NOW READING

Canon EOS 77D, Kamera Profesional dengan Teknologi Pintar

 164
+
 164

Canon EOS 77D, Kamera Profesional dengan Teknologi Pintar

by The Daily Oktagon
  • Canon EOS 77D merupakan kamera baru yang masuk jajaran kamera DSLR Canon.
  • Body yang kokoh dan dilapisi kulit mengurangi kemungkinan terlepas karena licin saat digenggam.
  • Sudah dilengkapi dengan teknologi terbaru seperti wi-fi dan bluetooth untuk mempermudah konektivitas.

Pada semester pertama tahun 2017 ini, Canon baru saja menambahkan kamera terbarunya yang diberi nama Canon EOS 77D. Sebuah nomor seri yang unik tentunya jika melihat catatan nomor seri kamera Canon sebelumnya, tapi di beberapa negara kamera ini diberi nama EOS 9000D. Kehadirannya berada di antara kamera EOS 800D dan juga EOS 80D dalam jajaran line up kamera DSLR keluaran Canon.

Dalam kamera terbaru ini Canon menambahkan fitur-fitur khusus yang semakin canggih dibandingkan dengan para pendahulunya. Penambahan fitur tersebut membuktikan bahwa Canon terus berinovasi dan mengikuti perkembangan teknologi agar produk mereka lebih nyaman digunakan. EOS 77D juga telah mengakomodir agar bisa terhubung dengan internet sehingga dapat dikatakan EOS 77D masuk ke dalam kategori kamera pintar.

 

Terlindung Dengan Baik

Gambaran dari bodi kamera Canon EOS 77D sudah terlihat dari cover kotak kamera tersebut. Kotak berukuran sedang dan berwarna putih ini memuat informasi tentang kamera seri terbaru ini pada bagian kanan kotak dengan warna dasar merah. Selain itu, kotak ini juga menampilkan gambar tampak atas dan tampak samping dari EOS 77D yang sesuai dengan posisi cover.

Setelah dibuka, terdapat buku manual dan garansi yang ada di dalam bubble wrap sehingga bagian dalamnya terlindung dari sesuatu yang bisa merusak. Setelah cover kedua dibuka, bagian-bagian EOS 77D tersusun rapi dan seluruh bagiannya masih terlindung dengan bubble wrap. Berbeda dengan unit utama, pengisi daya terbungkus dengan plastik biru.

Tali kamera terbungkus rapi di plastik yang berdampingan dengan baterai. Lensa dari EOS 77D terbalut bahan yang serupa dengan pelindung buku manual dan bodi EOS 77. Penggunaan bubble wrap dihampir seluruh bagian sanggup melindungi unit agar tahan dari benturan yang tak diinginkan.

 

Bodi Kokoh

Setelah unit utama dibuka, kesan mewah dari EOS 77D tampak dari bentuknya yang handy dan dilapisi dengan kulit. Selain itu, kesan ramping terlihat di sini karena bodinya sedikit lebih kecil dibandingkan dengan EOS 80D. Hal ini membuat EOS 77D tetap nyaman digenggam dalam jangka waktu yang cukup lama.

Saat lensa sudah terpasang, Canon EOS 77D semakin terlihat gagah seperti siap untuk digunakan di berbagai medan. Kemudahan dan fleksibilitas dari unit ini juga bisa dirasakan saat LED monitor kamera dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Tampilan pengaturan digital juga terlihat pada bagian atas kamera sehingga pengaturan kamera dapat lebih mudah disesuaikan saat menggunakannya.

Unit yang dirilis April 2017 lalu ini memiliki resolusi yang cukup besar, yaitu 24,2 megapiksel. Selain akan menghasilkan gambar yang jelas dan detail, resolusi sebesar itu sudah mampu untuk merekam video dengan kualitas full HD . Penambahan fitur dual pixel akan meningkatkan kualitas gambar dan video agar lebih cepat disimpan dan lebih halus saat diproses dan ditampilkan.

 

Smart Camera

Canon EOS 77D dilengkapi dengan WiFi yang dapat terhubung dengan smartphone. Untuk mengaksesnya terdapat tombol bergambar sinyal WiFi yang terdapat pada bagian belakang kanan kamera. Fitur konektivitas Near Field Communication (NFC), yaitu menghubungkan 2 alat dengan cara didekatkan, juga tersedia dalam unit ini. Namun perlu diketahui, fitur NFC hanya kompatibel dengan sistem operasi Android.

Tidak hanya WiFi, Canon EOS 77D ini juga sudah terpasang Bluetooth versi 4.1. Bluetooth ini akan berguna untuk transfer data sebagai pengganti WiFi sehingga kamera bisa tetap terhubung dengan laptop dan memindahkan data tanpa koneksi internet. Sebagai informasi, Bluetooth yang ada pada unit ini merupakan versi dengan tingkat konsumsi energi yang rendah sehingga tidak mengganggu operasional penggunaan kamera.

Pengolahan data gambar dan video menggunakan laptop atau PC juga sudah dimungkinkan. Unit terbaru ini sudah mendukung sistem operasi untuk Windows dan Macintosh sehingga akan lebih mudah untuk digunakan. Ada pun sistem operasi yang mendukung seri ini adalah Windows 7 hingga Windows 10 dengan tambahan Microsoft .NET Framework 4.5 yang sudah dipasangkan pada laptop atau PC Anda. Sementara itu, untuk Macintosh adalah Mac OS 10.9 hingga 10.12.

 

Banyaknya fitur dengan teknologi terbaru pada unit EOS 77D ini membuat konektivitas dari kamera ke gadget yang dimiliki akan semakin mudah. Kelengkapan dari produk terbaru Canon tersebut juga akan semakin membuktikan bahwa Canon selalu berkembang dan mengikuti kondisi dunia digital seperti sekarang ini. Langkah ini dapat dikatakan merupakan langkah yang cerdas dan bisa dijadikan sebagai ciri khas dari produk Canon di antara produk lainnya.

0 comments