NOW READING

Cara Mudah Bikin Chat WhatsApp Aman Tidak Bisa Disadap

 107
+
 107

Cara Mudah Bikin Chat WhatsApp Aman Tidak Bisa Disadap

by The Daily Oktagon

WhatsApp sudah menjadi aplikasi percakapan yang paling sering digunakan untuk berkomunikasi saat ini. Dari mulai bergosip, sharing info hingga mengirimkan data penting. Sejauh ini bisa dikatakan melakukan chat WhatsApp masih terbilang aman, tapi ada baiknya lakukan tindakan pengamanan agar chat WhatsApp terhindar dari ‘tangan jahil’, seperti di-hack.

Caranya mudah kok, cukup dengan melakukan beberapa penyetingan keamanan di aplikasi WhatsApp. Dengan begitu kamu bisa lebih merasa aman saat melakukan chat WhatsApp. Ini dia beberapa caranya :

Baca juga : Pesan yang Dihapus di Aplikasi WhatsApp Tetap Bisa Dibaca, Ini Caranya!

Enkripsi Chat WhatsApp

Agar chat WhatsApp antara kamu dan lawan bicara tidak bisa dihack orang lain. Sebaiknya lakukan enkripsi end to end untuk setiap chat yang dilakukan di WhatsApp. Ini sangat penting saat kamu ingin berbagi informasi penting yang sensitif. Caranya :

  1. Di halaman chat yang dilakukan dengan lawan bicara, klik pada nama kontak WhatsApp-nya.
  2. Kemudian pilih menu Encryption (Enkripsi)
  3. Kamu akan melihat satu set kumpulam angka dan juga QR Code.
  4. Coba minta lawan bicara untuk memindai Kode QR yang muncul di Hp kamu itu. Atau sebaliknya, kamu yang memindai Kode QR yang ada di Hp lawan bicara.

Aktifkan Notifikasi Keamanan

WhatsApp juga menyediakan fitur kemanan lainnya, berupa notifikasi keamanan. Jadi setiap ingin melakukan chat WhatsApp dengan lawan bicara akan diberikan kode keamanan untuk kamu dan lawan bicara. Cara mengaktifkan notifikasi keamanan ini terbilang mudah,  yaitu :

1. Buka WhatsApp > Klik ikon tiga titik di pojok kanan atas > Seting (Pengaturan) > Account (Akun) > Security (Keamanan)
2. Aktif menu ‘Show Security Notification’ atau ‘Tampilkan pemberitahuan keamanan’ dengan cara menggeser tombol slider menjadi aktif.

3. Jika fitur ini diaktifkan, maka WhatsApp akan memberi tahu kamu setiap kali kode keamanan berubah.

 

Aktifkan Two-Factor Authentication

Fitur keamanan lain yang disediakan WhatsApp yaitu Two-Factor Authentication. Fitur ini berguna saat kamu berganti perangkat atau smartphone baru. Dengan mengaktifkan Two-Factor Authentication, maka saat ingin mengatur WhatsApp di perangkat baru, maka diperlukan kode verifikasi, dan itu hanya yang punya akun WhatsApp yang tahu. Cara mengaktifkan fitur Two-Factor Authentication, yaitu :

Baca juga : Malware Terbaru Ini Bisa Pantau Isi Perangkat Android, iOS Hingga WhatsApp!

1. Buka WhatsApp > Klik ikon tiga titik di pojok kanan atas > Seting (Pengaturan) > Account (Akun) > Two-Factor Authentication.

2. Klik tombol ‘Enable’

3. Kemudian masukkan kode sandi 6 digit dikirimkan WhatsApp

4. Masukkan juga alamat email jika kamu lupa kode sandi.

0 comments