NOW READING

Berkenalan dengan Xiaomi Mi Band Pulse

 2851
+
 2851

Berkenalan dengan Xiaomi Mi Band Pulse

by The Daily Oktagon

Bicara soal fitness tracker, nama brand yang muncul pertama kali dalam benak kita mungkin adalah Fitbit, Jawbone, atau Pebble. Padahal, ada satu brand penting yang kini tengah mendunia. Apa lagi kalau bukan pabrikan asal Tiongkok, Xiaomi yangjug punya sebuah fitness tracker andal bernama Mi Band.

Fitur lengkap dan harga terjangkau, formula tersebut sepertinya berhasil membuat Xiaomi Mi Band mendulang sukses besar. Buktinya, hanya dalam waktu setahun, Xiaomi berhasil memasarkan lebih dari enam juta unit Mi Band secara global.

Kini setahun lebih sudah berlalu, dan Xiaomi merasa sudah waktunya bagi mereka untuk memperkenalkan fitness tracker generasi teranyar. Artikel ini mengajak Anda berkenalan dengan Xiaomi Mi Band Pulse, device teranyar mereka.

Bagi Anda pencinta smartwatch, wajib baca artikel ini, Mengenal Alternatif Smartwatch Harga Terjangkau

Desain

Fisik Mi Band Pulse sepintas tampak sama seperti pendahulunya. Ia terdiri dari atas dua bagian terpisah, yaitu modul yang menyimpan seluruh sensor dan strap untuk mengamankan modul tersebut. Modulnya terbuat dari aluminium, sedangkan strap-nya terbuat dari material elastis yang diklaim ramah terhadap kulit, plus lebih tahan lama ketimbang milik pendahulunya. Kedua bagian ini tahan air dengan sertifikasi IP67.

xiaomi-mi-band-pulse-01

Dibandingkan Mi Band orisinil, ukuran modul Mi Band Pulse sedikit membesar, tepatnya 37 x 13,6 x 9,9 milimeter, dengan bobot 5,5 gram. Tapi, kalau dibandingkan fitness tracker lain, ia masih tergolong salah satu yang berwujud paling ringkas. Di saat yang sama, perangkat ini tetap pantas dipakai oleh pengguna laki-laki maupun perempuan.

Spesifikasi

Fitur Mi Band Pulse pun juga tidak banyak berubah, yakni tetap akan memonitor aktivitas fisik selama seharian penuh. Selanjutnya, secara otomatis dapat menjadi sleep tracker ketika Anda hendak terlelap. Namun, tentu saja masih ada fitur baru yang dibawanya, yaitu heart-rate monitoringYup, Xiaomi akhirnya punya fitness tracker yang dibekali sensor laju jantung.

Sensor optik ini diklaim punya akurasi setara dengan milik Apple Watch. Seluruh data yang dikumpulkan akan diteruskan ke smartphone via Bluetooth 4.0, baik Android maupun iOS. Kalau Anda memakai Android, Mi Band Pulse juga bisa meneruskan notifikasi panggilan telepon berupa getaran.

xiaomi-mi-band-pulse-02

Lebih istimewa lagi, kalau Anda memakai smartphone Xiaomi yang kompatibel, Anda bisa memanfaatkan Mi Band Pulse untuk membuka lock screen dengan cepat. Tentu, fiturnya dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin. Khususnya bagi Anda yang mengandalkan berbagai aktivitas melalui mobile device.

Salah satu fitur andalan lain dari Mi Band orisinil adalah daya tahan baterai. Hal itu sepertinya masih bisa dipertahankan, meskipun Mi Band Pulse kini mengemas sensor laju jantung. Menurut pengujian Xiaomi sendiri, Mi Band Pulse bisa bertahan selama 20 hari lebih sebelum perlu di-charge kembali.

Harga

Terakhir, dan yang bakal mengundang paling banyak perhatian adalah harga. Mi Band Pulse bakal dipasarkan seharga hanya US$ 15 atau Rp 206 ribu. Aspek harga ini yang membuatnya sejauh ini sangat sulit disaingi. Belum ada fitness tracker lain yang dilengkapi sensor laju jantung tapi dihargai semurah ini.

Sebagai perbandingan, Alcatel OneTouch Watch yang belum menekankan aspek fitness track harganya dibanderol di kisaran Rp 1,8 juta. Namun demikian, tentu saja pilihan kembali kepada Anda. Apakah menginginkan fitur lengkap, atau berfokus pada desain.

Buat yang tertarik, harap bersabar terlebih dulu. Xiaomi sejauh ini baru akan memasarkan Mi Band Pulse di negara asalnya, Negaeri Tirai Bambu. Sedangkan negara-negara lainnya menyusul.

Baca juga artikel berikut ya! Beragam Hal Menarik yang Bisa Anda Lakukan dengan Smartwatch

0 comments