NOW READING

Cara Menjaga Mata Bagi Pengguna Smartphone

 940
+
 940

Cara Menjaga Mata Bagi Pengguna Smartphone

by The Daily Oktagon
  • Penggunaan smartphone berlebihan membuat mata menjadi lelah.
  • Cahaya kebiruan yang dipancarkan layar smartphone bisa membuat orang mengalami kebutaan.
  • Beberapa tips ini berguna bagi Anda yang merupakan addict smartphone user dan ingin menjaga mata.

Frekuensi penggunaan smartphone terbilang beragam, ada yang 30 menit sekali, atau bahkan tiap menit. Beberapa orang belum puas sebelum semua notifikasi di layar ponsel mereka sirna.

Hal-hal seperti ini seharusnya menjadi perhatian khusus, karena terdapat bahaya yang mengancam kesehatan para pengguna smartphone. Layar ponsel pada umumnya akan memancarkan cahaya kebiru-biruan agar pengguna dapat melihat dalam kondisi gelap atau ketika beraktivitas di luar ruangan. Meskipun pemakai bisa mengatur tingkat cahaya ponsel, nyatanya hal itu tak terlalu membantu. Dilansir oleh Thestar.com, sebuah studi mengatakan bahwa orang-orang yang menggunakan smartphone secara berkala akan menunjukkan gejala mata kering.

Ini bahaya memperkenalkan smartphone kepada anak di usia dini.

Selain itu, studi yang dilakukan di Spanyol pada bulan Januari 2017 lalu menemukan bahwa semakin sering Anda melihat layar smartphone, semakin tinggi risiko kerusakan pada retina mata yang dapat berujung pada kebutaan. The Daily Oktagon akan memberikan kiat-kiat mereduksi bahaya yang diakibatkan oleh layar smartphone dan menjaga agar mata Anda tetap sehat.

 

Foto: Shutterstock.com

  • Menggunakan Filter

Kebanyakan smartphone terkini memiliki filter tambahan di bagian setting. Misalnya, salah satu produk smartphone asal China, Oppo, yang memiliki fitur eye protection. Dengan sekali sentuh, layar yang sebelumnya berwarna kebiruan akan berubah menjadi lebih warm dan mata Anda akan lebih terlindungi.

Dengan adanya eye protection mata Anda terhindar dari stres ketika terkina paparan cahaya biru yang dipancarkan layar smartphone Anda. Para pengguna pun tak perlu menaikkan brightness layar smartphone karena filter tersebut pada ruangan yang kurang pencahayaan.

  • Gunakan Fitur Auto dan Pelindung Tambahan

Fitur auto brightness bisa Anda maksimalkan demi menjaga mata ketika menggunakan smartphone. Fitur tersebut akan mengatur secara otomatis terangnya layar ponsel sesuai dengan cahaya ruangan pada saat itu. Ketika fitur otomatis ini dinyalakan, mata Anda tak perlu bekerja dengan keras untuk menerima cahaya yang masuk melewati pupil.

Selanjutnya, Anda juga bisa menyiasati layar smartphone dengan menggunakan anti gores. Tak hanya mampu melindungi layar dari goresan, anti gores tersebut juga memiliki fungsi untuk melindungi mata Anda. Carilah pelindung layar yang mampu mereduksi cahaya yang dipancarkan layar smartphone sehingga mata Anda tak terlalu bekerja dengan keras ketika terkena paparan sinar tersebut.

 

Foto: Shutterstock.com

  • Jaga Jarak

Biasanya orang tua kita sering marah jika kita menonton televisi dalam jarak yang terlalu dekat. Hal tersebut dikarenakan radiasi yang dipancarkan berbahaya untuk mata kita. Hal serupa juga berlaku pada layar smartphone. Cara terbaik untuk menyiasati hal tersebut adalah dengan memberikan jarak yang cukup ketika menggunakan smartphone.

Perilaku hedonisme pada pengguna smartphone, apakah Anda salah satunya?

Penggunaan aplikasi tambahan bisa menjadi salah satu solusi untuk mengetahui apakah Anda sudah berada dalam jarak penggunaan smartphone yang tepat. Samsung Safety Screen adalah salah satunya. Aplikasi yang bisa Anda temui di Play Store itu akan menutup layar smartphone apabila ia mendeteksi bahwa wajah sang pengguna sudah terlalu dekat dengan layar.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda bisa terhindar dari kerusakan mata yang parah karena cahaya yang dipancarkan oleh layar smartphone. Sayangi mata Anda, karena kesehatan memiliki harga yang tak ternilai.

0 comments