NOW READING

Begini Cara ‘Mengembalikan’ Tombol Home di iPhone X

 2454
+
 2454

Begini Cara ‘Mengembalikan’ Tombol Home di iPhone X

by The Daily Oktagon
  • Karena bagian depan yang hampir seluruhnya tertutup layar, iPhone X tak punya tombol home fisik.
  • Desain memang terlihat lebih menarik, tapi hal ini merepotkan bagi yang sudah terbiasa menggunakan tombol home.
  • Meski tidak berwujud fisik, kamu masih bisa ‘mengembalikan’ tombol home pada iPhone X.

Adanya tombol home fisik agar lebih mudah agar mengoperasikan iPhone X.

Apple menghadirkan iPhone X dengan layar yang nyaris menutupi seluruh bagian depannya. iPhone X menjadi smartphone pertama Apple yang meluncur tanpa memiliki tombol home fisik di bagian depan. Padahal, ini sangat penting untuk memudahkan navigasi dan menjadi ‘rumah’ bagi sensor sidik jari.

Baca juga: Penerus iPhone X Akan Mendukung Akses Internet 5G

Foto: Shutterstock

Akibatnya, Apple terpaksa menghilangkan pemindai sidik jari pada iPhone X karena memang tak ada lagi tempat untuk menyimpannya di bagian depan. Selain itu, Appe juga tidak menginginkan sensor ini berada di bagian belakang perangkat, karena dianggap bisa ‘mengotori’ desain. Sebagai gantinya, Apple menghadirkan fitur keamanan yang lebih canggih, yakni Face ID dengan teknologi 3D face recognition.

Dengan hilangnya tombol home fisik dan sensor sidik jari, maka penggunaan iPhone X terbilang tak semudah yang dibayangkan. Sebenarnya, Apple telah mengatasi masalah ini dengan cara memberikan fitur berupa gesture untuk bisa mengakses menu home. Namun, penggunaan ini rasanya tak maksimal, karena tak semudah menggunakan home button berbentuk bulat seperti yang ada di seri iPhone sebelumnya. Apalagi, banyaknya gesture pada iPhone X juga telah membuat pengguna kebingungan.

Foto: Shutterstock

Tapi, jangan khawatir. Jika merindukan tombol home pada iPhone X, kamu bisa mendapatkannya kembali. Namun, tentunya kamu tak bisa mengharapkan tombol ini kembali dengan bentuk fisik. Karena, satu-satunya cara adalah dengan memanfaatkan tombol home virtual.

Seperti dihimpun dari The Verge, cara ‘mengembalikan’ tombol home pada iPhone X mudah, yakni dengan menggunakan fitur bernama AssistiveTouch. Berikut ini langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengaktifkannya.

  • Masuk ke menu Settings.
  • Pilih General, kemudian tap Accessibility.
  • Setelah itu, akan muncul pilihan AssistiveTouch.
  • Aktifkan fitur tersebut.

Baca juga: Kok, Pakai iPhone X Malah Ribet?

Foto: Shutterstock

Jika sudah aktif, kamu bisa mengatur tombol virtual tersebut untuk melakukan empat tindakan berbeda berdasarkan empat jenis sentuhan, yakni single tapdouble tap, 3D touch, dan long press. Mengenai fungsinya, single tap berfungsi untuk mengakses menu home, dan double tap untuk multi-tasking. Sedangkan, 3D touch bisa kamu manfaatkan untuk menu tambahan, dan long press berperan dalam mengaktifkan asisten virtual Siri.

Dengan adanya fitur AssistiveTouch sebagai pengganti tombol home fisik, kamu tak akan lagi merasa kerepotan saat menggunakan iPhone X.

0 comments