NOW READING

Cara Impor Foto DSLR ke Smartphone Tanpa Komputer

 12824
+
 12824

Cara Impor Foto DSLR ke Smartphone Tanpa Komputer

by The Daily Oktagon

Fotografi kini tak lagi didominasi para profesional. Faktanya, sebagian dari kita kini mulai menjadikan jejaring sosial —seperti Instagram dan Steller— bak galeri foto fotografer pro.

Mereka ingin menampilkan gambar dengan resolusi tinggi. Makanya, tak sedikit foto yang diunggah di Instagram adalah hasil bidikan kamera DSLR. Namun, ada hal yang menjadi soal: bagaimana memindahkan foto dari DSLR ke perangkat mobile?

Mungkin Anda juga tertarik mengetahui tips dari pakar untuk membuat foto Instagram jadi lebih fantastis

Anda mungkin enggan melakukannya karena aktivitas ini membutuhkan komputer sebagai ‘perantara’. Lalu, pertanyaan berikutnya: apakah bisa mentrasfernya tanpa bantuan komputer? Tentu bisa!

Untuk melakukan hal di atas, Anda harus menyiapkan beberapa benda di bawah ini. Bagaimana caranya? Simak berikut ini:

Wi-Fi SD Card

Perkembangan teknologi semakin canggih saja sampai-sampai SD Card kini sudah punya fitur Wi-Fi. Kunci dari fitur ini adalah internet. Asalkan ada koneksi internet, Anda dapat menyambungkan SD Card ke smartphone atau tablet. Beberapa merek yang sudah punya produk ini antara lain Transcend, EyeFi, dan SanDisk.

dslr smartphone sd card

  • Perlu dicatat, Anda wajib memasang aplikasi pendamping dari SD Card di smartphone sebagai ‘perantara’ pemindahan.
  • Setelah terkoneksi Wi-Fi, Anda akan membuka aplikasi SD Card di smartphone Anda.
  • Setiap merek memiliki tampilan menu aplikasi berbeda-beda. Intinya, lewat aplikasi ini Anda dapat mengimpor, mengeksplor, termasuk mengunggah foto langsung ke media sosial.

Wireless

Jika Anda tak punya fasilitas Wi-Fi di SD Card, itu tak jadi masalah. Kini kamera-kamera pro juga sudah dibekali fitur ini. Sama seperti di atas, fitur ini membutuhkan internet agar bisa terkoneksi di smartphone Anda, termasuk aplikasi pendamping dari si kamera sebagai penyedia fitur Wi-Fi.

dslr smartphone

Beberapa kamera sudah yang memiliki fitur ini adalah Nikon D5500, Panasonic Lumix GH4 I, dan Canon EOS70D. Ketiganya kompatibel untuk perangkat berbasis Android dan iOS.

Simak juga ulasan Nikon D750, DSLR Full Frame dengan koneksi Wi-Fi

Adapter Cable

Apabila tak ada opsi Wi-Fi, baik pada SD Card maupun kamera, opsi ini bisa menjadi penyelamat Anda: cable adapter atau kabel adapter. Anda tak perlu pusing memikirkan koneksi Wi-Fi, apalagi Anda yang lebih nyaman dengan perangkat fisik. Bagi pemilik perangkat iOS dan Android, simak tipsnya berikut ini:

iOS

Anda membutuhkan SD Card reader untuk mengimpor foto langsung dari SD Card yang tersemat di kamera DSLR Anda. Kemudian, siapkan Lightning (colokan iPhone), adapter USB kamera, dan USB Hub untuk adapter USB 3 kamera.

  • Colokkan Lightning >>> adapter USB atau Lightning >>> adapter USB 3 pada iPhone.
  • Untuk opsi Lightning >>> USB, sematkan USB Hub ke adapter dan colok ke listrik.
  • Untuk opsi Lightning >>> USB 3, sambungkan adapter ke listrik dengan port Lightning.
  • Unlock iPhone Anda dan sambungkan SD Card >>> Lightning >>> USB 3/USB Hub.
  • Seketika, aplikasi “Photos” akan muncul dan menampilkan foto-foto atau video di SD Card.

dslr to smartphone

Android
  • Masukkan SD Card ke Adapter USB On the Go (OTG).
  • Colokkan kabel OTG ke smartphone Anda.
  • Sambungkan USB Connector pada kamera, dan sambungkan ke adapter OTG Anda.
  • Notifikasi akan memunculkan opsi atau menu di layar ponsel Anda untuk mengimpor foto atau video.

Third Party-Device

Pilihan lain adalah perangkat pihak ketiga atau terpisah yang dapat menyambungkan kamera DSLR dengan kabel USB. Salah satu yang paling populer adalah CamRanger. Perlu diketahui, hanya kamera Canon dan Nikon yang dapat menggunakannya.

Baca juga tentang headset Virtual Reality yang layak dicoba para tech geeks

Perangkat ini memiliki jaringan Wi-Fi sendiri yang dapat dikoneksikan ke perangkat mobile Anda, seperti iPad, iPhone, iPod Touch, dan Android. Nah, CamRanger memiliki aplikasi bawaan sebagai pendamping dalam mengontrol kamera. Jangan khawatir, Anda tak membutuhkan komputer atau koneksi internet.

Selamat mencoba!

0 comments