NOW READING

Ava Byte Gardening, Cara Berkebun Secara Digital dan Tanpa Tanah

 1026
+
 1026

Ava Byte Gardening, Cara Berkebun Secara Digital dan Tanpa Tanah

by The Daily Oktagon
  • Kini kegiatan bercocoktanam tidak memerlukan tanah sebagai tempat tumbuhnya tanaman.
  • Tumbuhan akan berkembang lebih cepat dibanding penggunaan media tanah.
  • Alat ini juga akan merekam proses perkembangan tumbuhan dalam bentuk video.

Mengikuti perkembangan teknologi, berkebun pun kini bisa dilakukan secara lebih canggih. Itulah yang ditawarkan Ava Byte Gardening.

Kegiatan berkebun sekarang ini menjadi hambatan bagi Anda yang tinggal di apartemen atau rumah susun karena tidak tersedianya lahan khusus untuk hal itu. Akan tetapi kini lewat Ava Byte Gardening, berkebun bisa dilakukan tanpa memerlukan media tanah.

foto : Ava Byte Garden

Tanpa Tanah Sama Sekali

Ava Byte Gardening dapat menumbuhkan berbagai macam tumbuhan tanpa menggunakan tanah karena menerapkan sistem tanam hidroponik. Anda hanya memerlukan sebuah pod yang terbuat dari busa khusus yang dapat dipakai berulang kali. Selain itu warna pod yang digunakan bisa diubah sesuai dengan keinginan penggunanya.

Ternyata dahulu produk IoT ini tidak pernah terpikirkan akan ada, lihat infonya di sini.

Pod tersebut sudah dilengkapi dengan berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tumbuhan untuk tumbuh sempurna. Tumbuhan yang telah berkembang dalam jangka waktu tertentu bisa dicangkok ke tumbuhan lain karena akar yang terbentuk pada pod Ava Byte Gardening sangat kuat. Kelebihan lain yang dimiliki oleh pod dari Ava Byte Gardening adalah tidak akan ada gumpalan atau serpihan yang jatuh ketika pencabutan tumbuhan dari pod. Hal ini disebabkan bagian dalam pod terbuat dari jagung organik dan polylactic acid yang tidak mudah rapuh.

 

Lebih Cepat Tumbuh

Semua tumbuhan yang ditanam dengan menggunakan Ava Byte Gardening akan tumbuh relatif lebih cepat dibandingkan media tanah. Sirkulasi air yang yang konstan menjadi salah satu faktor mengapa tumbuhan yang ditanam menggunakan alat ini tumbuh lebih cepat. Tidak hanya itu, pengaturan air yang dilakukan oleh Ava Byte Gardening akan menghemat penggunaan air dibanding cara konvensional.

Selain pengaturan air secara otomatis, alat yang berasal dari Kanada ini akan mengendalikan cahaya yang akan diterima oleh tanaman. Ava Byte Gardening akan memberikan cahaya yang cukup dengan menggunakan lampu LED Full-Spectrum RGB khusus untuk tanaman sehingga tanaman akan tumbuh tiga kali lebih cepat dengan pe

foto : Ava Byte Garden

ncahayaan khusus dari Ava Byte Gardening. Teknologi ini terinspirasi dari NASA saat melakukan eksperimen tumbuhan di luar angkasa.

Lengkap dengan Video Time Lapse

Saat menggunakan Ava Byte Gardening, Anda tidak hanya sekadar menanam tumbuhan. Anda juga dapat melihat bagaimana proses mereka tumbuh hingga pada usia tertentu. Proses tersebut akan diabadikan dalam bentuk video time lapse dari kamera high definition (HD) yang dapat diakses dari aplikasi khusus Ava Byte Gardening.

Alat ini juga akan terus memantau tanaman Anda dengan mengirimkan informasi ke aplikasi. Kondisi air, kelembapan, dan tip untuk mengoptimalkan tumbuhnya suatu tanaman bisa pengguna lihat secara langsung dari aplikasi. Tetapi, hal ini akan bisa dilakukan apabila Anda menghubungkan perangkat Ava Byte Gardening dengan WiFi yang terdapat di rumah Anda.

Otto smartkey ini cocok untuk melindungi rumah Anda. lihat selengkapnya di sini.

Tidak hanya untuk kegiatan berkebun, Ava Byte Gardening juga dapat digunakan sebagai alat untuk bereksperimen di sekolah, atau bahkan sebagai tumbuhan hiasan di kantor. Apalagi cara ini juga relatif lebih sehat karena terhindar dari penggunaan pestisida.

0 comments