NOW READING

Cara Merawat PC dan Laptop Agar Terhindar dari Bakteri

 907
+
 907

Cara Merawat PC dan Laptop Agar Terhindar dari Bakteri

by The Daily Oktagon
  • Secara diam-diam, PC dan laptop menyimpan banyak kuman.
  • Kebersihan harus diperhatikan agar tidak mencemari tangan.
  • Jika kebersihan laptop dan PC terjaga maka kesehatan Anda pun akan semakin terawat.

Kegiatan yang sering dilakukan dengan menggunakan laptop adalah untuk belajar, bekerja, bahkan bermain games untuk melepaskan penat. Namun, para pengguna laptop dan PC terkadang suka melewatkan masalah kebersihan PC dan laptop mereka.

Menurut Huffington Post, PC dan laptop memiliki banyak bakteri. Konsentrasi terbesar organisme tersebut berada di bagian keyboard karena bersentuhan langsung dengan tangan. Lebih dari tiga juta bakteri hinggap pada papan tombol yang sering digunakan tersebut. Hal ini bisa menjadi membahayakan kesehatan para penggunanya karena tangan akan penuh dengan bakteri. Untuk menghindari itu, ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar pengguna tetap sehat dan PC atau laptop tetap terawat kebersihannya.

Foto: Shutterstock

1. Bersihkan Keyboard dengan Menggunakan Alkohol

Penggunaan alkohol sangat tepat untuk menghilangkan bakteri yang menempel pada keyboard. Alkohol akan membunuh bakteri secara cepat karena bakteri tidak bisa menahan komponen senyawa yang terkandung di dalam alkohol. Selain itu, alkohol akan cepat menguap sehingga tidak merusak bagian sensitif dari keyboard.

Keyboard laptop ini menggunakan fitur anti-ghosting, lihat infonya di sini.

2. Lakukan Pembersihan Secara Berkala

Tidak hanya keyboard, bagian layar dan eksterior PC dan laptop juga harus bersihkan. Tujuan utamanya adalah menghilangkan debu dan meminimalisir perkembangan bakteri. Pembersihan harus dilakukan secara rutin, minimal 2 kali seminggu sehingga tampilan PC dan laptop juga semakin bersih.

Foto: Shutterstock

3. Cuci Tangan Sebelum dan Sesudah Menggunakan PC atau Laptop

Mencuci tangan sebelum menggunakan PC dan laptop adalah cara untuk menghindari pertambahan bakteri yang ada di tangan dan juga perangkat teknologi tersebut. Setelah penggunaan laptop, tangan harus kembali dibersihkan. Hal ini bertujuan untuk mencegah kontaminasi bakteri ke benda lain, bahkan makanan yang akan dinikmati.

Inilah cara aman menggunakan smartphone di kamar mandi agar terhindar dari bakteri.

4. Sinari Dengan Ultra Violet

Cahaya ultra violet bisa membasmi bakteri yang ada di laptop. Cahaya berwarna biru ini bisa mematikan bakteri karena gelombang sinar UV akan memecahkan DNA yang ada di dalam bakteri. Jangkauan UV juga sangat luas sehingga sangat efisien dan praktis untuk menghilangkan bakteri yang ada di bagian dalam PC dan laptop.

Foto: Shutterstock

5. Lapisi Keyboard dengan Silikon Khusus

Silikon akan menahan debu dan bakteri menyebar ke bagian dalam laptop. Selain itu,silikon akan menjaga tombol keyboard dari kontaminasi bakteri yang berasal dari lingkungan sekitar, terutama tangan. Penggunaan silikon khusus keyboard juga akan menjaga tampilan keyboard karena huruf yang ada di keyboard tidak mudah terkelupas.

Pembersihan PC dan laptop secara teratur akan membuat pengguna menjadi lebih sehat. Setidaknya terhindar dari bakteri jahat yang sewaktu-waktu mengancam kesehatan mereka. Selain itu, PC dan laptop pun akan lebih terawat karena kebersihannya selalu diperhatikan dan bisa bertahan lebih lama.

0 comments