NOW READING

ASUS ZenBook 3 UX390, Notebook Super Compact dengan Performa ‘Ngebut’

 1848
+
 1848

ASUS ZenBook 3 UX390, Notebook Super Compact dengan Performa ‘Ngebut’

by The Daily Oktagon
  • ASUS memperkenalkan ZenFone 3 dan ZenBook 3 UX390 pada awal September 2016.
  • ZenBook 3 UX390 adalah notebook premium tertinggi yang dimiliki ASUS saat ini.
  • Selain punya desain menawan, notebook ini juga dibekali teknologi terkini untuk menghadirkan kenyamanan maksimal bagi pengguna.

Bersamaan dengan peluncuran ZenFone 3 di Bali awal September kemarin, ASUS juga memboyong notebook prestisius terbarunya ke tanah air. Apalagi kalau bukan ZenBook 3 UX390 yang menjadi notebook kasta tertinggi dari ASUS.

ASUS ZenBook 3 UX390 dirancang dengan mengutamakan desain premium berpadu hardware kelas atas untuk para eksekutif yang memiliki mobilitas ekstra tinggi. Hal ini tercermin dari bodinya yang sangat presisi, compact, ringan, dan tentu saja memiliki performa kencang.

Baca juga tentang varian ASUS ZenFone 3 terbaru ini

Super Ringan, Ekstra Compact

Kalau sulit mengira-ngira seperti apa keelokan desain ASUS ZenBook 3 UX390, Anda boleh membayangkan desain All New MacBook Air. Ya, kira-kira seperti itulah kesan yang bisa didapat dari ZenBook 3 UX390. Notebook ini memang punya bodi yang super ramping dan tipis.

ASUS ZenBook 3 UX390

Saat kami ukur, sisi tertipisnya hanya memiliki ketebalan 1,2 cm. Bahkan, notebook ini masih lebih tipis dibanding rata-rata smartphone entry-level yang ada saat ini. Lebih gilanya lagi, notebook ini pun masih muat dimasukkan ke dalam kertas map.

Kami pun makin menyukainya ketika pertama kali memegang dan menenteng notebook ini. Di luar dugaan, bobotnya benar-benar ringan untuk ukuran sebuah notebook berlayar 12,5 inci, yakni 910 gram saja. Bobot ini sudah termasuk baterai di dalamnya yang memang tidak bisa dilepas.

Dengan dimensi layar 12,5 inci, kami sama sekali tidak kesulitan saat membawa atau pun menggunakannya. Tidak diperlukan tas khusus yang besar untuk membawanya bepergian, karena ASUS pun sudah menyertakan sebuah tas cantik pada paket penjualannya.

ASUS ZenBook 3 UX390

Sedangkan saat penggunaan, notebook ini juga bisa dipangku dengan nyaman jika Anda terpaksa harus menggunakannya di saat dan kondisi tertentu, di mana tidak ada meja yang bisa digunakan. Memangkunya lebih dari satu jam juga tidak membuat pegal, karena bobotnya yang kurang dari 1 kg.

Ikuti juga ulasan tentang ASUS Chromebook Flip yang disebut-sebut pertama di dunia dengan layar convertible

Utamakan Kenyamanan Pengguna

Kenyamanan lain kami rasakan saat menggunakannya untuk mengetik. ASUS merancang ZenBook 3 UX390 dengan keyboard full size. Keyboard ini memiliki tuts yang lebar, pendek, dan berjarak sangat rapat satu sama lain. Saat ditekan, keyboard ini terasa empuk dan tidak berisik.

Ketika menggunakannya di malam hari atau di tempat yang minim cahaya, Anda bisa mengaktifkan backlight untuk membuat keyboard menyala. Ada beberapa tingkat kecerahan backlight yang disediakan untuk disesuaikan dengan kondisi cahaya ruangan, agar tidak terlalu gelap atau silau.

ASUS ZenBook 3 UX390

Selain keyboard, hal menarik lainnya ada pada sisi audio. Lubang speaker pada ZenBook 3 UX390 ditempatkan tepat di atas keyboard. Total terdapat empat buah speaker yang bekerja dengan konfigurasi surround sound.

Bukan sekadar surround, speaker ini juga menawarkan kualitas suara yang kencang dan jernih. Setelah kami cermati, rahasianya ada pada chip audio yang ternyata dibesut oleh Harman Kardon. Ya, nama Harman Kardon memang jaminan dan tidak perlu diragukan lagi dalam hal audio.

Kenyamanan yang kami rasakan akhirnya disempurnakan dengan adanya fitur fast charging. ASUS ZenBook 3 UX390 sudah menggunakan port USB Type-C yang ditempatkan di sisi kanan notebook.

Kami memang tidak sempat menjajal performa baterainya. Namun ASUS mengklaim baterainya bisa terisi 60 persen dalam waktu 50 menit dan saat penuh bisa bertahan hingga sembilan jam pemakaian normal.

Anda juga mungkin tertarik mengikuti pembahasan tentang ASUS ZenWatch 2 yang meramaikan pasar Android Wear terjangkau

Pilihan Spesifikasi Tinggi

Seberapa cepat performa yang ditawarkan ASUS ZenBook 3 UX390? ASUS menyediakan dua pilihan prosesor, yakni Intel Core i7-7500U dan Intel Core i5-7200U. Kedua prosesor tersebut dipastikan lebih kencang dari Intel Core M series yang digunakan All New MacBook Air.

ASUS ZenBook 3 UX390

Performa multitasking dan loading pun dipastikan bakal terasa sangat responsif karena notebook ini dibekali sistem memori hingga 16 GB. Begitu juga dengan storage yang sudah menggunakan SSD hingga 512 GB, menjanjikan responsivitas tinggi.

Mata pun akan dimanjakan saat memandang layar 12,5 inci beresolusi full HD yang dimilikinya. Layar tersebut sangat tajam dan jernih dengan panel LED 60 Hz. Satu hal yang juga sangat kami sukai dari layarnya adalah bezel atau tepian layar yang tipis sehingga terlihat sangat mewah dan kekinian.

Jadi, kalau Anda mencari laptop dengan penampakan dan kemampuan kelas atas, dan penggembar device keluaran ASUS, maka Zenbook 3 UX390 ini wajib Anda pertimbangkan. Modern dan nyaman, dengan kapasitas teknis premium.

0 comments