NOW READING

Begini Cara Registrasi Kartu Prabayar Tiap Operator agar Tidak Diblokir

 610
+
 610

Begini Cara Registrasi Kartu Prabayar Tiap Operator agar Tidak Diblokir

by The Daily Oktagon
  • Quick Fact

Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) telah mewajibkan semua pengguna kartu SIM prabayar untuk melakukan registrasi. Hal ini berlaku bagi pemilik nomor baru, maupun Anda yang telah mempunyai SIM card sejak lama. Masing-masing operator membuat format yang berbeda-beda untuk pelanggan melakukan registrasi. Namun jangan khawatir, semuanya bisa dilakukan dengan mudah. Anda hanya perlu mengirim SMS sesuai format yang telah ditentukan, dan dengan mencantumkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau nomor KTP, serta nomor Kartu Keluarga (No.KK).

foto : shutterstock

Berikut ini cara registrasi baru maupun registrasi ulang kartu prabayar bagi masing-masing operator.

Kartu SIM Baru

Bagi Anda pemilik kartu SIM baru, terhitung tanggal 31 Oktober 2017, Anda sudah wajib untuk melakukan registrasi. Caranya, kirim SMS ke 4444 dengan format seusai masing-masing operator.

  • Pengguna SIM card Indosat, Smartfren, dan Tri cara melakukan registrasinya dengan mengirim SMS dengan format : NIK#No.KK#, lalu kirim ke 4444.
  • Bagi yang menggunakan SIM card XL , format SMS yang harus dikirim yaitu : DAFTAR#NIK#No.KK, lalu kirim ke 4444.
  • Dan bagi pengguna Telkomsel kirim SMS ke 4444 dengan format : REG<spasi>NIK#No.KK#

Kartu SIM Aktif (Daftar Ulang)

Untuk Anda yang sebelumnya sudah menggunakan kartu SIM atau sudah menjadi pengguna lama, Anda juga diwajibkan untuk registrasi ulang. Hal ini berlaku paling lambat hingga 28 Februari 2018. Jika tidak mendaftar ulang, nantinya nomor SIM card Anda bisa diblokir. Caranya hampir mirip seperti registrasi baru, hanya sedikit berbeda format dan SMS pun dikirim ke nomor 4444.

  • Bagi yang menggunakan kartu Indosat, Smartfren, Tri, cara melakukan registrasinya yaitu mengirimkan SMS dengan format : ULANG#NIK#No.KK#, lalu kirim ke 4444.
  • Untuk pengguna kartu XL, ketik SMS dengan format : ULANG#NIK#No.KK, dan kirim ke 4444.
  • Dan yang selama ini menjadi pengguna Telkomsel, cara registrasinya yaitu kirim SMS dengan format : ULANG<spasi>NIK#No.KK#, kirim ke 4444.

Pastikan Anda memasukkan nomor induk kependudukan (NIK) dan nomor kartu keluarga (KK) dengan benar. Jika tidak teliti, proses registrasi akan gagal. Perhatikan juga batas akhir waktu registrasi, jangan sampai Anda terlambat mendaftar agar nomor kartu SIM tidak diblokir.

0 comments