NOW READING

Berkenalan dengan Teknologi Dolby di Smartphone

 11935
+
 11935

Berkenalan dengan Teknologi Dolby di Smartphone

by The Daily Oktagon

Sebelum era mobile device, telepon genggam biasa disebut ponsel atau handphone. Namun, seiring makin pintarnya dengan membawa banyak fungsi, maka sebutan ponsel berubah menjadi ponsel pintar atau smartphone. Selain berkomunikasi dengan cara telepon dan SMS, smartphone juga menawarkan fungsi multimedia atau entertainment.

Yang paling sederhana dan sering digunakan pada awalnya adalah untuk mendengarkan musik. Di era ponsel Symbian dari Nokia, fungsi dasarnya bertambah menjadi alat pemutar musik. Dengan dukungan file MP3 dan aplikasi pemutar musik terintegrasi, pengguna ponsel bisa mendengarkan musik favorit di mana saja dan kapan pun.

Atas fakta inilah muncul inisiatif untuk meningkatkan kualitas suara dari mobile device, khususnya smartphone. Dan bicara soal audio, maka nama Dolby lah yang akan muncul pertama kali. Dolby adalah teknologi untuk menghasilkan suara digital stereo maupun surround.

Teknologi Dolby pada umumnya digunakan di bioskop, namun kini juga hadir di smartphone. Beberapa produk yang sudah mendukung teknologi Dolby, antara lain Lenovo A6000, Lenovo A7000, HTC One M9, ZTE ZMAX, dan LG G4.

dolby-atmos-03

The Daily Oktagon kali ini mengajak Anda berkenalan dengan teknologi Dolby di smartphone. Seperti apa menariknya? Langsung saja simak artikel berikut.

Baca dulu artikel menarik ini, Masa Depan Autonomous Car yang Kian Cerah di Era Internet of Things

Bagaimana Dolby Bekerja di Smartphone?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Dolby adalah sebuah teknologi audio. Pada smartphone, Dolby bukanlah sebuah hardware berbentuk speaker. Ini mengacu pada optimisasi software audio yang ada pada sebuah smartphone. Artinya, device dengan teknologi Dolby maupun tanpa teknologi Dolby pada dasarnya memiliki speaker serupa.

Hanya saja, pada smartphone yang mendukung Dolby, kualitas suara yang dihasilkan biasanya lebih baik dan rinci. Untuk menikmati suara lebih baik, Anda wajib mengaktifkan teknologi Dolby melalui aplikasi khusus bernama Dolby yang disertakan di smartphone.

dolby_atmos_02

Ketika diaktifkan, teknologi Dolby bisa membuat suara seolah-olah terdengar surround atau keluar mengelilingi telinga kita layaknya menonton film di bioskop. Teknologi Dolby juga dapat merekayasa suara dengan beragam situasi atau kondisi. Contohnya seperti suara di dalam kamar mandi, di atas panggung konser musik, dan sebagainya.

Selain itu, smartphone dengan teknologi Dolby biasanya juga didukung equalizer yang berfungsi mengatur dan menyesuaikan musik dengan genre yang semestinya. Beberapa menu equalizer yang disertakan biasanya meliputi rock, pop, jazz, R ‘n B, dance, bass, dan lainnya.

dolby-smartphone-01
Lebih Optimal Menggunakan Headset

Banyak yang merasa kecewa dengan teknologi Dolby pada smartphone dengan membandingkan Dolby di bioskop. Dimensi speaker di smartphone jelas jauh lebih kecil dibandingkan speaker bioskop. Jumlahnya pun biasanya hanya satu. Maka sudah sewajarnya jika Anda tidak bisa membedakan dan merasakan kualitas suara smartphone dengan atau tanpa Dolby.

Setelah menjajal beberapa smartphone dengan teknologi Dolby, kami bisa menyimpulkan bahwa teknologi Dolby sejatinya lebih terasa ketika kita mendengarkan musik menggunakan headset. Pasalnya, suara yang dihasilkan akan langsung tiba tepat ke telinga tanpa distorsi udara. Peningkatan kualitasnya pun bakal makin terasa jika Anda menggunakan headset berkualitas.

dolby-atmos-05

Tidak hanya untuk mendengarkan musik, kegiatan lain yang berhubungan dengan audio seperti menonton film, bermain game, streaming video di YouTube, atau mendengarkan radio pun akan terasa lebih menyenangkan dengan adanya teknologi Dolby. Nah, sudah siapkah Anda merasakan suara dengan lebih nyata?

Baca juga, Uji Coba Blue Origin, Roket Reusable untuk Traveling

0 comments