NOW READING

Belajar dan Mencari Ilmu dari Ahli Startup Digital

 885
+
 885

Belajar dan Mencari Ilmu dari Ahli Startup Digital

by The Daily Oktagon
  • Membangun usaha baru di era globalisasi memiliki tantangan tersendiri bagi seorang inovator.
  • Untuk itu, TechInAsia mengadakan satu acara khusus bertajuk Product Development Conference 2017.
  • Pengusaha muda pun bisa langsung belajar dan bertemu dengan inovator lain, khususnya di bidang teknologi.

Membangun sebuah perusahaan berbasis digital bukanlah perkara mudah. Bukan hanya soal situs, tetapi juga perlu persiapan yang lebih matang. Hal-hal seperti ide produk yang ingin disuguhkan kepada konsumen, pengelolaan situs, hingga cara memasarkan produk. Semua faktor tersebut harus dijalani secara berkelanjutan agar usaha yang dijalankan tetap berkembang.

Untuk menjawab kebutuhan tersebut, Tech in Asia menyelenggarakan Product Development Conference atau TIA PDC 2017. Acara ini khusus dibuat untuk memberikan pemahaman lebih mengenai startup dan produk teknologi yang dihasilkan. Lebih dari 20 perusahaan dan pembicara dihadirkan untuk membantu peserta yang penasaran dengan cara mengembangkan perusahaan mereka yang terintegrasi pada teknologi digital.

Baca juga: Tech in Asia Program Development Conference 2017, Pameran Seru Untuk Penggiat Startup.

Perhelatan Perdana yang Sukses

Setiap tahun, Tech in Asia selalu melaksanakan konferensi seperti Tech in Asia Jakarta yang juga akan dihelat tahun ini. Biasanya, peserta dapat menemukan pengusaha startup dan investor untuk pengembangan usaha mereka secara luas. Beragam inovasi teknologi juga dihadirkan, serta dapat membangun hubungan dengan rekan-rekan yang bergerak di bidang teknologi.

Pada tahun ini, Tech in Asia membuat sebuah program baru yang diadakan pada 9 dan 10 Agustus dengan tema Product Development Conference 2017. PDC ’17 ini dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan, khususnya para pengembang situs dan aplikasi perusahaan. Acara ini terbilang sukses karena peserta yang hadir lebih dari 1500 orang. Mereka penasaran tentang implementasi teknologi dalam perusahaan, khususnya startup.

Terdapat beberapa booth yang diisi oleh berbagai perusahaan startup dan bergerak dibidang teknologi. Seperti Octagon Studio, Brank.as, juga Foodgasm, dan Prime Technology yang ikut serta dalam memamerkan produk digital mereka. Prime Technology menunjukkan produk sensor mereka sebagai pelengkap bermain VR.

Tantangan dalam membuka sebuah startup dan bagaimana cara menghadapinya bisa dibaca di sini.

Materi Khusus Untuk Pengembang

Para peserta konferensi dapat mengikuti beberapa kelas yang terbagi dalam lima kelas berbeda pada hari kedua pelaksanaannya. Mulai dari Web Development, Mobile Development, Product Management, Data Analytics dan Special Stage. Kelima kelas dibawakan oleh pembicara yang memang ahli di bidangnya masing-masing.

“Kelasnya kita kategorikan sesuai minat peserta. Ada Web Development Program yang fokus pada pengembangan situs, hingga Special Stage yang materi dari pembicaranya tidak masuk ke kategori lainnya, tetapi tetap unik dan menarik untuk dibahas bersama,” ujar Putra Setia Utama, COO Tech in Asia Indonesia.

 

 

Mengapresiasi Karya Anak Bangsa

Industri kreatif teknologi bukan hanya e-commerce saja. Mereka yang berani menghasilkan inovasi teknologi digital terbaru juga patut untuk dikulik dari proses pengembangan ide hingga reaksi pasar. Para acara TIA PDC ’17 ini, penyelenggara lebih memfokuskan pada perusahaan startup yang berfokus pada inovasi tersebut. Beberapa inovasi tersebut seperti sensor gerak tubuh pelengkap VR, aplikasi AR untuk edukasi, dan pengembangan dompet digital.

“Pada acara ini, kita fokus di produk nyata selain e-commerce dan yang lainnya. Kita berusaha memenuhi kebutuhan user yang ingin mengetahui proses di balik inovasi teknologi digital, khususnya di Indonesia,” jelas Putra. Alasan tersebut membuat penyelenggara menghadirkan para pengusaha baru teknologi yang sebagian besar berasal dari Indonesia. Beragam produk yang mereka pamerkan bukan hanya karena ingin dikenal masyarakat. Mereka juga ingin membagi kisah sukses mereka kepada peserta konferensi tersebut.

Selain mendapatkan ilmu, peserta yang datang juga bisa membangun koneksi untuk perkembangan teknologi yang mereka ciptakan. Para pembicara dan perusahaan yang hadir di setiap booth dengan senang hati membantu dan menjawab setiap pertanyaan yang peserta ajukan. Perhelatan ini diharapkan dapat terselenggara lagi supaya perkembangan produk teknologi digital baru yang terus berkembang.

Miliki sebelas keahlian dasar untuk membuka bisnis daring yang dapat dipelajari di artikel berikut.

0 comments