NOW READING

ASUS Chromebook Flip, Pertama di Dunia dengan Layar Convertible

 938
+
 938

ASUS Chromebook Flip, Pertama di Dunia dengan Layar Convertible

by The Daily Oktagon

Dalam rangka mewujudkan usahanya untuk menguasai industri teknologi, Google menciptakan platform baru di segmen notebook. Pilihan yang tadinya hanya ada dua, yakni Windows dan Mac OS, kini bertambah dengan hadirnya Chromebook dari Google.

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui secara detail apa itu Chromebook. Ya, Chromebook adalah perangkat notebook berbasis sistem operasi Chrome yang dikembangkan oleh Google. Di dalamnya sudah ter-install beragam aplikasi Google yang bisa berjalan dengan sangat cepat.

Google menjamin Chromebook akan selalu mendapat update secara otomatis ketika terhubung dengan internet. Chromebook juga memiliki built-in antivirus sendiri, user interface yang simpel, responsif, dan ringan, serta daya tahan baterai yang panjang.

Namun perlu diketahui, aplikasi dan game yang bisa Anda install jelas tidak sebanyak seperti yang ada pada sistem operasi Windows. Namun pilihan aplikasi untuk kebutuhan produktivitas atau multimedia dengan game ringan seperti Temple Run atau Candy Crush tersedia cukup banyak di Chrome Web Store.

Baca juga ulasan ASUS ZenWatch 2 yang meramaikan pasar Android wear terjangkau

Sejak pertama kali dikembangkan pada 2013, pilihan Chromebook kini sudah semakin banyak. Google sudah bekerjasama dengan banyak produsen notebook ternama, seperti Dell, Lenovo, Acer, HP, hingga ASUS. Nama terakhir bahkan sudah menciptakan Chromebook pertama di dunia dengan layar yang bisa dilipat bernama ASUS Chromebook Flip. Berikut ulasan The Daily Oktagon.

Layar 10 inci yang Bisa Dilipat

Saat ini Chromebook masih dikuasai oleh perangkat notebook dengan bentuk standar. Jika ingin tampil beda, saat ini sudah ada ASUS Chromebook Flip yang menawarkan layar sentuh 10 inci convertible. Artinya, layarnya dapat dilipat 360 derajat dan digunakan seperti sebuah tablet.

ASUS Chromebook Flip

Dengan dimensi layar yang tidak terlalu besar, melipat layarnya dan menggunakannya sebagai sebuah tablet masih tergolong nyaman. Hanya saja, saat layarnya dilipat, bentuknya otomatis akan menjadi tebal karena layar dan bagian keyboard-nya saling bertumpuk menjadi satu.

Karena ukuran layarnya yang tidak terlalu besar, ASUS pun memilih untuk menggunakan resolusi 1.280 x 800 piksel saja, karena sudah membuat tampilan terlihat tajam. Di sisi atas layarnya terdapat kamera HD yang dapat merekam video 720p dan bisa digunakan untuk kebutuhan video call.

Prosesor non-Intel

Berbeda dari notebook Windows dan Mac yang didominasi prosesor Intel, ASUS Chromebook Flip justru tidak menggunakannya. Karena OS Chromebook yang ringan serta tidak banyak game berat yang tersedia, ASUS pun memilih menggunakan prosesor quad-core Rockchip RK3288C yang ditemani dengan pilihan RAM 2 atau 4 GB serta storage sebesar 16 GB.

ASUS Chromebook Flip

Dari sisi interface, ASUS Chromebook Flip ditunjang dua buah port USB 2.0, port audio 3,5mm, satu port micro HDMI, serta satu slot card reader. Oh ya, yang perlu diperhatikan adalah ketiadaan DVD-ROM yang memang sudah sangat jarang digunakan saat ini.

Simak pula ulasan LG G5, smartphone berbasis sistem operasi Android premium yang layak jadi pilihan

Tawarkan Kenyamanan Ekstra

Di balik spesifikasinya yang bisa dibilang tidak wah, ASUS Chromebook Flip menawarkan kenyaman ekstra. Kenyamanan pertama berasal dari keyboard Chiclet berukuran full-size yang dimilikinya. Jenis keyboard ini mirip seperti yang ada pada MacBook dengan tombol pendek-pendek yang nyaman untuk mengetik cepat.

ASUS Chromebook Flip

Selanjutnya, ASUS juga menawarkan dual-speaker untuk hasilkan suara stereo. Tentunya Anda bakal merasa lebih nyaman ketika menggunakannya untuk menonton video atau film favorit. Anda pun tak perlu takut cepat kehabisan daya karena baterainya diklaim bisa bertahan hingga penggunaan antara tujuh hingga sembilan jam.

Satu hal lain yang tidak kalah penting untuk ciptakan kenyamanan ekstra adalah bobotnya yang kurang dari 1 kg, tepatnya hanya 0,8 kg. Anda bisa membawanya bepergian dengan lebih praktis menggunakan tas kecil. Dengan layar convertible serta spesifikasi lumayan yang dimilikinya, ASUS Chromebook Flip bisa dibawa pulang dengan harga mulai dari US$249, atau sekitar Rp3,2 juta. Tertarik?

Mungkin Anda juga tertarik soal menyulap Nexus 9 menjadi seperti komputer

0 comments