NOW READING

Blackphone 2, Smartphone Android dengan Fitur Keamanan Ekstra

 3741
+
 3741

Blackphone 2, Smartphone Android dengan Fitur Keamanan Ekstra

by The Daily Oktagon

Sistem operasi Android terkenal rawan. Wajar saja, Android adalah OS open source yang bebas digunakan siapa saja, bebas dikustomisasi, dan yang pasti, harganya murah.

Ketika kebanyakan smartphone Android tidak menawarkan keamanan ekstra, SGP Technologies justru menciptakan produk yang diklaim memiliki tingkat keamanan di atas segalanya. SGP Technologies adalah gabungan dari dua perusahaan hardware dan software, yaitu GeeksPhone dan Silent Circle. Sementara itu, Blackphone 2 yang produknya akan kita ulas adalah suksesor dari seri sebelumnya, Blackphone.

Nah, The Daily Oktagon kali ini mengajak Anda untuk mengulik Blackphone 2, smartphone dengan fitur keamanan ekstra. Seperti apa menariknya? Langsung saja baca artikel berikut.

Android Plus-plus

Sekilas, tidak ada yang mencolok dari smartphone ini, kecuali desainnya yang agak misterius dengan dominasi warna hitam. Saat menggunakannya, Anda pasti sudah langsung tahu bahwa device ini menggunakan OS Android. Memang benar, OS yang digunakan adalah Android, tapi sudah dimodifikasi dan dinamakan SilentOS.

blackphone-2

SilentOS ini berbasis Android 5.1 Lollipop. Tampilan menu-menunya standar khas Android pada umumnya. Nilai plus yang ditawarkan SilentOS adalah keamanan. Secara garis besar, Blackphone 2 menawarkan keamanan berupa enkripsi data, baik saat telepon, SMS, atau mengirim e-mail.

Pencinta device Android wajib baca yang satu ini, ASUS ZenFone 2 Deluxe Special Edition, Smartphone Rasa PC

Cara Kerja Fitur Keamanan

Ketika Anda menelepon, sambungan akan dienkripsi terlebih dahulu, sehingga tidak bisa bocor apalagi disadap oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Begitu pun saat mengirim SMS, pesan akan melewati server Blackphone terlebih dahulu untuk dienkripsi, lalu dikirim ke penerima.

Pertanyaannya, apakah seluruh telepon dan SMS akan selalu terenkripsi secara otomatis? Tentu tidak. SilentOS juga menyediakan fungsi telepon dan SMS biasa jika Anda merasa tak perlu mengamankan komunikasi yang Anda lakukan dengan orang lain.

spaces-blackphone-2

Menariknya, SIlentOS menawarkan beberapa tingkat keamanan yang bisa Anda pilih. Anda pun bisa menggunakan dua mode yang berbeda secara terpisah, masing-masing untuk kebutuhan pekerjaan dan kebutuhan personal harian. Dengan demikian, tingkat keamanan bisa diatur sesuai kebutuhan.

Antisipasi Segala Tindak Kejahatan

Fitur keamanan yang ditawarkan ternyata tidak hanya sampai di situ saja. Bahkan, jika apes kehilangan smartphone ini, Anda pun masih bisa menjaga privasi data-data di dalamnya.

SilentOS menawarkan fitur bernama Remote Wipe. Melalui fitur ini, Anda bisa menghapus seluruh data di smartphone secara remote alias jarak jauh.

remote-wipe-blackphone-2

Sebelumnya, pastikan Anda sudah melakukan registrasi terlebih dahulu agar smartphone terdaftar di server Blackphone. Anda [un bisa mengontak smartphone kapan pun dan menghapus segala isinya ketika terjadi kehilangan.Menarik, kan?

Bukan untuk Penggemar Game

Dari sisi software, SilentOS menawarkan keunikan dan keamanan ekstra yang sekaligus menjadi pembeda Blackphone 2. Tapi dari sisi hardware, smartphone ini belum bisa dikatakan setara dengan produk premium. Sebabnya, masih sangat bayak produk dengan spesifikasi yang jauh lebih tinggi.

Performa komputasi Blackphone 2 ditunjang prosesor Octa-core Qualcomm Snapdraon 615 dengan RAM 3 GB. Layarnya 5,5 inci beresolusi full HD. Untuk memotret, ada kamera utama 13 MP dan kamera depan 5 MP. Segala spesifikasi di atas bisa Anda tebus dengan dana sebesar US$ 649 atau Rp 9 juta.

Target Pengguna

Dengan tingkat keamana yang begitu tinggi, tentu produk ini pantas digunakan oleh orang-orang spesial. Misalnya, sebut saja petinggi perusahaan yang tidak ingin data atau percakapan rahasia dengan rekan bisnis diketahui oleh kompetitor. Atau, karyawan pemerintah yang kerap berurusan dengan komunikasi terkait rahasia negara.

Yuk, baca juga review menarik ini, ZUK Z1, Pendatang Baru dengan Kualitas Kelas Atas

0 comments