NOW READING

Cara Maksimalkan Komputer untuk Anda yang Super Sibuk

 381
+
 381

Cara Maksimalkan Komputer untuk Anda yang Super Sibuk

by The Daily Oktagon
  • Ada beberapa fitur di komputer yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas.
  • OneNote bisa diandalkan untuk menyimpan berbagai macam catatan.
  • Google Calendar sangat bermanfaat untuk mengingatkan agenda kegiatan sehari-hari.

Sudah siapkah Anda menjalani hari ini? Jawabannya tentu tergantung sejauh mana persiapan yang telah Anda lakukan. Dengan kemungkinan sibuknya Anda dengan banyaknya tugas di kantor serta urusan pribadi, manajemen diri tentu jadi salah satu kunci persiapan itu.

Kehadiran teknologi digital tentu bisa membantu urusan manajemen diri ini. Salah satunya dengan memaksimalkan penggunaan berbagai fungsi yang terdapat di komputer, agar Anda dapat lebih baik dalam menata berbagai kepentingan. Berikut ini cara jitu ala The Daily Oktagon.

Menyimpan Data

Aktivitas ini menempati prioritas pertama karena kita mungkin memiliki berbagai file dokumen, presentasi, foto, video, atau data lain dengan tingkat kepentingan atau kerahasiaan yang beragam.

Namun banyak pengguna yang kehilangan data dan mengalami masalah, karena data yang hilang tidak dapat dikembalikan. Solusi untuk masalah ini adalah cloud storage. Masukkan semua data penting ke folder cloud storage yang ada di komputer dan kita tidak perlu lagi takut kehilangan data.

Di komputer semacam MacBook, semua data bisa secara otomatis tersimpan di iCloud Drive. Namun jika Anda menggunakan komputer berbasis Windows, data bisa diduplikasi menjadi backup di berbagai cloud storage yang tersedia seperti Google Drive, Dropbox, dan Microsoft Onedrive.

Ingin lakukan perjalanan bisnis? Jangan lupa bawa gadget-gadget di artikel ini

Jika pun Anda tidak menyimpan data di layanan cloud, pastikan data yang tersimpan di komputer memiliki fitur keamanan yang memadai.

Misalnya saja teknologi Trusted Platform Module (TPM) di Lenovo ThinkPad T460 yang membuat data tetap aman jika laptop hilang. TPM akan mencegah pengguna lain untuk dapat mengakses hard disk dari komputer lain karena isi di dalamnya telah terenkripsi, sehingga hanya dapat dibuka di laptop asal hard disk.

Catat, Catat, Catat!

Aplikasi catatan di komputer serupa dengan buku catatan yang sering kita bawa pergi. “Buku” itu harus dibawa agar setiap kali mendapatkan ide segar bisa langsung dicatat, di mana pun dan kapan pun.

Agar catatan rapi, cara paling mudah menggunakan aplikasi Notepad. Namun, aplikasi ini sangat minim fitur dan hanya bisa mencatat teks saja. Jika ingin menggunakan aplikasi yang lebih bertenaga, bisa menggunakan Microsoft Onenote.

Selain mudah dan praktis untuk dibuka dan dikategorikan, OneNote juga tidak membutuhkan koneksi internet kecepatan tinggi untuk melakukan sinkronisasi. Aplikasi ini bisa berjalan dengan lancar meski berjalan di koneksi 2G. Memasang OneNote di desktop, Android, dan perangkat iOS memungkinkan kita mengakses aplikasi ini dari mana saja.

Jika kedua tangan kita sibuk, OneNote juga bisa merekam suara kita. Manfaatkan fitur rekam untuk kemudian membacakan catatan yang ingin ditambahkan. Agar lebih terorganisir, kita bisa menyalin catatan itu atau mengelompokkannya sesuai kategori yang memudahkan untuk diakses.

Kelebihan lain dari OneNote adalah bisa menyimpan artikel dari berbagai laman. Tinggal klik Share Page dan kemudian pilih OneNote untuk menyimpannya.

Bila ingin menyimpan dokumen berbentuk foto, misalnya bon pembelian atau dokumen penting lainnya, kita bisa menggunakan Office Lens untuk kemudian menyimpannya di OneNote. Office Lens terintegrasi dengan OneNote dan bisa menggantikan fungsi scan, meski sangat terbatas. Bahkan, Office Lens bisa mengubah foto menjadi file pdf.

Profil: Brata Rafly, meramaikan fintech di Tanah Air

Si Pelupa Janji

Anda tipe pelupa saat janjian bertemu dengan teman atau kolega? Gunakan teknologi kalender digital sebagai “sang pengingat janji”. Google Calendar menjadi pilihan yang paling cepat dan masuk akal, karena hampir semua pengguna komputer mempunyai akun Google.

Google Calendar sendiri bisa dibagikan kepada orang lain atau hanya untuk keperluan pribadi. Jika kita juga dapat membagikan kalender kita dengan orang tertentu saja, tinggal tambahkan alamat email orang yang diinginkan.

Umpamanya atasan ingin membagikan kegiatannya yang sudah terdapat di kalender, sehingga Anda bisa tahu tanggal waktu yang tepat untuk menemuinya, dan tahu hari-hari apa saja ia bakal seharian di luar kantor.

Semoga dengan beberapa cara ini, Anda bisa lebih menguasai keadaan diri, dan siap menghadapi hari!

0 comments