NOW READING

Awas! Serangan Malware ke MacOS Terus Meningkat

 543
+
 543

Awas! Serangan Malware ke MacOS Terus Meningkat

by The Daily Oktagon
  • Quick fact

Perangkat dengan sistem operasi MacOS memang tidak serentan Windows. Tapi ada baiknya pengguna tetap harus waspada terhadap serangan malware.

Salah satu perusahaan pembuat software anti virus, Avast, menyatakan walaupun sebagian besar serangan malware menargetkan komputer Windows, kepentingan para penjahat kriminal terhadap platform MacOS terus meningkat. “Data riset menunjukkan terdapat ancaman yang nyata bagi MacOS dan jumlah tersebut akan terus meningkat.” ungkap Ondrej Vlcek, EVP Consumer Avast.

Baca juga : Hati-hati! Akses WiFi Publik Bisa Di-Hack dengan Cara Baru

Ini dibuktikan dengan adanya 250 juta serangan malware terhadap MacOS yang telah diblokir Avast selama 2017. Menurut data Avast, pengguna Mac menghadapi berbagai jenis ancaman malware, seperti trojans, adware, blacklist website, ransomware dan lainnya.

Untuk mengatasi hal itu, Avast sedang mempersiapkan software antivirus khusus untuk MacOS, yaitu Security Pro dan Cleanup Pro yang akan dirilis 2018. Avast Security Pro menyediakan perlindungan real-time dari serangan malware. Sedangkan Cleanup Pro akan melakukan proses deep-scanning untuk menghapus file-file ‘sampah’ yang sudah tidak dibutuhkan.

Baca juga : Lima Antivirus Buatan Anak Bangsa yang Mendunia

Avast juga sedangkan mengembangkan software Avast Ransomware Shield dan Wi-Fi Inspector. Avast Ransomware Shield akan menghentikan serangan varian ransomware terhadap aplikasi dan file yang ada di MacOS. Sedangkan Avast Wi-Fi Inspector membantu memperkuat jaringan dengan memindai password dan perangkat router, serta mengingatkan pengguna saat perangkat baru bergabung ke dalam jaringan Wifi.

0 comments