NOW READING

Bersiaplah, Google Akan Memberikan WiFi Gratis untuk Indonesia

 1041
+
 1041

Bersiaplah, Google Akan Memberikan WiFi Gratis untuk Indonesia

by The Daily Oktagon
  • Fasilitas WiFi gratis yang disediakan oleh Google akan bernama Google Station.
  • Pada tahap awal, WiFi gratis ini nantinya akan disebar ke seratus lebih titik di pulau Jawa dan Bali
  • Google memberikan fasilitas ini karena penetrasi internet yang tinggi di Indonesia.

Perusahaan teknologi raksasa Google nampaknya akan memberikan hadiah kepada Indonesia dalam waktu dekat ini. Hadiah yang akan diberikan merupakan akses WiFi gratis.

WiFi gratis dari Google ini nantinya akan meningkatkan konektivitas di antara masyarakat dan juga meningkatkan literasi digital kepada masyarakat Indonesia.

Program ini merupakan program lanjutan yang sebelumnya sudah diterapkan di India pada 2016 silam. Google memberikan WiFi gratis pada hotspot yang ada di beberapa lokasi. Tempat yang diberikan hotspot gratis oleh Google sebagian besar merupakan fasilitas umum dan tempat yang sering dijadikan orang untuk menunggu transportasi ataupun ruang publik.

Foto: Google.com

Bernama Google Station

Tempat untuk mengakses WiFi gratis yang disediakan Google ini bernama Google Station. Ke depannya, Google Station akan diletakkan di stasiun kereta, kampus-kampus, dan tempat umum lainnya. Google Station menyediakan internet dengan kecepatan yang cukup tinggi agar para penggunanya bisa menggunakannya dengan nyaman.

Google mengembangkan mobil otomatis dengan fitur yang luar biasa. lihat infonya di sini.

Tujuan utama dibuatnya Google Station, selain melebarkan pasar mereka, adalah untuk mempermudah dan meningkatkan traffic penggunaan internet di Indonesia. Selain itu, hadirnya Google Station akan memberikan kesempatan untuk orang yang ‘tidak mampu’ merasakan manfaat kehadiran internet. Google Station juga akan memberikan edukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan internet.

Foto: Google.com

Ratusan Titik

Sebagai langkah awal, Google akan memasang ratusan Google Station di pulau Jawa, termasuk ibukota Jakarta. Tidak hanya pulau Jawa, pulau Bali nantinya juga akan diberikan Google Station karena sebagai salah satu konsentrasi kegiatan pariwisata di Indonesia. Pemasangan Google Station ini rencananya akan dilaksanakan hingga 12 bulan ke depan.

Google telah bekerja sama dengan penyedia internet atau Internet Service Provider (ISP) lokal untuk membantu merealisasikan rencana ini. ISP yang bekerja sama dengan Google untuk menjalankan proyek ini adalah CBN dan FiberStar. Saluran yang digunakan untuk memberikan akses internet dari Google Station adalah serat optik dan WiFi karena dianggap lebih optimal dan stabil.

Foto: Google.com

Penetrasi Internet yang Tinggi

Menurut Bussines Insider, langkah yang dilakukan Google ini ternyata berasal dari sebuah data yang menunjukkan penetrasi internet di Indonesia sangatlah tinggi dibandingkan negara-negara lainnya. Tingkat penetrasi internet di Indonesia mencapai 51% hanya dalam satu tahun. Angka ini terbesar dibandingkan sembilan negara lain, di antaranya Filipina dan Mexico dengan 27%, India dengan tingkat penetrasi 23%, dan Thailand sebesar 21%.

Tingginya penetrasi internet di Indonesia secara tidak langsung akan meningkatkan pemasaran dan penjualan produk mereka. Di samping itu, internet gratis yang disediakan Google Station akan membuat para pengguna memiliki kemudahan untuk mengakses situs-situs yang mereka butuhkan. Harapannya, kesadaran dan keterlibatan pengguna mengenai Google akan terbangun saat menggunakan fasilitas yang diberikan.

Bentuk Google Pixel 2 Bocor, lihat di sini.

WiFi gratis yang akan disediakan oleh Google harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat. Namun, pemerintah harus tetap mengawasi hadirnya WiFi gratis yang sudah disediakan agar tidak disalahgunakan oleh masyarakat sehingga masyarakat tetap aman dan teredukasi dengan hadirnya WiFi gratis dari Google ini.

0 comments