NOW READING

Cara Membuat Ucapan Digital yang Kreatif dan Personal

 5988
+
 5988

Cara Membuat Ucapan Digital yang Kreatif dan Personal

by The Daily Oktagon

Kemudahan yang ditawarkan perangkat digital membuat Anda tidak lagi merasa perlu mengirimkan kartu ucapan lewat pos. Namun, hanya berkirim ucapan lewat pesan teks pun kadang membuat ucapan terasa membosankan, bahkan cenderung tak berjiwa. Nah, kenapa tidak menggabungkan keduanya

Jika Anda rajin eksplorasi toko aplikasi di ponsel atau tablet, Anda pasti tahu segudang app untuk membuat kartu ucapan. Meski begitu, ucapan tidak harus berwujud kartu. Anda juga bisa membuat ucapan dalam bentuk video, atau format multimedia lainnya.

Oleh karena itu, berikut adalah beberapa cara mudah untuk membuat ucapan digital yang kreatif dan menyenangkan.

1. Gunakan aplikasi kartu digital
Jika Anda masih lebih suka ucapan dalam bentuk kartu, ada beberapa aplikasi di luar sana yang memudahkan Anda membuat kartu ucapan digital. Untuk momen Lebaran, misalnya, salah satu pilihannya adalah Eid Greeting.

Regular_Poin_1_-_Eid_Greeting

Tersedia untuk iOS dan Android, aplikasi ini menyediakan aneka template kartu ucapan lebaran yang menarik. Anda hanya perlu memilih tema, menambahkan teks, dan mengirimkannya lewat media sosial atau email. Anda juga dapat menyimpan ucapan sebagai gambar, sehingga bisa dikirim lewat aplikasi lain, misalnya WhatsApp.

Untuk momen lain, misalnya natal atau tahun baru, Anda tinggal mencari aplikasi yang sesuai berdasarkan keyword momennya.

2. Buat sendiri kartu ucapan yang berbeda dan unik
Aplikasi kartu ucapan digital terkadang punya batasan-batasan. Selain Anda tidak bisa melakukan banyak personalisasi, desainnya juga terkadang sudah usang dan kurang kekinian. Membuat ucapan sebenarnya tidak harus menggunakan aplikasi khusus. Menggunakan aplikasi editor foto atau pengolah kata saja sebenarnya sudah cukup.

Regular_Poin_2_-_Halftone_2

Misalnya, jika ingin membuat ucapan dengan tema komik, Anda bisa menggunakan Halftone 2. Aplikasi ini punya banyak opsi tata letak, font, dan balon dialog. Anda tinggal memasukkan foto dan teks saja.

Apabila Anda pengguna perangkat iOS, Anda bisa memanfaatkan aplikasi bawaaan seperti Pages atau Keynote. Meski aplikasi tersebut sejatinya adalah untuk mengolah kata dan presentasi, keduanya punya banyak pilihan template menarik. Dengan sedikit kraetivitas, Anda bisa membuat kartu ucapan yang kreatif dengan mudah.

3. Dalam bentuk video
Kini, dengan populernya aplikasi seperti Snapchat, Vine, maupun fitur video pada Instagram, semua orang mulai berbagi aktivitas mereka di media sosial dalam bentuk video pendek. Anda pun dapat memanfaatkan tren ini dengan membuat ucapan berbentuk video.

Regular3

Tidak perlu kamera DSLR canggih, cukup dengan ponsel atau tablet saja. Namun, bila ingin hasilnya bagus, Anda memerlukan dua hal ini: tripod dan pencahayaan yang cukup. Tripod akan membuat gambar jadi stabil. Sementara pencahayaan yang cukup membuat hasil video jernih dan bebas noise, sehingga subjek pada video—baik itu Anda sendiri atau bersama dengan anggota keluarga lain—terlihat jelas.

Pastikan juga Anda merekam video dalam kondisi yang senyap, agar ucapan Anda ucapkan terdengar. Sebelum mengunggah atau mengirimnya, Anda bisa melakukan penyuntingan sederhana untuk menambahkan teks atau musik latar. Pemilik perangkat iOS bisa menggunakan iMovie, sementara pengguna iOS dapat memilih WeVideo.

4. Hindari tag Berjamaah

Regular4

Poin ini dirasa perlu, agar niat baik Anda mengirim ucapan tidak berubah menjadi pemutus hubungan pertemanan. Saat mengirim ucapan lewat linimasa media sosial, jangan lakukan tag berjamaah atau tag massal. Karena, tidak semua orang suka dengan adanya notifikasi yang terus-terusan muncul akan mengganggu orang lain. Ucapan dengan tag massal juga membuat ucapan Anda kurang personal. Tentunya, Anda tidak mau nilai ucapan yang sudah dibuat dengan skreatif mungkin jadi tak bermakna, bukan?

0 comments