NOW READING

Cara Mudah Cek IMEI Semua Tipe Smartphone, Legal atau Ilegal?

 265
+
 265

Cara Mudah Cek IMEI Semua Tipe Smartphone, Legal atau Ilegal?

by The Daily Oktagon

Pemerintah Indonesia melalui tiga kementeriannya, yaitu Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Kementerian Perdagangan (Kemendag), dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana akan melakukan tindakan tegas untuk menghindari maraknya smarthphone BM alias Black Market. Rencananya mulai 17 Agustus 2019 nanti pemerintah akan memblokir smartphone BM yang beredar di Indonesia. Caranya yaitu dengan melakukan cek IMEI seluruh  smartphone dan jika ketahuan tidak terdaftar secara resmi untuk peredaran di pasara Indonesia, maka smartphone tersebut akan diblokir sehingga tidak bisa digunakan lagi.

Nah, buat kamu yang belum melakukan cek IMEI smartphone yang kamu pakai, atau mungkin belum tahu caranya, ini penjelasannya :

Cara Tahu Nomor IMEI

Nomor IMEI merupakan nomor identitas unik yang dikeluarkan oleh Global System for Mobile Communications Association (GSMA) untuk setiap slot kartu yang ada di smartphone yang. Jadi misalkan smartphone memiliki dual slor SIM Card, maka akan ada dua nomor IMEI yang dimiliki smartphone tersebut.

Semua nomor IMEI akan didaftarkan ke Kementrian Perindustrian (Kemenperin) saat sebuah smartphone dijual di pasaran Indonesia. Saat ini Kemenperin terus mengumpulkan semua data IMEI dari smartphone resmi.

Bagaimana cara cek nomor IMEI di smartphone yang digunakan ? Setidaknya ada tiga cara yang bisa dicoba untuk cek IMEI di smartphone, antara lain yaitu : Langkah-langkah berikut terbilang mudah, begini caranya:

Baca juga : Cek IMEI Agar Smartphone Tidak Diblokir, Ini Penjelasan Lengkapnya!

– Kardus Smartphone
Cara paling mudah, yaitu dengan melihat keterangan yang ada di kardus smartphone. Biasanya di bagian sticker kotak putih, yang juga berisi keterangan lainnya dari smartphone.

–  Menu Setting
Untuk pengguna smartphone Android, bisa melakukan cek IMEI di menu Setting yang ada di smartphone. Caranya buka menu setting, setelah itu, pilih “About Phone”. Lalu cari informasi nomor IMEI smartphone yang tertera.

– Melalui *#06#
Cara lainnya untuk cek IMEI yaitu dengan men-dial *#06#. Buka menu dial yang berisi urutan angka yang biasa untuk menelpon, kemudian keetik *#06# dan tekan tombol Call. Tidak berapa lama akan muncul nomor IMEI di layar smartphone.

Cek IMEI Legal atau Ilegal

Setealh mengetahui nomor IMEI smartphone yang digunakan, langkah selanjutnya yaitu cek IMEI tersebut apakah sudah terdaftar di Kemenperind atau belum.

Cara cek IMEI dengan mengunjungi situs Kemenperin di alamat : https://imei.kemenperin.go.id/

Di sana akan terlihat tampilan kotak yang berguna untuk memasukan nomor IMEI. Setelah memasukkan nomor IMEI klik tombol Search. Tidak lama kemudian akan muncul keterangan apakaha nomor IMEI smartphone kamu terdaftar di Kemenperind atau belum.

Kalau ternyata nomor IMEI smartphone kamu tidak terdaftar di database Kemenperin, jangan panik. Karena aturan resmi untuk blokir smartphone dengan IMEI yang belum terdaftar, belum disahkan pemerintah. Kabarnya pemerintah akan melakukan ‘pemutihan’ bagi smartphone yang dibeli sebelum aturan tersebut resmi berlaku.

0 comments