NOW READING

Awas! Phishing Email Makin Marak, Begini Cara Mengatasinya

 447
+
 447

Awas! Phishing Email Makin Marak, Begini Cara Mengatasinya

by The Daily Oktagon

Beberapa waktu yang lalu para netizen kerap mendapatkan link phishing email atau pesan singkat berantai. Link ini biasanya akan membawa pengguna masuk kesitus tertentu untuk mendapatkan data pengguna.

Namun pengguna awam biasanya tidak mengetahui bahwa link tersebut sudah dimanipulasi ke link lainnya untuk tindak kejahatan. Kejahatan seperti ini menjadi semakin marak di 2018.

Phishing Email

Baca Juga: Google Tantang Hacker Retas Aplikasi Ini, dan Berikan Hadiah Uang

Seperti pada kuartal pertama 2018, perusahaan teknologi anti-phishing Kaspersky Lab yang sudah mencegah lebih dari 3,6 juta upaya yang mengarahkan kunjungan ke laman jaringan sosial palsu. Dimana 60% di antaranya adalah halaman Facebook palsu.

Menurut hasil laporan Kaspersky Lab, ‘Spam dan phishing pada Q1 2018’. Terlihat bahwa para pelaku kejahatan siber masih terus berupaya mencuri data pribadi di Internet. salah satunya melalui kejahatan Phising. Tapi bagaimana cara mencegah kejahatan phising?

Phishing Email

Baca Juga: Hati-hati Pakai WiFi Gratis, Banyak Bahaya Ini Mengintai

Cara atasi phishing email

Berikut cara mengatasi phishing email menurut Kaspersky Lab sehingga kamu bisa melindungi diri dari kejahatan phishing:

  • Selalu periksa alamat tautan dan email pengirim sebelum mengklik apa pun. Bahkan lebih baik, jangan meng-klik tautan tersebut, tetapi ketikkan pada bar alamat browser Kamu.
  • Sebelum mengklik tautan apa pun, periksa apakah alamat tautan yang ditampilkan, sama dengan tautan sebenarnya. Ini dapat dilakukan dengan mengarahkan mouse ke tautan.
  • Gunakanlah koneksi yang aman, terutama ketika Kamu mengunjungi situs web yang sensitif. Sebagai tindakan pencegahan minimum, jangan gunakan Wi-Fi tidak dikenal atau publik tanpa perlindungan kata sandi. Untuk perlindungan maksimal, gunakan solusi VPN yang mengenkripsi trafik Kamu. Selalu ingat: jika Kamu menggunakan koneksi tidak aman, penjahat dunia maya dapat mengarahkan Kamu ke halaman phishing secara diam-diam.
  • Periksa koneksi HTTPS dan nama domain saat Kamu membuka halaman web. Ini sangat penting saat menggunakan situs web yang berisi data sensitif. Seperti situs untuk perbankan online, toko online, email, situs media sosial, dan lain-lain.
  • Jangan pernah membagikan data sensitif Kamu, seperti login dan kata sandi, data kartu bank, dan lainnya kepada pihak ketiga. Perusahaan resmi tidak akan pernah meminta data seperti ini melalui email.
  • Gunakan solusi keamanan yang handal dengan teknologi anti phishing berbasis perilaku. Seperti Kaspersky Total Security, untuk mendeteksi dan memblokir serangan spam dan phishing.

 

0 comments