NOW READING

Cara Mudah dan Canggih Jaga Kesehatan Tubuh Meski Cuma Naik MRT

 66
+
 66

Cara Mudah dan Canggih Jaga Kesehatan Tubuh Meski Cuma Naik MRT

by The Daily Oktagon

Memiliki tubuh yang sehat sudah menjadi kebutuhan dan kepentingan setiap orang. Karena kita bisa melakukan berbagai aktivitas setiap hari dengan lancar. Namun terkadang kita abai dalam menjaga kesehatan. Padahal ada banyak cara untuk bisa membuat tubuh selalu sehat dan fit. Mulai dari melakukan olahraga tertentu hingga gerak badan yang sederhana namun ternyata bisa memberikan efek bagi kesehatan tubuh. Seperti jalan kaki, naik turun tangga, berlari kecil dan lainnya. Dan ternyata aktivitas ringan tersebut sudah sering kita lakukan sehari-hari. Misalnya saat sedang berangkat menuju kantor dengan mengguna transportasi umum seperti naik MRT misalnya.

Baca juga : Selain Terlihat Tendy, Dengerin Musik di MRT Punya Manfaat Yang Tak Terduga

Untuk bisa menggunakan layanan MRT, maka kita harus berjalan menuju stasiun MRT. Atau kalau sudah agak telat terkadang harus berlari kecil mengejar jadwal kereta MRT. Belum lagi saat di stasiun, kita harus naik turun tangga menuju lokasi untuk menunggu kereta untuk naik MRT.

Seberapa besar berbagai aktivitas ringan tersebut bisa memengaruhi kesehatan tubuh? Sayangnya kita tidak mengetahuinya dan cenderung abai. Ini lantaran kita tidak melakukan pengukuran aktivitas tersebut atau mungkin tidak tahu cara mendeteksinya.

Salah satu cara untuk memantau aktivitas sehari-hari dan bagaimana efeknya bagi kesehatan tubuh, yaitu dengan menggunakan perangkat wearable berupa jam tangan pintar atau  smartwatch .

Perangkat jam tangan pintar memiliki kemampuan untuk mendeteksi, mengukur dan mencatat berbagai aktivitas yang kita lakukan, yang kemudian bisa menyajikan informasi penting dalam bentuk indikator tertentu. Dengan begitu kita bisa mengetahui secara pasti manfaat dari aktivitas sehari-hari yang berpengaruh bagi kesehatan tubuh.

Lihat juga : Smartwatch Desain Keren, Harga Sesuai Pilihan 

Berikut ini beberapa manfaat penting dari penggunaan smartwatch antara lain yaitu :

Kebugaran Tetap Terjaga

Jika selama ini berbagai aktivitas ringan seperti berjalan kaki hingga berapa jarak yang sudah dilalui atau lainnya tidak terpantau, dengan menggunakan jam tangan pintar semuanya akan dideteksi dan tercatat dengan rapi. Misalnya berapa langkah yang sudah ditempuh menuju stasiun untuk naik MRT. Termasuk berapa banyak jumlah kalori yang sudah terbakar dari gerakan yang kamu sudah lakukan. Sebagian besar perangkat smartwatch memiliki fitur untuk kadar kalori yang terbakar, dengan begitu kita pun bisa mengatur antara asupan makanan dan juga aktivitas sehari-hari atau olahraga yang seimbang.

Menurunkan Tingkat Stress

Jam tangan pintar mampu mendeteksi tingkat stress yang kamu alami. Salah satunya yang terdapat pada jam tangan pintar Garmin Vivomove HR Premium Hybrid  yang memiliki fitur Wellness Monitoring. Fitur ini mampu mendeteksi tingkat stress yang sedang dialami pengguna, jadi bisa mengetahui apakah sedang kondisi tubuh sedang tenang atau malah tingkat stres sedang naik.

Selain itu juga dibantu dengan fitur Relaxation Timer yang akan mengingatkan kapan waktu harus istirahat rileks sejenak. Dengan begitu kamu bisa mengatur dan mengurangi tingkat stres yang dialami.

Fitur pengaturan tingkat stress juga dimiliki smartwatch Garmin Vivoactive 3. Jam tangan pintar ini memiliki kemampuan untuk melihat tingkat stres terkini dari pergelangan tangan penggunanya. Berkat Garmin Connect tingkat stres dapat diidentifikasi melalui pola-pola yang terjadi dan mempertimbangkan perubahan gaya hidup. Tingkat Stress dalam jangka waktu yang panjang dapa dikenali dengan cepat. Pengguna juga bisa menggunaka fitur pengatur waktu relaksasi Four-Fold Breath, yang dapat membantu pengguna menyeimbangkan stres dan waktu istirahat.

