NOW READING

Banyak Dipakai di Layar Smartphone, Seperti Apa Gorilla Glass Itu ?

 975
+
 975

Banyak Dipakai di Layar Smartphone, Seperti Apa Gorilla Glass Itu ?

by The Daily Oktagon

Bagi Kamu yang sering memperhatikan produk smartphone, pasti tak asing dengan Gorilla Glass. Ini biasanya muncul dalam spesifikasi layar smartphone. Sebenarnya seperti apa sih kaca yang banyak digunakan pada layar smartphone ini ?

Gorilla Glass merupakan bahan kaca yang diproduksi oleh perusahaan asal Amerika Serikat, Corning. Kaca tersebut memiliki ketahanan yang sangat baik dan ringan dibandingkan jenis kaca lainnya. Selain itu, kaca ini sangat kompatibel dengan teknologi touch screen.

Baca juga : Canggih! Spray ini Bisa Ubah Berbagai Barang Jadi Layar Sentuh

Kaca buatan Corning ini dibuat dari senyawa alkali-aluminosilicate yang diperkuat secara kimiawi. Hasilnya, kaca tersebut bisa dibuat setipis mungkin namun dengan ketahanan yang baik. Bahan ini mampu melindungi kaca smartphone dari kerusakan serius apabila terjatuh dan melindungi kaca dari goresan menjadi lebih parah.

Smartphone pertama yang menggunakan kaca buatan Corning ini adalah Original iPhone pada tahun 2007 silam. Ketika itu, CEO Apple, Steve Jobs mengatakan bahwa Original iPhone yang akan segera diluncurkan harus memiliki layar yang terbuat dari kaca, dan bukan plastik. Dan ia pun akhirnya meminta CEO Corning, Wendell Weeks untuk mewujudkan hal tersebut.

Pada pertemuan tersebut, Weeks mengatakan tentang inovasi yang sempat mereka kerjakan di tahun 1960 lalu, yaitu Gorilla Glass kepada Steve Jobs. Sebelumnya, kaca ini memiliki nama lain “Project Muscle”, dan sempat digunakan beberapa perusahaan yang bergerak di bidang otomotif, penerbangan, dan farmasi.

Baca juga : Lenovo Smart Display, Layar Cerdas Dilengkapi Berbagai Fitur Google

Steve Jobs pun meminta kepada Wendell Weeks untuk bisa memproduksi secara massal Gorilla Glass dalam 6 bulan ke depan. Sempat mendapatkan penolakan karena dianggap tak mungkin, Jobs pun memberikan motivasi kepada Weeks, karena ia hanya ingin Original iPhone yang diluncurkan pada tahun 2007 itu menggunakan Gorilla Glass.

Saat ini, Gorilla Glass sudah mencapai generasi ke-5. Sejak tahun 2010, penggunaan kaca jenis ini pada smartphone sudah mencapai 20 persen dari keseluruhan di dunia. Pada setiap generasinya, kaca buatan Corning ini dibuat semakin memiliki ketahanan anti gores yang baik, semakin tipis, dan juga semakin lentur. Jadi tak heran produsen smartphone terkini masih memercayai penggunaan Gorilla Glass sebagai pelindung layar smartphone mereka.

0 comments