smartphone layar lipat
NOW READING

Bukan Samsung atau Apple, Ini Dia Smartphone Layar Lipat Pertama di Dunia

 484
+
 484

Bukan Samsung atau Apple, Ini Dia Smartphone Layar Lipat Pertama di Dunia

by The Daily Oktagon

Informasi mengenai akan munculnya smartphone layar lipat sudah berhebus sejak lama. Dari yang awalnya sekedar rumor, ternyata beberapa vendor smartphone serius menggarap smartphone berlayar lipat. Seperti Samsung, Apple, LG, Lenovo hingga OPPO yang sudah bersiap meluncurkan seri smartphone layar  lipat. Bahkan sudah ada beberapa penampakan smartphone layar lipat buatan vendor-bendor besar tersebut.

Tapi tiba-tiba ada sebuah smartphone layar lipat terbaru yang belum lama ini resmi diperkenalkan ke publik. Smartphone tersebut yaitu FlexPai yang diam-diam menyalip smartphone buatan vendor besar. FlexPai pun akhirnya dinobatkan sebagai smartphone layar lipat pertama di dunia.

Adalah Royole Corporation, sebuah perusahaan berbasis di Shenzen, Cina, yang membuat smartphone FlexPai. Vendor ini memang kurang dikenal dibandingkan vendor lainnya yang sudah punya nama besar.

Baca juga : Samsung Galaxy X Bakal jadi Smartphone Layar Lipat Pertama

FlexPai memiliki desain mirip smartphone masa kini. Yaitu dengan layar sentuh luas yang mendimonasi sisi depan. Namun bedanya bodi dan tentunya juga layar smartphone ini dilipat dan direntangkan kembali.

Ketika bentuk FlexPai dalam posisi direntangkan, smartphone ini memiliki layar sentuh berukuran luas yaitu 7,8 inch. Bisa dibilang layar sebesar itu lebih mendekati kepada perangkat tablet. Ketajaman layarnya mencapai  resolusi 1.920 x 1.440 pixel.

smartphone layar lipat

Ketika smartphone ini dilipat, maka akan terlihat memiliki tiga bagian layar, yaitu di bagian depan, belakang, dan di sisinya. Royole Corporation mengklaim FlexPai sudah melalui sejumlah uji ketahanan, termasuk pengujian ketahanannya saat dilipat dan direntangkan sampai 200 ribu kali tanpa masalah. Sama dengan smartphone saat ini, FlexPai juga mengadopsi OS Android.

Selain memiliki desain layar lipat, keunggulan lain dari FlexPai yaitu sudah disokong prosesor keluaran terbaru. Yaitu  prosesor 7nm buatan Qualcomm yang bernama Snapdragon 8150. Bahkan ini menjadi smartphone pertama di dunia yang mengusung prosesor Snapdragon 8150.

Baca juga : Ikuti Samsung dan Lenovo, Apple Siapkan iPhone dengan Layar Lipat

Dimana prosesor Snapdragon 8150 buatan Qualcomm ini belum secara resmi diperkenalkan. Rencanaya prosesor Snapdragon 855 baru akan diluncurkan oleh Qualcomm pada Desember 2018 mendatang. Salah satu fitur unggulan dari prosesor ini yaitu dibuat dengan pabrikasi 7nm dan dukungan jaringan 5G.

Saat ini baru dijual secara resmi di Cina. Di mana smartphone layar lipat ini dijual dengan harga mulai USD 1.290 atau setara Rp 19 jutaan, hingga harga USD 1.863 atau senilai Rp 28 jutaan. Perbedaan harga ini tergantung dari besarnya pilihan besarnya kapasitas memori. Royole selaku vendior pembuat FlexPai mengumumkan akan menjual smartphone ini pertama kali di Cina secara flash sale mulai November 2018.

0 comments