NOW READING

Bebas Macet Saat Mudik, Ini 5 Aplikasi Peta Alternatif Selain Google Maps

 289
+
 289

Bebas Macet Saat Mudik, Ini 5 Aplikasi Peta Alternatif Selain Google Maps

by The Daily Oktagon

Lebaran tiba, sudah pasti banyak diantara kamu yang akan melakukan perjalanan mudik. Meski di smartphone Android sudah memiliki Google Maps, ada beberapa aplikasi peta yang bisa kamu pertimbangkan untuk digunakan.

Nah, bagi kamu yang akan melakukan traveling mudik atau pulang kampung, jangan lupa untuk menggunakan aplikasi peta alternatif selain Google Maps, supaya kamu tidak tersesat atau bisa menghindari macet dijalan.

Berikut 5 aplikasi peta alternatif selain Google Maps, supaya mudik kamu lebih lancar.

1. Waze

Waze

Baca juga: Supaya Tidak Salah Jalan, Yuk Kenali Fitur-Fitur di Google Maps

Selain Google aps Aplikasi Waze mungkin sudha familiar bagi pengguna smartphone. Sering digunakan oleh beberapa pengendara, aplikasi GPS dan navigasi yang cukup menarik karena mampu menyuguhkan informasi lalu lintas dari pengguna lain yang melewati jalan yang sama.

Menariknya aplikasi yang kini juga sudah dibeli oleh Google ini akan segera diintegrasi dengan Google Maps. Waze memiliki kemampuan mampu melakukan reroute atau memberikan rute tercepat ketika kamu salah mengambil jalan.

Menariknya lagi, kamu juga bisa dengan mudah mendapatkan informasi mengenai jalanan yang rusak atau informasi terkait lalu lintas lainnya secara real-time.

2. Maps.me

Maps.me

Baca juga: Fitur Baru Google Maps Bagi Penumpang Kereta dan Bus

Aplikasi lain yang bisa jadi alteratif ada Maps.me. Aplikasi ini sangat cocok buat kamu yang pengen irit kuota data. Karena sudah dilengkapi dengan peta offline, turn by turn directions, dan update peta via OpenStreetMap.

Aplikasi ini bisa menandai lokasi penting yang kamu inginkan melalui fitur bookmarking. Dnegan begitu kamu tidak perlu khawatir tersesat. Seperti Google Maps, Aplikasi gratis ini mampu menunjukan jalan untuk beberapa jenis kendaraan mulai dari mobil, motor, atau sepeda.

3. HERE WeGo

HERE WeGo

Baca juga: Cari Tahu Cara Membuat dan Menjadi Kontributor Google Maps

Mulai populer di tahun 2014, aplikasi buatan Nokia ini sebelumnya memang menjadi penantang serius dari Google Maps. Tidak hanya intuitif, Aplikasi HERE WeGo mampu menyuguhkan peta yang terbilang lengkap, Tidak hanya peta Indonesia saja, kamu juga bisa ditampilkan peta dari berbagai belahan dunia.

Untuk menghemat kuota data, kamu juga bisa mendownload peta untuk wilayah tertentu yang diinginkan. Jadi suatu saat kamu bisa menjalankannya secara offline. Aplikasi HERE WeGo juga akan menampilkan informasi lalu lintas untuk kawasan perkotaan. Semua fitur dan kelebihannya tersebut dibungkus dalam tampilan antarmuka yang sederhana dan elegan.

4. MapFactor

MapFactor

Baca juga: Kuota Internet Anda Habis? Saatnya Memakai Google Maps Offline!

Aplikasi lain yang bisa kamu gunakan adalah MapFactor. Selain bisa menampilkan peta, APlikasi ini juga memiliki kemampuan navigasi berdasarkan sensor lokasi yang dikenali dari GPS.

MapFactor menggunakan OpenStreetMap, jadi kamu akan mendapatkan peta gratis offline yang di-update setiap bulannya.

5. Sygic

Sygic

Baca juga: Dengerin Musik Gratis Lebih Mudah Dengan 7 Aplikasi Ini

Diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna. Sygic bisa adalah salah satu aplikasi GPS yang cukup populer di Android. Aplikasi pesaing Google Maps ini menggunakan peta dari TomTom yang sudah terkenal sebagai perusahaan pemetaan ternama. Kamu juga bisa mendownload aplikasi ini untuk keperluan navigasi offline.

Aplikasi ini memiliki fitur-fitur penting, seperti turn-by-turn, rute alternatif, dan speed limit. kamu juga akan disuguhkan dengan fitur voice guided directions yang bisa membimbing kamu kamu dengan suara dengan menyebutkan nama jalannya. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis dan berbayar.

Itu tadi adalah beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan saat mudik nanti. Dengan beberapa aplikasi diatas pastinya kamu tidak akan tersesat dan bisa terbebas dari kemacetan.

0 comments