NOW READING

Bandara Ini Memanfaatkan Robot Pintar untuk Membantu Penumpang

 642
+
 642

Bandara Ini Memanfaatkan Robot Pintar untuk Membantu Penumpang

by The Daily Oktagon
  • Beberapa robot kini sudah bisa menggantikan fungsi petugas bandara.
  • Para robot bisa membantu berbagai kebutuhan penumpang.
  • Mulai dari membawaka koper hingga melakukan check in pesawat.

Dunia saat ini terus mengalami perkembangan teknologi digital baik mesin maupun perangkat lunak. Hal ini terjadi pada setiap bidang, termasuk pada penerbangan.

Para penumpang kini hanya perlu duduk manis dan robot yang akan memindai wajah serta mengurus bawaan mereka. Penumpang dapat melewati pemeriksaan dengan cepat tanpa perlu mengantre terlalu panjang. Tentu juga dapat mempermudah proses transit saat melakukan perjalanan ke suatu negara.

Bandara di Masa Depan

Bandara di beberapa negara saat ini mulai mengubah isi bandara pada umumnya. Jika dahulu sejumlah fasilitas terlihat ketinggalan zaman dengan tempat duduk seadanya dan beberapa restoran yang menyajikan hidangan biasa. Sekarang, bandara sudah lebih maju dengan adanya tempat perbelanjaan yang terkonsep modern. Tentu saja hal ini akan berpengaruh baik terhadap mood penumpang yang pada dasarnya ingin bersenang-senang.

 

Foto : Shutterstock.com

 

Selain itu, sejumlah bandara juga sudah mulai menggantikan pekerjaan manusia kepada robot. Seperti mesin pencetak tiket dan check in untuk masuk ke pesawat yang bisa dilakukan sendiri melalui mesin. Selain itu, telah hadir robot yang membawakan koper juga membersihkan area bandara yang ada di Bandara Incheon, Seoul. Robot semacam ini pula yang bahkan memakai seragam sebagai atribut juga sudah digunakan pengelola bandara Changi, Singapura.

Namun, perubahan ini ternyata tidak dilakukan pada bandara di wilayah Amerika Serikat dan Eropa. Kedua negara tersebut memilih untuk fokus pada peningkatan dari sisi penerbangan. Hal ini didasari pada hasil pengembangan di bidang penerbangan yang sangat berguna hampir di seluruh belahan dunia.

Bandara berikut ini memiliki teknologi yang sangat canggih dan mempermudah para penumpang.

Penggunaan Robot untuk Kepuasan Penumpang

 

Foto: sita.aero

 

Meski berbeda pandangan, tetapi kemajuan sebuah bandara menjadi salah satu faktor penting yang memengaruhi kepuasan penumpang. Hal ini pun terlihat dari visi Bandara Schiphol, Amsterdam yang pada 2019 diperkirakan menjadi bandara dengan inovasi teknologi terbaik di dunia. Pihak pengelola bandara telah menguji pemindai koper untuk meloloskan benda cair dan laptop di dalam tas penumpang. Sistem ini bisa dilakukan dengan bantuan teknologi biometrik.

Perkembangan teknologi juga nantinya akan menghadirkan robot yang akan membawakan koper dan bawaan penumpang lainnya. Sang robot akan memindai wajah penumpang untuk mengenali pemilik koper tersebut. Kemudian, robot ini yang akan membawa barang-barang tersebut ke bagian check-in barang. Penumpang hanya perlu menunggu pesawat di ruang duduk nyaman hingga waktu keberangkatan tiba.

 

Foto: sita.aero

 

Pengembang di Switzeland ternyata sudah melahirkan sebuah robot kece yang diberi nama Sita. Robot ini akan mengangkut bawaan penumpang ke bagasi pesawat secara otomatis. Penumpang hanya perlu memindai boarding pass dengan alat yang tersedia dan robot akan memberi tanda yang bisa dipasang penumpang sendiri. Kemudian akan tercetak struk sebagai bukti bahwa koper tersebut milik Anda sebagai penumpang.

Teknologi ini mampu memecahkan rekor dunia, selengkapnya di artikel berikut.

0 comments