NOW READING

Cara Merawat Smartwatch Agar Tetap Awet Meski Sering Digunakan

 4562
+
 4562

Cara Merawat Smartwatch Agar Tetap Awet Meski Sering Digunakan

by The Daily Oktagon

Seiring dengan perkembangan tren wearable device, perangkat smartwatch sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Dengan banderol harga yang tidak bisa dibilang murah, tentunya device ini harus dirawat dengan baik agar berumur panjang, terlebih bila Anda memakainya hampir setiap hari.

The Daily Oktagon mengulas cara merawat smartwatch agar tetap awet mesi sering digunakan. Sebelum melakukan perawatan, pastikan Anda juga sudah mengetahui material dari smartwatch yang dimiliki. Misalnya plastik dengan strap karet, stainless steel, atau kulit. Sebabnya, hal tersebut akan berpengaruh terhadap jenis perawatan.

Baca dulu artikel menarik berikut, Mengenal Alternatif Smartwatch Harga Terjangkau

Membersihkan Layar

Mirip dengan layar laptop dan smartphone, Anda bisa membersihkan layar smartwatch dengan lap berbahan microfiber. Lap yang sama juga biasa digunakan untuk membersihkan lensa kamera dan kacamata.

Setelahnya, lap perlahan layar smartwatch dengan pola satu arah. Setelah Anda yakin cukup bersih, diamkan sebentar. Perlu diperhatikan, bila lap yang Anda gunakan untuk membershikan layar juga harus dicuci secara berkala.

Smartwatch_strap

Jangan pernah menggunakan cairan pembersih untuk membersihkan layar. Bila smartwatch yang Anda miliki water resistant maka Anda bisa mencoba membersihkannya dengan air.

Adapun bahan lain yang bisa digunakan adalah filter kopi yang telah sedikit dibasahi. Patut diingat, jangan pernah menggunakan tisu untuk membersihkan layar smartwatch. Ini akan berpotensi meninggalkan goresan pada layar.

Membersihkan Strap

Setelah layar, bagian yang juga perlu Anda perhatikan adalah strap atau gelang smartwatch. Seperti telah disebutkan di awal, setiap bahan body dan strap memiliki cara pembersihan berbeda. Untuk pembersihan yang maksimal, lepas dulu strap dari badan smartwatch.

Untuk bahan kulit, pastikan Anda menggunakan cairan pembersih khusus kulit. Hal ini perlu dilakukan agar tidak rusak. Sebelum mulai membersihkan keseluruhan bagian, coba gunakan dulu di sedikit bagian strap. Bila tidak ada perubahan warna atau tekstur, maka bisa dilanjutkan.

Lalu, bagaimana dengan bahan karet? Pembersih paling ampuh adalah air dan sedikit sabun. Gunakan mangkuk yang sudah diisi air, dan tambahkan setetes sabun. Bersihkan secara cepat namun seksama, dan setelahnya lap dengan kain yang lembut, angin-anginkan sampai benar-benar kering.

Terakhir, untuk bahan metal atau stainless steel, Anda bisa menggunakan sikat gigi. Basahi dengan air yang sudah dicampur dengan sedikit sabun, lalu sikat dengan cepat. Keringkan dengan lap, lalu angin-anginkan. Bila Anda ingin mengkilapkan kembali strap-nya, silakan gunakan pasta gigi, lalu sikat secara merata. Hasilnya pun tampak seperti baru!

Membersihkan Konektor

Salah satu bagian penting dari smartwatch adalah konektor. Bagian ini biasa digunakan pada proses pengisian ulang daya baterai smartwatch Anda. Terkadang, bagian ini kotor terkena keringat atau debu yang bisa menghambat proses charging atau transfer file.

Smartwatch_Connector

Gunakan cotton bud yang sebelumnya dicelupkan kw alkohol. Setelah Anda melihat tidak ada lagi bercak noda pada bagian ini, berarti smartwatch sudah siap kembali digunakan.

Merawat Baterai

Kebanyakan smartwatch hadir dengan baterai rechargeable. Karena Anda tidak bisa mencabut pasang baterai dengan mudah, hampir bisa dibilang baterai pada smartwatch tidak bisa diganti.

Lakukan pengisian ulang baterai pad saat muncul notifikasi baterai sudah menipis. Biasanya proses charging tidak akan terlalu lama, sehingga Anda bisa melakukannya sembari bekerja dengan laptop.

Mengganti Strap

Bosan dengan strap bawaan smartwatch Anda? Saatnya untuk mengganti. Beberapa smartwatch seperti Pebble seri tertentu bisa diganti dengan mudah karena menggunakan desain dudukan strap yang sama dengan jam biasa. Bila seperti ini, Anda bisa menggunakan strap apa pun sesuai selera.

Nah, bagaimana bila ternyata dudukannya berbeda? Berarti opsi Anda hanya satu, yaitu menggunakan strap pengganti dari vendor smartwatch yang dimiliki.

Memasang Pelapis Antigores

Bagian paling rentan dari smartwatch tentu saja layarnya. Untuk melindunginya, Anda bisa memasang antigores pada layar. Cara memasangnya memang bisa dibilang gampang-gampang susah.

Anti_Gores_Smartwatch

Anda tidak perlu kahwatir, karena bentuk antigores biasanya sudah disesuaikan dengan ukuran layar smartwatch. Anda bisa menentukan sudut pemasangan antigores dan setelah itu memasangnya perlahan dengan bantuan pinset. Yuk, rawat smartwatch Anda agar awet dan dapat maksimal digunakan!

Gali pengetahuan Anda tentang wearable device dengan menyimak ulasan ini, Beragam Hal Menarik yang Bisa Anda Lakukan dengan Smartwatch

0 comments