NOW READING

Cara Agar Smartphone Android Tidak Lemot

 761
+
 761

Cara Agar Smartphone Android Tidak Lemot

by The Daily Oktagon
  • Salah satu faktor kinerja smartphone melambat saat membuka aplikasi karena besarnya volume cache yang tersimpan di smartphone. 
  • Cache merupakan file yang dibuat untuk menyimpan data sementara dalam smartphone. 
  • Oleh karenanya ada baiknya membiasakan diri menghapus cache secara manual secara berkala.

Sudah menjadi rahasia umum jika salah satu faktor kinerja smartphone melambat saat membuka aplikasi dikarenakan besarnya volume cache yang sudah banyak tersimpan di smartphone. Solusinya adalah dengan menghapus cache supaya smartphone bisa berjalan normal.

Sebelum membahas kenapa smartphone menjadi lamban, terlebih dahulu kita harus paham apa yang dimaksud dengan Cache. Cache merupakan sebuah file yang dibuat untuk menyimpan data sementara dalam smartphone. Fungsi utama cache pada dasarnya adalah untuk bantu mempercepat loading pada sebuah halaman situs atau performa transfer data pada suatu aplikasi. Namun, cache akan terus menumpuk seiring dengan jumlah aplikasi dan situs yang dikunjungi via browser.

Meskipun ada beberapa aplikasi dan browser bisa secara otomatis akan menghapus cache, namun terkadang ada masalah yang membuatnya tidak terhapus secara otomatis. Semakin besar volume cache yang tersimpan, semakin besar beban pada kapasitas memori perangkat Anda, terutama apabila ada cache yang rusak.

Tip Menggunakan Apple Music pada Perangkat Android

Oleh karenanya ada baiknya membiasakan diri untuk menghapus berkal cache secara manual agar smartphone kembali lancar dan tidak terjadi lagging. Bagaimana cara menghapus cache di Android? Mudah saja.

Untuk mengahapus cache di memori smartphone, Anda tinggal buka menu Settings dan pilih Storage, pilih informasi “Cached Data” hingga muncul pop-up untuk menghapus cache dari semua aplikasi. Lalu tekan tombol OK untuk konfirmasi menghapus.

Jika Anda sudah mendeteksi ada masalah pada aplikasi tertentu dalam perangkat Android, Anda dapat membersihkan cache tanpa harus menghapus cache dari aplikasi lainnya yang berjalan normal. Caranya buka menu Settings, pilih Apps atau Application Manager, pilih aplikasi yang ingin dihapus cache-nya, lalu tekan tombol Clear untuk menghapusnya.

Namun begitu, tahukah Anda ada efek baik dan buruk saat menghapus cache di smartphone?

Salah satu efek baik menghapus cache adalah membuat smartphone terasa lebih ringan. Hal ini berkaitan dengan kepasitas memori internal. Begitu cache dihapus, otomatis ruang dalam memori internal akan bertambah dan membuat smartphone terasa lebih nyaman digunakan.

4 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Smartphone Xiaomi

Selain itu, aplikasi yang biasanya sering error seperti macet atau lag, juga bisa kembali berjalan dengan lebih baik. Tidak jarang pengguna malas menghapus cache karena takut semua data yang tersimpan ikut terhapus dan hilang. Jika Anda adalah salah satunya, sebenarnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Meski secara keseluruhan menghapus cache tidak berdampak buruk bagi smartphone, tetapi ada sedikit ‘efek sampingnya’. Yaitu ketika cache dihapus, loading aplikasi tidak akan secepat sebelumnya. Namun hal tersebut jangan terlalu dikhawatirkan, karena sifatnya hanya sementara. Efek lainnya adalah baterai akan cepat terkuras setelah menghapus cache. Hal ini karena sistem harus memulai lagi dari awal, sehingga membutuhkan tenaga lebih besar.

0 comments