NOW READING

Berkreasi Ciptakan Foto dan Video 360 dengan Ricoh Theta S

 4322
+
 4322

Berkreasi Ciptakan Foto dan Video 360 dengan Ricoh Theta S

by The Daily Oktagon

Jika Anda ingin menggunakan action camera dari sisi yang lebih ekstrem, cobalah Ricoh Theta S. Device yang satu ini bisa mengabadikan momen berharga dengan cara yang lebih gila. Pasalnya, Ricoh Theta S bukan action camera biasa, melainkan bisa merekam video 360 derajat.

Artikel ini membahas serunya berkreasi ciptakan foto dan video 360 dengan Ricoh Theta S. Simak ulasan menarik berikut!

Sebelum mencoba, pelajari teknik foto berikut, Ingin Mencoba Foto Unik? Cobalah Teknik 360 Photography

Ringan dan Portabel, Mendukung Penggunaan Tripod

Syarat utama action camera agar dapat nyaman digunakan adalah harus memiliki bentuk yang compact. Begitu pun dengan Theta S, produk satu ini memiliki desain kecil memanjang seperti alat perekam suara. Dimensinya yakni 4,5 x 13 sentimeter dan masih cukup nyaman digenggam serta disimpan dalam saku celana, karena terasa ramping. Sementara bobotnya sendiri hanya 125 gram.

ricoh-theta-s

Sama halnya dengan kebanyakan action camera, Ricoh Theta S bisa digunakan dengan cara dipegang menggunakan tangan. Jika ingin hasil video lebih baik, Anda bisa menggunakan tripod universal. Mounting-nya ditempatkan di sisi bawah kamera, bersebelahan dengan port microUSB dan microHDMI.

Disertai Indikator Tanpa Viewfinder

Ketika merekam atau memotret untuk pertama kali, mungkin Anda akan bingung karena action cam ini tidak dilengkapi viewfinder. Namun, Ricoh menyediakan beberapa indikator berupa ikon yang dapat menyala di sekujur bodi Theta S. Setidaknya indikator tersebut dapat menjadi patokan bagi pengguna untuk mengoperasikan Theta S.

ricoh-theta-s-02

Ricoh juga menyediakan aplikasi khusus yang bisa Anda gunakan untuk memudahkan penggunaan kamera. Aplikasi tersebut bernama Ricoh Theta S yang tersedia untuk platform iOS dan Android. Sama halnya aplikasi pendukung pada GoPro atau Xiaomi Yi, aplikasi Ricoh Theta S berfungsi memudahkan Anda melakukan konfigurasi, seperti pengaturan resolusi, speed, dan lainnya.

Ketika hendak memotret foto, aplikasi tersebut dapat menampilkan live view yang bisa dilihat secara 360 derajat. Namun, saat merekam video, live view tidak dapat ditampilkan. Foto maupun video yang baru saja Anda ciptakan bisa langsung dikirim menuju smartphone maupun diuanggah dan disimpan ke website theta360.com.

Senjata Utama Berupa Dua Kamera

Seperti yang diulas di awal artikel, Ricoh Theta S dapat menciptakan foto dan video 360 derajat. Ya, action camini tentu bisa digunakan untuk memotret foto 360 derajat seperti yang biasa ada di Google Maps atau pun video 360 derajat pada YouTube. Rahasianya adalah, dua buah kamera yang ditempatkan di kedua sisi Ricoh Theta S.

Kedua kamera tersebut memiliki angle yang sangat luas, serta dapat bekerja secara bersamaan. Sehingga, ini dapat menangkap seluruh area. Kameranya menggunakan sensor CMOS 12 MP dengan aperture f/2.0, namunoutput foto yang dihasilkan beresolusi 14 MP.

ricoh-theta-s-03

Sedangkan untuk merekam video, Ricoh Theta S dapat menciptakan video 360 derajat dengan resolusi maksimalfull HD selama sekitar 25 menit. Hasil foto dan video dapat disimpan di memori internal 8 GB miliknya. Sayang, Ricoh belum menyediakan slot microSD.

Saat menggunakan mode auto, shutter speed kamera bekerja otomatis dengan rentang kecepatan 1/6400 hingga 1/8 detik. Sementara ISO bisa diatur otomatis antara ISO 100 hingga ISO 1600. Sedangkan saat menggunakan mode manual, Anda bisa menggunakan shutter speed mulai dari 1/6400 detik hingga 60 detik. Saat ini, Ricoh Theta S dijual seharga US$ 349 atau Rp 4,8 juta.

Hasil Gambar Menggunakan Ricoh Theta S

Pencinta action camera wajib baca artikel ini, Empat Action Camera Underwater yang Wajib Dicoba

0 comments