NOW READING

Cara Membuat Video Perjalanan yang Keren

 5811
+
 5811

Cara Membuat Video Perjalanan yang Keren

by The Daily Oktagon
  • Buat tema serta konsep yang menarik sebelum memulai membuat video perjalanan.
  • Video perjalanan yang menarik tidak selalu harus dihasilkan dari kamera yang mahal.
  • Buat stok sebanyak-banyaknya untuk memudahkan proses penyuntingan.

Salah satu ucapan filsuf Lao Tzu yang terkenal adalah, “seorang petualang sejati tidak pernah merencanakan perjalanannya”.

Memang, jika sedang bepergian atau berwisata ke suatu tempat, unsur spontanitas bisa membuat perjalanan bisa menjadi lebih menarik.

Namun jika urusan membuat video perjalanan, memperpersiapkan segala sesuatunya tentu menjadi penting. Pengetahuan yang didapat sebelum melakukan perjalanan juga tentu dapat membuat hasil video perjalanan yang diambil bisa menjadi lebih menarik.

Apalagi jika Anda menginginkan video itu diunggah di media sosial, atau memang Anda berniat menjadi seorang travel vlogger (video blogger). Untuk itu, simak caranya dari The Daily Oktagon berikut ini.

Konsep dan tema

Menentukan tema membuat kita fokus saat mengambil gambar, sebab ada banyak macam dan ragam video perjalanan, seperti dokumentasi perjalanan, keseruan perjalanan bareng teman-teman, liputan destinasi, video timelapse, atau stok video keindahan tempat wisata yang dikunjungi.

Kamera yang tepat

Untuk membuat video perjalanan, kita bisa mengandalkan smartphone, kamera pocket, DSLR, atau action camera. Bagi para pemula, DSLR untuk entry level dan action camera bisa jadi pilihan.

Menggunakan action camera mempunyai banyak keuntungan, karena bentuknya yang mungil serta tahan guncang dan air. Selain itu, harga action camera juga relatif terjangkau. Salah satu yang kami rekomendasikan adalah Brica B Pro 5 4K Alpha Edition Mark II S, yang dijual dengan harga Rp1,299 juta.

bpro5ae2feat2

Kamera ini mampu merekam video dengan resolusi 4K, 2,7K, dan Full HD. Action camera ini juga dilengkapi dengan port 2,5 mm untuk external microphone, untuk merekam suara dengan lebih jernih. Fitur andalan lain adalah builtin Wi-Fi , yang memudahkan kita saat memindahkan video dari kamera ke notebook.

Video live streaming sedang naik daun. Simak kiat menjadikannya menarik di sini

Perangkat penunjang

Peralatan lain yang wajib dibawa adalah baterai cadangan. Sebaiknya membawa lebih dari satu baterai cadangan, apalagi lokasi yang dituju terpencil dan minim jaringan listrik. Jangan sampai kita kehilangan momen akibat kamera kehabisan daya listrik.

Hal yang sama berlaku untuk media penyimpan atau kartu memori. Kita harus membawa lebih dari satu media penyimpan agar bisa merekam banyak adegan. Jika perlu, kita bisa membawa harddisk eksternal.

Harddisk eksternal yang patut dipertimbangkan untuk dibawa adalah Adata HD710 dengan kapasitas penyimpanan sebesar 1 TB. Perangkat yang sudah dibuat antiguncang dan antiair ini dijual dengan harga Rp885.000.

Selalu biasakan untuk melakukan backup secara berkala guna mengantisipasi kemungkinan kehilangan data akibat hal-hal yang tidak terduga.

video timelapse

Juga jangan lupa untuk membawa tripod. Benda dengan tiga kaki ini sangat membantu untuk merekam gambar dengan stabil serta ketika ingin membuat video time lapse.

Sedang mencari camcorder untuk wedding videography? Salah satu pilihannya ada di sini

Buat sebanyak mungkin

Setelah semua peralatan tempur dibawa, kini saatnya merekam gambar. Jangan ragu untuk membuat video sebanyak-banyaknya, karena ini akan memudahkan kita saat melakukan penyuntingan. Sering kali kita merasa stok yang diambil sudah cukup, tetapi ketika memulai proses sunting, kita sadar stok yang ada jauh dari kata cukup.

Membuat video yang keren sama seperti membuat foto. Kita harus mengambil stok atau adegan sebanyak-banyaknya untuk memudahkan saat memilih footage terbaik di antara semua stok yang ada.

Untuk membuat video yang menarik dan berbeda dengan karya orang lain, kita harus merekamnya dari sudut (angle) yang menarik. Agar dapat mengetahui video seperti apa yang bagus, jangan sungkan-sungkan untuk melihat video perjalanan yang ada di YouTube.

Sering-seringlah melihat perjalanan karya orang lain, karena itu bisa memperkaya pemahaman kita tentang pengambilan gambar yang bagus. Amati, tiru, dan kemudian modifikasi untuk menemukan cara membuat video perjalanan yang khas milik kita.

Pentingnya editing

Setelah mendapatkan gambar yang diinginkan, kita masuk ke dalam proses penyuntingan atau editing. Proses ini merupakan selera masing-masing pembuat video. Ada yang cukup dengan memotong dan menggabungkan video dan ada pula yang membuatnya bergaya sinematik.

editing-1141505_1920

Untuk menambah daya tarik, jangan lupa untuk memasukkan musik latar ke dalam video. Video yang kita akan semakin nyaman untuk dinikmati ketika menggunakan musik yang mendukung serta memiliki suara yang jernih, bebas dari distorsi atau noise.

Selain itu, ada beberapa hal yang akan meningkatkan nilai sebuah video perjalanan, yaitu rangkaian cerita. Karena itu, penentuan tema menjadi sangat penting sebelum memulai membuat video perjalanan.

Setelah video jadi, jangan lupa untuk mengunggahnya ke media sosial seperti YouTube dan Facebook. Komentar dan respon dari pemirsa bisa jadi masukan untuk kita agar bisa membuat video yang lebih menarik lagi. Selamat mencoba.

0 comments