NOW READING

Cara Agar Flash Kamera Smartphone Maksimal

 7537
+
 7537

Cara Agar Flash Kamera Smartphone Maksimal

by The Daily Oktagon
  • Flash di kamera smartphone harus dimaksimalkan untuk mendapatkan foto yang maksimal.
  • Pencahayaan di sekitar obyek bisa membantu dalam menghasilkan foto yang berkualitas.
  • Manfaatkan semua fitur yang ada di kamera untuk membantu kerja flash.

Mungkin setelah membaca judul artikel ini, Anda menjadi ragu. Benarkah kita bisa memaksimalkan pencahayaan dari lampu flash yang tersedia di smartphone kita?

Masalah klasik yang kita temui ketika memotret dengan menggunakan smartphone, gambar terkadang menjadi buram akibat pencahayaan yang minim. Kamera di smartphone pada umumnya, tidak bisa merekam obyek dengan sempurna jika obyek tidak mendapatkan pencahayaan yang baik.

Karena itu, kamera di smartphone juga dilengkapi dengan lampu kilat (flash) untuk menambah pencahayaan di obyek. Namun berbeda dengan flash kamera digital yang relatif berkemampuan lebih baik, ukuran yang kecil serta kekuatan pencahayaan yang kecil membuat kemampuan flash di kamera smartphone menjadi terbatas.

Untuk itu kita perlu memaksimalkan flash agar gambar yang didapat juga maksimal. Masih ragu? The Daily Oktagon berikan beberapa caranya berikut ini.

1. Perhatikan jarak dan arah jatuh cahaya flash

Cara pertama yang termudah tentu dengan mendekatkan obyek dengan kamera, atau sebaliknya. Tujuannya agar obyek mendapatkan pencahayaan yang cukup dan merata. Jangan gunakan fasilitas zoom, karena tidak akan membuat cahaya yang terpancar dari flash semakin mendekati obyek. Jangkauan sinar flash yang ada di smartphone hanya memancar hingga jarak 2 meter.

Memiliki cahaya yang cukup memang membuat perbedaan besar, tetapi perlu diperhatikan berbagai hal lain dari sekedar kuantitas. Arah cahaya, suhu warna, dan cara cahaya mengenai objek juga memiliki dampak yang besar pada hasil foto.

(Credit: Marben/Shutterstock)

(Dok: Marben/Shutterstock)

Upayakan cahaya flash tidak terarah langsung ke objek foto seperti wajah. Kepandaian mengatur komposisi foto bisa jadi solusi, misalnya dengan mengaplikasikan teknik komposisi 1/3. Tempatkan wajah objek tidak harus benar-benar di tengah layar kamera, agak ke bawah atau ke samping, sehingga flash bisa tertembak di samping objek. Foto wajah Anda dengan gradasi cahaya gelap-terang justru terkadang dianggap sebuah foto yang keren bukan?

Supaya hasil foto smartphone bisa maksimal saat bepergian, simak caranya di sini

2. Antisipasi datangnya cahaya dan cuaca

Banyak artikel yang menyarankan agar sebisa mungkin tidak menggunakan flash saat mengambil gambar. Namun saat kondisi objek memunggungi arah cahaya (back light), flash patut digunakan untuk menerangkan objek yang pastinya akan menjadi gelap karena faktor back light. Pijaran cahaya dari flash juga bisa digunakan untuk memotret saat cerah atau sinar matahari terlalu kuat., yang akan memberikan lebih banyak detail pada objek foto.

3. Optimalkan fitur eksternal

Kemampuan flash yang terbatas membuatnya perlu mendapat dukungan dari fitur yang tersedia di smartphone. Fitur lain yang bisa diatur seperti white balance dan ISO. Memang tidak semua smartphone mempunyai dua fitur ini yang bisa diatur dalam setting kamera. Namun dengan memasang aplikasi fotografi tertentu, fitur ini pun dapat digunakan. White balance adalah fungsi untuk membuat obyek berwarna putih tampak putih dengan mengompensasi pengaruh warna cahaya di sekitar obyek, karena sumber cahaya berbeda memiliki warna dan karakteristik yang berbeda juga.

Pengaturan ISO di sebuah aplikasi

Pengaturan ISO di sebuah aplikasi

Jika kita memotret obyek yang berada di bawah sorot sinar matahari akan menghasilkan warna yang berbeda dengan obyek yang berada di bawah sorot bola lampu pijar dan lampu neon (fluorescent).

Sementara ISO merupakan standar untuk mengukur kecepatan dan sensitivitas film terhadap cahaya. Semakin tinggi angka ISO, semakin sensitif terhadap cahaya. Jika kita memotret obyek pada lokasi yang minim cahaya, atur angka ISO menjadi tinggi.

Flash sudah maksimal, baterai juga harus maksimal. Intip tipsnya agar pengisiannya mulus

4. Smartphone yang tepat

Kemajuan teknologi sendiri membuat berbagai smartphone keluaran baru sudah mempersenjatai diri dengan fitur flash yang relatif memadai. Ini tentu menjadi jalan pintas untuk mendapatkan foto terbaik.

Huawei P9 misalnya, ada yang mengatakannya sebagai “Pocket DSLR”. Hal itu karena kamera yang ada di smartphone ini memiliki menu seperti di kamera DLSR. Salah satu keunggulan Huawei P9 adalah adanya dua kamera dengan lensa Leica. Terdapat pula dual-LED (dual tone) flash yang membuat pencahayaan bisa lebih mumpuni.

Huawei P9 (Dok. TechStage)

Huawei P9 (Dok. TechStage)

Flash ganda juga dimiliki HTC One M9 Gold dengan nama Dual Tone LED Flash. Sementara terdapat teknologi UltraPixel yang diklaim mampu menangkap cahaya lebih banyak mencapai 300% dibandingkan kamera 13 Megapixel biasa, sehingga mampu menghasilkan warna lebih akurat dan alami.

Fotografi mobile di masa depan, akankah smartphone jawabannya? Baca artikel ini 

Klaim tentang flash yang canggih juga berasal dari Asus Zenfone Selfie. Kehadiran teknologi flash real Tone dual-LED menurut sang produsen mampu menciptakan penerangan paling natural untuk pengambilan gambar indoor. Teknologi yang ada memungkinkan terjadinya kombinasi yang apik antara cahaya kuning dan putih untuk memproduksi hasil gambar yang menunjukkan warna nyata.

Setelah melihat beberapa cara di atas, keraguan yang ada tidak perlu lama-lama hinggap. Maksimalkan flash yang ada, dan abadikan momen untuk hasil foto terbaik.

0 comments