NOW READING

Selain Game, Apakah Fungsi Lain Augmented Reality?

 2340
+
 2340

Selain Game, Apakah Fungsi Lain Augmented Reality?

by The Daily Oktagon
  • Augmented reality merupakan salah satu penemuan teknologi yang berfungsi di berbagai bidang.
  • Tidak hanya sebagai hiburan, pengguna juga bisa langsung berkreasi dengan AR.
  • Penggunaan AR dalam berbagai bidang menunjukkan pesatnya perkembangan teknologi.

Istilah augmented reality atau AR mungkin sudah semakin sering didengar oleh masyarakat luas. Teknologi ini merupakan salah satu terobosan baru di dunia digital, selain virtual reality atau VR. Jika VR membuat seseorang masuk ke dalam dunia digital, AR menggabungkan dunia digital dan dunia sebenarnya.

Ternyata penggunaan AR ini banyak digunakan di berbagai bidang. Mudahnya penggunaan augmented reality menjadi poin utama dibandingkan dengan virtual reality yang harus menggunakan alat khusus. Augmented reality hanya perlu menggunakan aplikasi yang dapat diunduh dan dipasang ke smartphone seperti iPhone 6 yang sudah dilengkapi dengan sensor gyroscope. Oleh karena itu, AR dimanfaatkan oleh berbagai bidang untuk bermacam-macam keperluan.

Foto: Shutterstock

Sebagai Pemasaran Suatu Produk

Augmented reality sering sekali dimanfaatkan untuk memperkenalkan suatu produk ke masyarakat. Perusahaan menggunakan teknik ini karena dianggap lebih unik dan menyentuh target yang diinginkan. Para calon konsumen hanya perlu mengarahkan smartphone mereka ke media yang sudah diatur sedemikian rupa sehingga muncul produk yang dipasarkan. Produk akan muncul secara tiga dimensi dan bisa dilihat dari berbagai arah.

Bermain Game

Sudah banyak sekali game yang menggunakan teknologi AR, salah satunya adalah Pokemon GO!. Pemainnya harus mencari pokemon menggunakan peta yang sudah didesain dengan keadaan yang sebenarnya. Saat notifikasi keberadaan pokemon muncul, game ini akan menggunakan lensa kamera untuk menampilkan latar belakang dunia nyata dengan figur pokemon yang muncul di dalamnya. Hal ini membuat pokemon tampak lebih nyata.

Augmented Reality dan Virtual Reality ternyata bisa menghasilkan Mixed Reality, lihat infonya di sini.

Foto: Shutterstock

Metode Belajar Baru

Saat mempelajari sesuatu, siswa secara langsung akan mendapatkan penggambaran yang lebih jelas. Seorang pelajar dapat mempelajari organ tubuh manusia, misalnya bagian tengkorak manusia dalam bentuk tiga dimensi secara virtual dan berinteraksi dengan objek virtual tersebut. Penggunaan augmented reality membuat seorang pelajar dapat mempelajari secara visual dan interaktif secara lebih efektif dengan adanya bentuk bahan ajar simulasi secara virtual, atau bentuk lainnya seperti pengenalan hewan, tumbuhan dan lain-lain.

Dekorasi Rumah

Augmented reality juga mempunyai fungsi sebagai pembantu dekorasi rumah. Ketika seseorang menginginkan barang baru di rumah, penggunaan AR membantu dalam proses inspirasi posisi barang tersebut. Selain itu, augmented reality bisa memperlihatkan bagaimana warna yang akan terlihat di tembok ketika akan mengganti warna cat rumah.

Tujuh perangkat ini bisa digunakan di rumah sebagai life hacking devices, lihat di sini.

Foto: Shutterstock

Visual Dunia Arsitektur

Gambar yang diperlihatkan secara detail dari augmented reality akan membuat para arsitek akan semakin mudah dalam bekerja. AR akan memperlihatkan bagaimana suatu bangunan berdiri. Informasi dari AR dapat divisualisasikan dalam bentuk animasi 2D maupun 3D dan disertai dengan suara dan video pendukung.

Augmented reality bisa meningkatkan pemahaman sekaligus memberikan hiburan bagi setiap orang yang melihatnya. Hal yang unik ini juga menunjukkan banyak bidang yang beradaptasi dengan hadirnya teknologi. Selain itu, penggunaan augmented reality dapat dijadikan cara baru agar bisa menarik perhatian orang dalam berbagai macam bidang yang ada sehingga performa dan kinerja mereka semakin meningkat.

0 comments