Cara Mudah dan Canggih Jaga Kesehatan Tubuh Meski Cuma Naik MRT (9)

Bisa Memainkan Musik

Sebagai cara untuk menurunkan tingkat stress bisa dilakukan dengan mendengarkan lagu-lagu yang membuat rileks. Misalnya saat sedang naik MRT menunggu sampai di stasiun tujuan. Nah, beberapa tipe smartwatch juga sudah memiliki kemampuan untuk menyimpan lagu dan memainkannya.

Seperti pada Garmin Forerunner 645 Music memiliki kemampuan memainkan musik tanpa harus terkoneksi pada smartphone. Pasalnya Smart Sport ini sudah dilengkapi dengan penyimpanan internal sebesar 4GB yang dapat menampung hingga 500 lagu lebih. Kemampuan yang sama juga dimiliki Xiaomi Amazfit Pace Sport yang bisa menyimpan dan memainkan langsung lagu-lagu favorit dalam perangkat ini.

Mendeteksi Detak Jantung

Manfaat lain dari jam tangan pintar yaitu bisa mendeteksi detak jantung apakah sedang bekerja dengan normal atau tidak. Caranya dengan mengandalkan sensor yang ada dibagian bawah jam yang menempel pada pergelangan tangan untuk memantau detak jantung dari pengguna.

Fitur ini bisa dikatakan sudah menjadi fitur yang selalu tersedia di berbagai jenis smartwatch. Berkat fitur ini maka kondisi kesehatan jantung, yang merupakan bagian terpenting dari tubuh, bisa diketahui secara real time. Dengan begitu kita pun bisa mengatur aktivitas yang dilakukan agar detak jantung tetap terkontrol.

Baca juga : Garmin Vivomove HR Premium Hybrid – Jam Tangan Pintar Yang Bikin Tubuh Lebih Sehat

Berolahraga Lebih Baik

Salah satu fungsi utama dari smartwatch yaitu memantau berbagai kegiatan olahraga yang dilakukan. Perangkat ini bisa mencatata berbagai data indikator dari jenis olahraga yang kamu lakukan.

Misalnya pada jam tangan pintar Amazfit Stratos Pace 2 yang bisa memantau berbagai jenis olahraga seperti berlari, berjalan, berkuda di luar ruangan, berenang, berlari dalam ruangan, berkuda dalam ruangan, mendaki gunung, lari lintas alam, selain kehidupan sehari-haridan juga olahraga umum.

Jam tangan pintar ini memiliki fitur lengkap untuk pantau aktivitas olahraga dan penuhi target dalam berolahraga. Apalagi dibantu dengan fitur Global Positioning System (GPS), jam tangan pintar ini akan merekam sejauh mana berlari, bersepeda, serta menampilkan rute, status hingga zona detak jantung selama melakukan olahraga.

Ada juga smartwatch seperti Lenovo Smartwatch W5 yang dibekali dengan fitur tahan air 5 atmosphere (ATM).Dengan begini, jam tangan pintar ini mampu kamu ajak berenang maupun menyelam di kolam renang, danau, atau laut dengan kedalaman hingga 50 meter.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Tak hanya aktivitas selama seharian penuh, jam tangan pintar juga sanggup memantau tidur agar mendapat istirahat yang lebih berkualitas. Fitur Sleep Tracker akan mencatat waktu tidur agar terpola dengan baik. Sehingga dengan istirahat yang cukup bakal membuat kamu lebih produktif dalam bekerja maupun melakukan kegiatan lainnya.

Cara Mudah dan Canggih Jaga Kesehatan Tubuh Meski Cuma Naik MRT (8)

Terkoneksi ke Smartphone

Sebagai perangkat pintar, smartwatch juga memiliki kemampuan untuk terkoneksi ke perangkat lain seperti ke  smartphone. Dengan begitu kedua perangkat ini bisa saling melakukan pertukaran data. Misalnya ketika sudah terkoneksi ke smartphone, setiap notifikasi dari beberapa aplikasi di smartphone juga bisa ditampilak di smartwatch. Seperti notifikasi telepon masuk, SMS, pesan WhatsApp, Facebook dan lainnya.

Lihat juga : Deretan Smartphone Terbaru Sesuai Kebutuhan

Jadi pengguna tidak perlu repot-repot mengambil smartphone, cukup melihat dari smartwatch. Selain itu konektivitas ini juga sangat berguna dalam memudahkan ketika mem-back up data aktivitas dan olahraga yang telah dipantau dan disimpan pada smartwacth.

0 comments