NOW READING

Cara Hasilkan Foto Terbaik Dengan Smartphone

 2026
+
 2026

Cara Hasilkan Foto Terbaik Dengan Smartphone

by The Daily Oktagon

Pemilik hobi fotografi biasanya menggunakan kamera canggih seperti DSLR untuk menjalani hobinya. Namun, tak sedikit yang memanfaatkan smartphone mereka untuk menyalurkan hobi tersebut.

Ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk mengambil foto dengan menggunakan smartphone agar dapat hasil foto yang memuaskan. Beberapa tips dan trik berikut akan membantu Anda dalam membuat feed Instagram, Path atau Tumblr yang menarik dan estetis dengan menggunakan smartphone.

 

  • Pahami Kemampuan Handphone

Menurut Arbain Rambey yang ditemui saat pameran Universitas Budi Luhur (28/4), smartphone Android dengan harga mulai Rp 4 jutaan sudah bisa dikatakan memiliki kemampuan kamera yang bagus. Misalnya smartphone dengan merk Moto M atau Lenovo Vibe P2, keduanya mampu menghasilkan gambar yang bagus untuk memperindah tampilan Instagram. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa menjajal iPhone 6s Plus dengan spesifikasi kamera yang lebih hebat dan canggih.

  • Pengaturan Cahaya

Untuk mengambil sebuah foto, cahaya menjadi salah satu faktor yang penting menurut Arbain Rambey. Pencahayaan menjadi faktor penting karena dapat membuat hasil foto menjadi lebih jelas. Jangan melawan arah cahaya dan usahakan untuk memotret objek di depan sudut cahaya. Namun, hal ini akan berbeda jika ingin mengambil hasil gambar siluet atau berada pada kondisi low light. Untuk gambar siluet, maka pengambilan gambar dilakukan dengan cara melawan cahaya. Sementara itu untuk kondisi low light, maka fokus pada kamera harus tajam sehingga hasilnya akan bersih dan jelas.

  • Posisi Objek dan Kestabilan Fotografer

Saat mengambil foto usahakan objek foto dan fotografer tidak bergerak sedikit pun. Hal ini akan berpengaruh pada hasil foto yang tidak blur atau goyang. Sayangnya hal ini justru menjadi kelemahan dalam menangkap foto dengan kamera smartphone menurut Arbain Rambey. Hindari juga teknik panning atau zooming, karena akan sangat sulit untuk mendapatkan foto yang bagus jika hanya menggunakan kamera smartphone.

 

Foto: Shutterstock.com

  • Bersihkan Kamera

Hal sederhana ini sering dilupakan para pengguna smartphone. Mereka ingin mengambil gambar, tapi secara tidak sadar lensa kamera berminyak sehingga hasilnya tidak maksimal. Gambar akan terlihat seperti berkabut sehingga kurang bagus untuk dilihat. Saran dari Arbein adalah pengguna smartphone harus rajin membersihkan bagian kamera maupun layar. Gunakan kain halus seperti tisu untuk membersihkan. Dengan begitu, gambar yang dihasilkan bisa bersih sesuai keinginan pengguna.

  • Hasil Foto, Dicetak atau Tidak?

Besaran megapixel pada sebuah kamera smartphone sangatlah berpengaruh pada kualitas foto saat dicetak. Kamera dengan besaran 20 MP ke atas mampu menghasilkan gambar dengan resolusi 300 dpi. Hasil fotonya pun bisa dicetak sebesar 12 Rs dan dapat dipajang dengan tingkat ketajaman foto yang baik. Namun, smartphone dengan kamera berkapasitas di bawah 20 MP hasil fotonya hanya bagus untuk dipublikasikan melalui media sosial atau sarana digital lainnya. Instagram, Path atau Tumblr akan terlihat lebih bervariasi karena gambar yang dipajang di sana memiliki unsur estetika tersendiri meskipun hanya bermodalkan kamera handphone.

 

Foto: Shutterstock.com

Selain kelima tips dan trik tersebut, Arbain Rambey memberikan beberapa tips khusus. Pertama, ketahuilah dulu kelemahan dan kekuatan smartphone sehingga bisa menggunakannya dengan baik. Perlu diingat bahwa smartphone diciptakan untuk hal yang praktis dan bisa digunakan untuk memotret dua arah.

Kemudian, belilah smartphone dengan kamera yang mumpuni. Jangan ragu untuk membaca ulasannya di berbagai situs internet seperti The Daily Oktagon atau majalah sebelum membeli. Lalu, berlatihlah mengambil foto secara berkala agar semakin menguasai kekuatan smartphone tersebut. Terakhir, ada baiknya untuk menggunakan memori berkapasitas besar agar dapat mengambil foto dengan berbagai macam cara untuk mendapatkan hasil yang bagus dan berkualitas.

0 comments