NOW READING

Canon EOS-1D X Mk II Kamera untuk Videografer Profesional

 1529
+
 1529

Canon EOS-1D X Mk II Kamera untuk Videografer Profesional

by The Daily Oktagon

Butuh waktu kurang lebih lima tahun bagi Canon untuk merilis seri terbaru kamera DSLR flagship-nya, EOS-1D X. Seri pertama EOS-1D X pertama kali diperkenalkan pada Oktober 2011, namun baru dipasarkan pada Maret 2012. Tahun ini, Canon meluncurkan penerusnya bernama EOS-1D X Mk II.

Kamera Pro yang Bongsor

Seperti tradisi selama ini, kamera profesional besutan Canon senantiasa memiliki bodi yang bongsor. Bobotnya pun mencapai 1,5 kg termasuk baterai dan cap penutupnya. Bobot ini jelas tidak diperuntukkan bagi pemula, karena memegangnya saja membutuhkan kestabilan ekstra. Namun, ada segmen khusus yang disasar. The Daily Oktagon menargetkan Canon EOS-1D X Mk II kamera untuk videografer profesional. Mengapa demikian? Langsung simak artikelnya.

eos-1d-x-mk-ii-01

Desainnya masih mirip seperti seri EOS-1D sebelum-sebelumnya, yakni dengan bentuk kotak. Canon EOS-1D Mk II memiliki layar LCD dengan panel TFT berdimensi 3,2 inci. Sementara itu, di bawah layar tersebut juga ada satu layar monokrom lain berbentuk persegi panjang. Fungsinya menampilkan informasi mode atau konfigurasi yang sedang Anda gunakan.

Bodi Magnesium Alloy yang Kokoh

Meski tergolong berat dengan bobot 1,5 kg, Canon EOS-1D X Mk II sudah menggunakan material dasar magnesium alloy. Material ini ditujukan agar pengguna bisa mengoperasikan dengan tenang dan nyaman meski berada di area dengan kondisi cuaca cukup ekstrem.

eos-1d-x-mk-ii-02

Selain bodi kokoh, Canon EOS-1D X Mk II juga memiliki tombol shutter yang nyaman. Sudah suatu keharusan karena tombol ini adalah bagian yang paling sering disentuh dari sebuah kamera. Tombol ini sendiri terbuat dari carbon-fiber dan dirancang bisa bertahan hingga 400 ribu kali penggunaan hingga akhirnya fungsi dan responsivitasnya mulai menurun.

Sebelum lanjut, simak ulasan menarik berikut, Ini Kamera Mirrorless yang Jadi Masa Depan Industri Fotografi

Menonjol untuk Videografi

Saat ini fungsi d sebasaruah kamera DSLR mulai bergeser. Kamera DSLR tak melulu digunakan untuk memotret, tapi juga merekam video. Peningkatan dari sisi video inilah yang paling kentara pada Canon EOS-1D X Mk II. Kamera ini menggunakan prosesor setingkat di atas EOS-1D X, yaitu Dual Digic 6+. Sementara untuk memotret, resolusi yang ditawarkan tidaklah wah dengan resolusi 20,2 MP saja. Hanya meningkat 2 MP dari EOS-1D X yang punya resolusi 18 MP.

Untuk kebutuhan video, Canon EOS-1D X Mk II membawa perbaikan signifikan. Dengan image processor yang lebih tinggi, kamera ini pun mampu merekam video dengan format dan standar masa depan. Setidaknya, Anda bisa merekam video slow-motion 120 FPS dengan resolusi maksimal 1.920 x 1.080 piksel.

eos-1d-x-mk-ii-05

Sedangkan resolusi perekaman tertingginya adalah 4K dengan 60 FPS. Kecanggihannya juga tercermin dari kemampuannya memotret burst hingga 16 frame per detik bahkan ketika menggunakan mode live view. Namun tentu aja Anda harus menggunakan lensa, baterai, dan jenis kartu memori yang mendukung.

Saat merekam video dengan resolusi tertinggi (4K), Anda bisa mengatur konfigurasi ISO hingga 12.800. Sementara pada resolusi full HD 1.920 x 1.080 piksel, ISO yang bisa digunakan lebih tinggi lagi, yakni 25.600. Dengan begitu, Canon EOS-1D X Mk II andal untuk menangkap momen di tempat cenderung gelap dengan noise seminimal mungkin.

Baterai Kompatibel dengan Versi Lama

Apabila Anda adalah pengguna Canon EOS-1D X yang memiliki lebih dari satu baterai kit dan ingin upgrade menggunakan EOS-1D X Mk II, Anda bisa menggunakan baterai lama. Pasalnya EOS-1D X Mk II bisa menampung baterai jenis Canon LP-E4 dan Canon LP-E4N. Hanya saja ketika menggunakan baterai ini, kecepatan burst shot berkurang dari 16 frame per detik menjadi hanya 14 frame per detik. Adapun jenis baterai aslinya adalah Canon LP-E19.

eos-1d-x-mk-ii-04Selain baterai, slot kartu memori yang disediakan juga masih sama. Canon EOS-1D X Mk II menyediakan dua slot memori. Slot pertama bisa Anda isi dengan kartu CompactFlash dan slot kedua bisa diisi dengan kartu CFast yang juga mendukung CFast 2.0.

Dengan segala peningkatan spesifikasi dan fitur yang dibawanya, Canon EOS-1D X Mk II dibanderol dengan harga yang tidak jauh berbeda dari seri sebelumnya. Harganya dipatok US$ 5.999 atau Rp 80 juta. Harga tersebut berlaku untuk unit BO alias body only tanpa lensa. Jadi, Anda harus siapkan dana cukup besar untuk bisa membawa pulang kamera ini.

Baca juga, Kenalan Lebih Dekat dengan Fuji X-T10

0 comments