NOW READING

Canon EOS M5, Sang Mirrorless Berjubah DSLR

 3167
+
 3167

Canon EOS M5, Sang Mirrorless Berjubah DSLR

by The Daily Oktagon
  • Canon menyebut EOS M5 adalah seri mirrorless yang berbeda dari kamera pesaing sekelasnya.
  • EOS M5 memiliki desain ala DSLR, hanya saja ukurannya lebih kecil dibanding bodi kamera DSLR pada umumnya.
  • Meninjau lebih dekat desain dari bodi EOS M5, kesan DSLR yang khas begitu terpancar dari setiap lekuk dan aksen bodinya.

Keseriusan Canon menggarap seri mirrorless semakin dibuktikan dengan seri kamera terbaru yang diluncurkan di Tanah Air belum lama ini, EOS M5.

Ya, EOS M5 adalah kamera mirrorless teranyar Canon yang diperkenalkan lebih dulu pada ajang Photokina di Jerman, September 2016.

Hadirnya EOS M5 sebetulnya dinilai sebagai gebrakan bisnis kamera Canon. Sebab, lini produk kamera Canon lebih dikenal karena seri DSLR-nya.

Meski begitu, vendor asal Jepang tersebut tetap optimistis bahwa penerus dari EOS M3 dan EOS M10 ini tetap akan mencaplok pasar mirrorless yang lebih besar.

Canon mengklaim, EOS M5 adalah seri mirrorless yang berbeda dari seri mirrorless Canon dan kamera pesaing sekelasnya. Pasalnya, EOS M5 memiliki desain ala DSLR, hanya saja ukurannya lebih kecil dibanding bodi kamera DSLR pada umumnya.

EOS M5 sendiri sudah dijual resmi di Indonesia dengan kisaran harga mulai Rp 14,2 juta. Ada sejumlah fitur yang patut diunggulkan Canon pada seri mirrorless-nya yang satu ini. Kali ini The Daily Oktagon akan melakukan unboxing Canon EOS M5.

Kesan Pertama

Boks penjualan Canon EOS M5 memiliki desain khas Canon secara umum seperti yang terkemas pada kamera-kamera lainnya.

Ukurannya juga tak terlalu besar, sama seperti boks penjualan saudara pendahulunya, EOS M3 dan EOS M10. Canon melabeli segel penutup di bagian atas boks penjualan yang berfungsi sebagai pengaman.

eos 1

 

Saat membuka isi boks, kami mendapatkan beberapa produk, mulai dari unit bodi kamera EOS M5, lensa Canon Zoom EF-M 15-45mm, tali strap kamera, kabel adaptor, kabel USB, baterai serta perangkat pengisi hingga buklet manual dan kartu garansi.

Semua item terbungkus rapih dengan plastik dan bubble wrap. Cara Canon meletakkan masing-masing item juga apik dan tepat sehingga tidak boros ruangan.

Intip ulasan mirrorless dengan harga menggoda di sini

Untuk boks penjualan seukuran EOS M5, kami nilai cukup baik karena Canon juga memikirkan fungsi ruang pada masing-masing barang yang diletakkan, tidak terlalu longgar dan tidak juga sempit.

Biasanya, kebanyakan vendor kamera luput memerhatikan ruang penyimpanan item di boks penjualan kamera. Alhasil, ketika membawa boks penjualan, akan ada beberapa item yang terasa ‘terlempar’ di dalam boks, karena tidak tersimpan rapat akibat ruang yang terlalu longgar.

eos 2

Bodi EOS M5 terasa begitu ringan saat kami pertama kali memegangnya tanpa lensa. Wajar saja, mengingat mirrorrless biasanya mengusung bodi yang lebih ringan ketimbang DSLR.

Namun, setelah dipasangkan lensa Canon Zoom EF-M 15-45mm, barulah bodi terasa sedikit lebih berat, meski tidak seberat EOS 80D yang diklaim sebagai versi ‘bongsor’ dari EOS M5.

Memegang kamera ini dengan satu tangan pun tak jadi masalah karena tetap dapat fungsional dan praktis untuk dibawa kemana-mana.

Desain Khas DSLR

Ketika kami kembali meninjau lebih dekat desain dari bodi EOS M5, kesan DSLR yang khas begitu terpancar dari setiap lekuk dan aksen bodinya.

Terlebih, kamera ini memiliki ‘punuk’ khusus seperti yang ada di kamera DSLR. Aksen khas DSLR terasa kuat jika melihat EOS M5 dari bodi tampak depan, hanya saja bodi bagian depan ini kami nilai lebih minimalis.

eos 3

eos 4

Bodi bagian belakang EOS M5 juga dipadati dengan sejumlah tombol navigasi dan sebuah layar LCD touchscreen. Jika dilihat di bagian atasnya, ada Electronic Viewfinder (EVF) yang ternyata adalah ‘punuk’ dari EOS M5. EVF pada kamera ini memiliki resolusi 2,3 titik dengan panel OLED.

Simak profil kamera mirrorless format medium yang  diklaim pertama di dunia

Sementara layar LCD touchscreen yang ada di belakang kami nilai cukup besar untuk seukuran seri mirrorless. Namun ini kembali lagi ke preferensi pengguna, mengingat ada yang suka dengan layar LCD berukuran besar, serta ada pula yang lebih nyaman dengan layar LCD kecil.

Terlepas dari semua itu, layar berukuran 3,2 inci ini sudah mengusung resolusi 1,6 juta titik yang dapat diputar ke atas 85 derajat dan ke bawah sebanyak 180 derajat.

eos 5

Sekadar informasi, EOS M5 memiliki spesifikasi yang hampir sama dengan EOS 80D. Kecepatan autofokus kamera ini juga kami nilai andal, semua tentu berkat teknologi Dual Pixel CMOS AF yang sebetulnya sudah lebih dulu ada di kamera-kamera DSLR Canon lain.

Untuk sensor kamera, EOC M5 memiliki sensor CMOS APS-C dengan resolusi 24,2 MP dan prosesor gambar Digic 7. Rentang ISO-nya berkisar dari 100 hingga 25.600, sedangkan sistem autofokus sudah memakai Dual Pixel dan 49 titik cross autofocus.

Canon EOS M5 juga mengandalkan Bluetooth sebagai koneksi nirkabel selain Wi-Fi. Jadi, kamera ini bisa dioperasikan lewat ponsel dan pengguna tak perlu khawatir akan kehabisan daya baterai.

Sebuah pilihan baru yang cukup menggoda, terutama bagi Anda yang mencari mirrorless dengan kemampuan yang makin berkualitas.

Simak artikel ini untuk kiat-kiat ketika ingin membeli kamera mirrorless

0 comments