui WhatsApp

 13097
+
 13097

Cari Tahu Cara Melacak Lokasi Lawan Chatting Melalui WhatsApp

by The Daily Oktagon

Kalau diingat-ingat, cara kita berkomunikasi jarak jauh dengan orang lain, teman, atau keluarga kini sudah berbeda jauh dengan sepuluh tahun lalu, saat kebanyakan dari kita masih mengandalkan telepon atau short message service (SMS). Kebiasaan itu sempat terasa digantikan tren ponsel pintar BlackBerry dengan aplikasi BBM-nya, yang bikin penggunanya lebih suka menanyakan, “Pin BBM dong!?” ketimbang nomor telepon.

Sayangnya, kekurangan BBM saat itu adalah pengguna yang ingin terhubung lewat aplikasi itu mesti menggunakan device BlackBerry. Walaupun ponsel yang populer dengan format tombol Qwerty itu sempat menjamur, tetap banyak pengguna mobile phone yang tak terkoneksi dengan aplikasi BBM, seperti pengguna Android dan iOS.

Masalah itupun dijawab oleh WhatsApp, yang menawarkan aplikasi bertukar pesan singkat lintas ponsel. Tak perlu waktu lama, aplikasi yang kemudian diakuisisi Facebook pada 19 Februari 2014 itupun digunakan banyak orang hingga melampaui jejaring pengguna aplikasi BBM. Menurut catatan pada Februari 2016, pengguna WhatsApp kini mencapai setidaknya satu miliar pengguna.

Lewat WhatsApp lah kita bisa tak hanya bertukar pesan teks, tapi juga saling berkirim foto, video, sampai voice note dengan mudah dan cepat. Kesuksesan aplikasi ini pula yang jadi pemicu munculnya beragam aplikasi messaging lintas ponsel selama lima tahun terakhir. Dengan begitu, kompetisi layanan ini tentu makin ketat, dan agar penggunanya tidak bosan dan hengkang ke aplikasi serupa lainnya, WhatsApp terus melakukan pembaruan dan inovasi fitur.

Sebelumnya WhatsApp meluncurkan fitur untuk mengirim dokumen serta format teks tebal dan miring, kini mereka meluncurkan fitur quick reply yang memungkinkan pengguna membalas pesan langsung dari notifikasi. Fitur ini membuat pengguna WhatsApp tidak perlu membuka aplikasi untuk membalas pesan yang masuk. Asik, kan?

Yang lebih menarik, WhatsApp juga dilengkapi fitur yang memungkinkan pengguna mengetahui lokasi lawan chatting. Nah, The Daily Oktagon mengajak Anda cari tahu cara melacak lokasi lawan chatting melalui WhatsApp. Langsung simak ulasannya!

Untuk mengetahui lokasi lawan chatting harus menggunakan fitur Command Prompt yang ada di personal computer. Meski harus menggunakan komputer, caranya cukup simpel. Langkah pertama membuka WhatsApp Web dan setelah itu ajak chatting teman kamu untuk mendapatkan alamat Internet Protocol (IP) dia.

whatsapp-web
Pastikan juga semua aplikasi yang sedang kamu jalankan di komputer telah dihentikan. Setelah itu tekan tombol Windows + R dari keyboard komputer. Ketik cmd, lalu tekan enter. Setelah muncul command prompt, ketik netstat, lalu tekan enter.

Netstat
Baca juga, Tiga Aplikasi Karaoke Paling Keren yang Wajib Dicoba

Setelah itu akan muncul alamat IP lawan chatting kamu. Catat IP yang ada di layar komputer dan lacak lokasinya melalui alamat berikut, http://www.ip-adress.com/ip_tracer.

Selain kemampuan untuk melacak lokasi lawan chatting, WhatsApp juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan video. Namun, fitur ini bukan bawaan dari WhatsApp. Kita harus mengunduh aplikasi dari pihak lain, yaitu Booyah. Aplikasi ini tersedia secara gratis di Google Play Store.

Video_Call
Setelah aplikasi Booyah dipasang di telepon pintar, klik Start Now. Setelah itu pilih kontak yang ingin diajak video call. Lawan bicara juga harus memasang Booyah di telepon pintarnya. Jika belum, Booyah akan mengirimkan undangan untuk mengunduh dan memasang aplikasinya.

Booyah
Jika aplikasi Booyah sudah dipasang di telepon pintar kita dan lawan bicara, kita bisa melakukan panggilan video menggunakan WhatsApp sepuasnya.

Anda wajib baca Tren Gaya Hidup Digital, Beli Sayur pun Bisa Lewat Aplikasi

1 comments