NOW READING

Cara Efektif Promosi Daring

 1266
+
 1266

Cara Efektif Promosi Daring

by The Daily Oktagon

Promosi secara daring atau online begitu digemari oleh para pengusaha, karena dianggap lebih menguntungkan. Padahal, apabila tidak dilakukan dengan efektif dan tepat sasaran, promosi daring akan tak menghasilkan apa pun.

Melakukan promosi online bukan berarti harus mengulas┬ámengenai produk secara terus-menerus. Bukannya efektif, cara ini justru dianggap mengganggu, dan bisa membuat calon pelanggan tak berpikir dua kali saat menekan tombol ‘unfollow‘ atau ‘unsubscribe‘. Ada baiknya jika promosi juga dibalut dengan postingan berupa informasi-informasi yang menarik dan bermanfaat.

Foto: Shutterstock.com

Kuantitas Bukan Jaminan

Melakukan promosi produk secara bertubi-tubi di berbagai media online, bukan jaminan promosi tersebut akan berhasil. Yang pertama-tama harus dilakukan adalah mengenali target market/pangsa pasar. Adanya kualifikasi pasar yang spesifik akan membuat promosi menjadi lebih terarah.

Misalnya, ketika suatu perusahaan memproduksi barang/jasa dengan target market anak muda, maka promosi akan lebih efektif jika dilakukan di media sosial. Umumnya, anak muda lebih senang menggunakan media sosial daripada media online lain yang lebih serius, seperti forum.

Merangkul Pasar yang Sesuai

Promosi juga dapat dilakukan melalui kerja sama dengan marketplace tertentu, sesuai dengan kategori produk yang ingin dipromosikan. Kesesuaian kategori ini begitu penting, karena secara tidak langsung akan menjaring calon customer yang prospektif dan memang memiliki ketertarikan akan produk yang ditawarkan.

Promosi melalui marketplace harus dengan mencantumkan deskripsi produk, foto produk, profil dan alamat usaha, kontak, cara pemesanan, serta metode pembayaran. Tujuannya adalah untuk memudahkan calon customer yang ingin melakukan transaksi.

Foto: Shutterstock.com

Memanfaatkan Popularitas Figur Tertentu

Berhubung mengumpulkan follower yang prospektif memakan waktu yang tidak sedikit, maka paid promote bisa menjadi solusi. Sekarang sudah banyak social media influencer (SMI), yaitu mereka yang memiliki banyak follower dan dianggap layaknya selebritas. Caranya adalah dengan memilih akun yang sesuai dengan kategori produk, dan membayarnya untuk mempromosikan produk melalui media sosialnya.

Cara ini cukup efektif, karena para follower biasanya memercayai pendapat sang SMI mengenai suatu produk/jasa. Tak menutup kemungkinan bagi para follower untuk ikut membeli produk tersebut.

Memberikan Hadiah Menarik

Sepenting apa pun pesan yang disampaikan, tetapi jika suatu promosi tidak menarik, maka sangat kecil kemungkinan orang untuk membeli produk yang ditawarkan. Dari zaman konvensional hingga era digital, memberikan giveaway masih terbukti efektif.

Hal ini bisa dilakukan melalui games atau kuis sederhana yang berhubungan dengan produk yang ditawarkan. Namun perlu diingat, langkah ini harus dilakukan dengan transparan dan jujur, untuk menciptakan rasa percaya calon customer terhadap perusahaan.

Foto: Shutterstock.com

Menjaga Reputasi

Review/testimoni merupakan faktor penting, karena umumnya orang-orang akan membeli suatu produk/jasa berdasarkan review/testimoni dari pembeli sebelumnya. Tidak disarankan membuat testimoni palsu, tetapi sebaiknya menerapkan metode “how to serve your customer well”┬áseperti salam, perkenalan, ramah, sabar, dan tepat janji.

Ketika customer merasa puas, maka dengan senang hati mereka akan membuat testimoni yang positif, sehingga dapat memancing calon customer lain untuk membeli produk.

0 comments