NOW READING

Benarkah Face ID Lebih Aman dari Touch ID ?

 2062
+
 2062

Benarkah Face ID Lebih Aman dari Touch ID ?

by The Daily Oktagon
  • Apple kembali berinovasi dalam produk terbarunya, iPhone X.
  • iPhone menghilangkan tombol “Home” dan menggantikan fitur Touch ID dengan Face ID.
  • Apple mengklaim fitur ini akan memberikan keamanan data yang lebih baik.

Fitur terbaru iPhone X, Face ID, menarik perhatian banyak pihak karena digadang-gadang memberikan keamanan lebih bagi data pengguna yang tersimpan di iPhone. Namun beberapa kalangan pesimistis dengan teknologi identifikasi wajah ini.

Apple memutuskan untuk memperluas tampilan layar pada iPhone X. Hal itu berimbas pada hilangnya tombol “Home” yang biasa terletak di bagian bawah. Hal ini membuat banyak orang penasaran: ke mana perginya tombol yang juga digunakan sebagai fitur Touch ID atau fingerprint?

foto : shutterstock

Tak seperti merek smartphone lain yang memindahkan area fingerprint ke bagian belakang ponsel, Apple memutuskan untuk menghilangkan fitur Touch ID dan menggantinya dengan teknologi baru, Face ID. Fitur ini memungkinkan pengguna iPhone untuk membuka kunci ponselnya dengan metode pengenalan wajah.

iPhone 8 dan iPhone X Resmi Diluncurkan​​

Pertanyaan besarnya adalah seberapa aman fitur Face ID dibandingkan Touch ID?

Sebelumnya, mari kita kembali ke saat ketika Apple pertama kali membenamkan Touch ID pada iPhone 5S. Tak perlu waktu lama, sebuah komunitas asal Jerman, Chaos Computer Club, berhasil mengakali fitur ini, memungkinkan orang lain membuka iPhone 5S dengan menggunakan sidik jari buatan. Proses pengambilan sidik jari bukanlah hal yang sulit karena manusia meninggalkan sidik jarinya di hampir semua barang yang disentuhnya. Proses ini memang membutuhkan tingkat akurasi yang tinggi dan perangkat yang tak mudah. Namun, setidaknya menunjukkan kepada dunia jika fitur Touch ID memiliki kelemahan.

Ketika Face ID dirilis, banyak pihak yang juga meragukan tingkat keamanannya. Banyak yang berspekulasi jika fitur ini bisa saja diakali dengan penggunaan foto atau teknik 3D printing. Namun, Apple mengklaim jika probabilitasnya adalah 1:1.000.000, seseorang sampai bisa membuka iPhone yang dikunci menggunakan fitur ini. Apple telah bekerja sama dengan pembuat topeng ternama Hollywood untuk memastikan bahwa fitur ini tidak akan ditembus oleh wajah tiruan.

Apple menggunakan sistem kamera TrueDepth untuk menjalankan fitur ini. Sistem ini terdiri atas flood illuminator, kamera IR, dan proyektor titik, di samping komponen standar lainnya, seperti kamera depan, speaker, dan sensor kedekatan. Flood illuminator akan mendeteksi wajah, bahkan ketika di ruangan yang minim cahaya, sebelum ditangkap oleh kamera IR. Kemudian, proyektor titik akan mengenali 30.000 titik di wajah penggunanya. Apple juga menekankan bahwa fitur ini akan tetap bisa mengenali wajah penggunanya walau yang bersangkutan menggunakan kacamata, topi, bahkan menumbuhkan jenggot.

Ini Alasan Mengapa iPhone 8 Dibanderol dengan Harga Selangit

Opsi Teraman

Walau Apple optimistis dengan teknologi terbaru mereka, tampaknya Apple perlu melakukan lebih banyak usaha untuk menyakinkan khalayak. Teknologi ini bukan sepenuhnya anyar karena smartphone Android sudah banyak yang memiliki fitur ini. Face Unlock System yang dimiliki Android sejak 2011 bisa dengan mudah dijebol menggunakan kekuatan magis” Photoshop.

foto : shutterstock

Hal serupa juga terjadi pada sistem pengenalan wajah milik Alibaba yang dijebol menggunakan potongan video yang memuat wajah pemilik ponsel. Bahkan, sistem pengenalan wajah dengan depth-sensing pun tetap memiliki celah. Pada 2015, SR Labs Berlin menggunakan plastik cetakan wajah seorang model yang berhasil mengelabui sistem pengenalan wajah milik Microsoft, Hello. Walau begitu, mereka mengakui bahwa proses ini membutuhkan lebih banyak trik daripada mengelabui teknologi pengenalan sidik jari.

Pengalaman pada masa lalu mungkin bisa jadi pelajaran bagi Apple untuk membuat teknologi yang lebih spesifik dan detail, walau tingkat keamanannya masih harus dibuktikan nanti ketika iPhone X sudah resmi rilis di pasaran.

0 comments