NOW READING

Cara Mudah Mewarnai Foto Hitam Putih

 6592
+
 6592

Cara Mudah Mewarnai Foto Hitam Putih

by The Daily Oktagon

Mungkin di rumah kita ada foto hitam putih, foto lama yang mendokumentasikan pesta pernikahan orangtua atau kakek nenek kita. Terbayang di dalam benak kita, bagaimana jika foto-foto itu berwarna. Seperti apa warna gaun pengantin ayah ibu kita? Dan seperti apa warna bunga yang sedang dipegang ibu kita di pesta pernikahan itu?

Menarik bukan jika kita bisa mewarnai foto-foto lama itu. Pertanyaannya, dengan aplikasi apa kita bisa mewarnai foto-foto lawas itu? Jawaban paling umum adalah menggunakan Photoshop. Namun, diperlukan keahlian khusus untuk menggunakan aplikasi itu. Apalagi, aplikasi tersebut tidak gratis. Kita harus menebusnya dengan harga yang cukup mahal sebelum bisa di-install di komputer.

Baca juga rangkuman ide fotografi yang tidak biasa, namun menarik untuk dicoba

Recolored

Di pasaran, sebetulnya ada banyak aplikasi gratis untuk mewarnai foto hitam putih. Salah satu pilihan The Daily Oktagon misalnya, Recolored. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di recolored.en.softonic.com. Tapi sayangnya aplikasi ini belum bisa bekerja di sistem operasi Windows 10; hanya bisa berjalan di sistem operasi di bawahnya.

aplikasi foto hitam putih

Kalau merujuk ke informasi yang ada di laman Softonic, Recolored memudahkan pekerjaan mewarnai foto hitam putih dengan hasil yang terlihat profesional. Untuk proses pewarnaan, yang harus dilakukan hanyalah memilih foto yang ingin diwarnai, lalu menandai area yang ingin diwarnai, kemudian klik tombol Colorize, dan biarkan aplikasi ini melakukan sisanya.

Mudah, bukan?

Color Effects Photo Splash

Meski memang, untuk mengoperasikan Recolored, kita harus menggunakan komputer. Lalu, bagaimana dengan Anda yang tidak mau ribet menggunakan komputer? Ada aplikasi lain seperti Color Effects Photo Splash untuk yang lebih suka mengutak-atik foto menggunakan smartphone.

Color Effects Photo Splash adalah aplikasi untuk telepon pintar Android yang memungkinkan penggunanya mewarnai foto hitam putih. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur, yaitu mengubah foto menjadi hitam putih, menjadikannya kembali berwarna, dan mengubah warna sesuai dengan keinginan pengguna.

Color Effects Photo Splash aplikasi foto hitam putih

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dapat mengimpor foto dari Facebook, mengunggah ke Facebook, atau sekadar mengirimnya melalui email.

Untuk mengoperasikan aplikasi ini pun sangat mudah, cukup pilih foto yang ingin diubah warnanya, dan pilih menu Grayscale untuk menjadikan foto hitam putih; Recolor untuk mewarnai foto hitam putih; atau Original Color untuk mempertahankan warna yang sudah ada.

Simak juga teknik fotografi low key yang memanfaatkan tone gelap untuk membuat foto tampak lebih dramatis

Lenka

Dua aplikasi di atas adalah untuk mengedit foto hitam putih, ada pula aplikasi untuk membuat foto hitam putih dengan menggunakan smartphone Android maupun iPhone. Salah satunya adalah Lenka, karya Kevin Abosch, fotografer ternama asal Irlandia.

aplikasi foto hitam putih

Antarmuka Lenka bisa dibilang sederhana dan mudah dipahami. Di bagian atas ada ikon lampu untuk menyalakan flash sebagai senter dan di sisi kanan ada About yang berisi tutorial untuk memaksimalkan penggunaan Lenka.

Di bagian bawah ada tiga ikon, yaitu untuk melihat library hasil jepretan, tombol shutter, dan mode high contrast. Kita juga bisa memilih resolusi foto normal atau 1×1 agar bisa langsung diunggah ke media sosial yang maksimal untuk menampilkan foto dimensi segi empat sama sisi seperti Instagram.

Meski sudah memiliki mode auto exposure, pengguna tetap bisa mengatur fokus sesuai dengan yang diinginkan. Caranya cukup dengan tap to focus, dan foto-foto hasil jepretan Lenka pun bisa langsung diunggah ke media sosial, atau disimpan di library.

Nah, bagaimana? Ingin langsung bereksperimen dengan foto hitam putih?

Intip juga 10 tips memotret foto hitam putih di sini

0 comments