NOW READING

Cara Membuat Foto Sekeren Bintang Instagram

 4069
+
 4069

Cara Membuat Foto Sekeren Bintang Instagram

by The Daily Oktagon

Sejak diluncurkan pada 2010 lalu, Instagram dengan cepat merebut perhatian publik. Hingga saat ini, media sosial milik Facebook ini jumlah pengguna aktifnya sebesar 400 juta user yang rata-rata berbagi 80 juta foto setiap harinya.

Seiring dengan meledaknya kepopuleran Instagram, media sosial ini melahirkan bintang-bintang baru, yakni para pengguna yang memiliki banyak pengikut dan pengaruh. Mereka bukan kalangan pesohor, namun pengguna yang murni menjaring pengikut lewat posting yang mengagumkan.

Sebenarnya ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas foto Instagram. Hasilnya, foto tak hanya tampak lebih baik dari segi estetik, namun juga meninggalkan kesan mendalam bagi mereka yang melihat. Apa saja yang perlu diperhtikan?

Perencanaan

Pernahkah merasa foto yang diambil para food blogger tampak begitu menggiurkan. Atau sebuah lokasi populer yang sudah berkali-kali difoto orang, namun terasa berbeda kala diambil seorang travel blogger?

Banyak foto Instagram, yang tampaknya diambil dengan cara sederhana, namun ternyata di belakangnya memiliki tahap persiapan cukup panjang. Mulai dari riset lokasi, eksperimen dengan berbagai angle, dan tentu saja masalah pencahayaan, harus masuk dalam persiapan.

Fellexandro_Ruby__2_
Food photography, misalnya. Yang harus diperhatikan tidak hanya soal cantiknya bentuk makanan saja. Namun juga piring sebagai tempat meletakannya dan meja yang menjadi latar belakang foto. Bila perlu, bahkan properti penunjang pun perlu mendapat perhatian khusus seperti sendok, pisau atau bahkan tumpahan tepung terigu, dapat menambah sisi dramatis foto tersebut.

Fellexandro_Ruby__1_
Ini Tips dari Pakar, untuk Membuat Foto Instagram Lebih Fantastis!

Cahaya

Cahaya adalah komponen vital dalam fotografi. Dan cahaya alami dari matahari, adalah sahabat bagi pengguna Instagram awam yang mungkin tak memiliki perangkat pencahayaan yang mendukung.

Tyson Wheatley, fotografer yang menekuni Instagram menyebutkan bahwa golden hour adalah saat yang baik untuk mengambil foto. Golden hour ditandai dengan warna sinar matahari kekuningan saat pagi dan sore hari, sekitar dua jam setelah matahari terbit dan menjelang tenggelam. Golden hour kerap dianggap sebagai sumber cahaya paling baik untuk fotografi outdoor. Untuk portrait misalnya, bila matahari diletakkan di belakang subyek foto, akan muncu efek hangat dan glowing.

tyson_wheatley__1_

Untuk pemotretan dalam ruangan, pastikan subyek berada di area yang diterangi cahaya yang cukup. Jangan ragu-ragu untuk bermain dengan sinar matahari. Misalnya berkas cahaya yang mengintip dari celah jendela, karena bisa jadi Anda akan mendapatkan efek yang dramatis. Adapun karya-karya menarik Wheatley bisa ditengok lewat akun @twheat.

Komposisi

Hal ini yang akan mewakili ide Anda saat bercerita lewat Instagram. Apakah Anda ingin bercerita tentang burger menggiurkan yang hendak Anda lahap, atau foto sebuah jalan yang meliuk jauh hingga ke horizon.

Saat ini Instagram telah mampu menampilkan foto landscape maupun portrait, namun bentuk format foto konvensional yang berupa segi empat, tetap menjadi yang paling populer di antara pengguna Instagram.

tyson_wheatley__2_
Format segi empat ini, menekankan pusat perhatian pada bagian tengah foto. Karena itu, sebaiknya di sini lah Anda meletakkan subyek foto. Penonjolan subyek foto juga dapat diperkuat dengan menampilkan latar belakang foto secara bokeh. Format foto segiempat ini juga akan sangat menonjolkan foto yang bersifat simetri. Untuk menghasilkan efek simetri secara maksimal, sebaiknya mengaktifkan fungsi grid saat mengambil foto.

Sementara itu, salah satu ciri subyek foto yang kuat, adalah memiliki warna, bentuk, atau tekstur yang menonjol. Salah satu cara untuk menonjolkannya, adalah menempatkannya secara kontras terhadap lingkungannya. Fellexandro Ruby, pemilik akun @captainruby, misalnya, melakukannya lewat foto kumpulan macaroon warna-warni dengan latar belakang warna biru polos. Atau menampilkan merahnya guratan serat ikan salmon secara macro, sementara latar belakangnya adalah piring berwarna hitam.

Filter

Kekuatan Instagram, adalah filter yang dapat ‘dimainkan’ oleh pengguna untuk mencapai hasil akhir foto yang diinginkan. Namun, kadang permainan filter yang berlebihan justru mengurangi sisi estetika dari foto tersebut.

Fellenadro
Daripada memilih filter jadi dari Instagram, sebaiknya Anda mengaturnya brightness, contrast, saturation, dan lainnya secara manual. Dengan begitu, pengguna dapat memiliki kontrol lebih terhadap hasil akhir foto. Bila masih kurang puas, ada baiknya menggunakan aplikasi tambahan di luar Instagram. Beberapa di antaranya adalah VSCO Cam, Snapseed, atau Afterlife.

Mau Tahu Resep Membuat Video Time Lapse? Cek di Sini

0 comments