NOW READING

Beberapa Aplikasi Tidak Bekerja pada iOS 11, Ini Cara Mengetahuinya

 1096
+
 1096

Beberapa Aplikasi Tidak Bekerja pada iOS 11, Ini Cara Mengetahuinya

by The Daily Oktagon
  • Cara ini digunakan untuk Anda yang kesulitan untuk mendeteksi aplikasi yang sudah tidak bekerja di iOS 11.
  • Ini akan membuat pendeteksian aplikasi yang tidak kompatibel menjadi lebih mudah.
  • Selain itu, terdapat beberapa penjelasan mengapa hal ini dapat terjadi.

iOS 11 sudah banyak digunakan oleh pengguna iPhone dan iPad yang penasaran untuk mencoba sistem operasi terbaru buatan Apple tersebut. Namun setelah meng-install iOS 11, ternyata ada beberapa aplikasi yang tidak bisa digunakan pada sistem operasi terbaru ini. Untuk mengetahui aplikasi mana saja yang tidak kompatibel dengansistem operasi ini, ada dua cara yang bisa dilakukan, yaitu :

1. Coba Aplikasi Yang Sudah Terpasang

Cara ini memang sedikit melelahkan, namun ini merupakan cara mudah agar pengguna bisa langsung mengetahui aplikasi mana saja yang perlu tidak berjalan pada iOS 11. Jika menemukan aplikasi yang tidak bisa digunakan, sebaiknya jangan langsung dihapus, karena ada kemungkinan untuk diperbarui oleh pembuat aplikasi tersebut. Jika kamu ragu apakah benar aplikasi itu akan diperbarui atau tidak, kamu bisa melakukan pengecekan langsung ke situs resmi dari aplikasi tersebut, apakah akan ada versi update-nya atau tidak.

Baca juga: Mengapa iOS 11 Menguras Baterai iPhone ?

Foto: Shutterstock

2. Lihat Pengaturan

Untuk mengetahui daftar aplikasi yang tidak kompatibel dengan iOS 11, kamu bisa masuk ke pengaturan dari iPhone. Caranya masuk ke menu Settings > General > About > Applications, kemudian perhatikan apakah ada daftar aplikasi yang sudah tidak bisa digunakan atau tidak. Jika terdapat aplikasi yang outdated dan tidak sesuai dengan iOS 11, maka disarankan untuk menghapus aplikasi tersebut.

Mengapa Bisa Terjadi?

Adanya beberapa aplikasi yang tidak kompatibel dengan iOS 11, karena Apple mengubah penggunaan bit dari setiap aplikasi di iPhone dan iPad akibat penggunaan chipset terbaru. Apple memutuskan semua aplikasi yang berjalan di sisterm terbaru dari Apple harus mendukung basis 64-bit dibanding dengan 32-bit. Sebenarnya hal ini sudah diumumkan sejak 17 Desember 2014 kepada semua pembuat aplikasi yang memenuhi kriteria tersebut.

Foto: Shutterstock

Penggunaan aplikasi dengan basis 64-bit sebenarnya akan memudahkan para pembuat aplikasi ketika Apple mengembangkan chipset mereka ke yang lebih modern. Mereka tidak perlu melakukan banyak penyesuaian karena sudah kompatibel dengan sistem operasi terbaru yang Apple buat. Sehingga aplikasi yang dibuat masih bisa digunakan tanpa harus memperbaruinya.

Hal ini berbanding terbalik dengan aplikasi yang menggunakan basis 32-bit. Aplikasi dengan basis ini sulit untuk melakukan penyesuaian dengan sistem operasi iOS 11. Ketika digunakan, aplikasi ini akan mengalami banyak hambatan, salah satunya yaitu crash lalu hang. Pembuat aplikasi harus mencari cara untuk melakukan pembaruan pada aplikasi mereka agar tetap bisa digunakan pengguna.

Baca juga: Ada yang Baru dari Tampilan App Icon iOS 11

Foto: Shutterstock

Setelah mengetahui cara dan penyebab mengapa ada aplikasi yang tidak berjalan pada iOS 11, kamu bisa menghapus aplikasi yang sudah tidak bisa digunakan. Apabila terdapat aplikasi favorit yang tidak lagi bisa bekerja di iOS 11, sebaiknya kamu mulai mencari aplikasi pengganti yang memiliki fungsi yang serupa.

0 comments